Jurnalis Punya Peran Penting Tangkal Hoaks Selama Pandemi Covid-19

Selama pandemi covid-19 jumlah hoaks memang meningkat. Khusus soal covid-19, ada 1.929 isu hoaks yang ditemukan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 01 Okt 2021, 17:08 WIB
Diterbitkan 01 Okt 2021, 13:00 WIB
Ilustrasi hoax
Ilustrasi hoaks covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyebut peran jurnalis sangat besar dalam menangkal hoaks selama pandemi covid-19. Hal ini disampaikan saat acara puncak Anugerah Jurnalistik Kominfo 2021, Kamis (30/9/2021).

Selama pandemi covid-19 jumlah hoaks memang meningkat. Khusus soal covid-19, ada 1.929 isu hoaks yang ditemukan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Total sebarannya pun tak main-main, yakni mencapai 4.855 konten di media sosial. Itu sebabnya kolaborasi terus dilakukan dengan semua pihak termasuk media.

"Partisipasi aktif jurnalis penting dalam menyampaikan informasi untuk mencerdaskan masyarakat Indonesia. Bahkan telah banyak membantu memberikan penjelasan dan melindungi masyarakat dari infodemi atau hoaks," ujar Johnny G. Plate dilansir laman Kominfo.

"Melalui beragam produknya, jurnalis dapat membantu narasi-narasi yang akurat, menumbuhkan optimisme, dan mencerdaskan masyarakat Indonesia. Upaya pemerintah dalam melakukan transformasi digital akan semakin bermakna dengan kerja keras para jurnalis Indonesia untuk mewujudkan Indonesia Terkoneksi: Semakin Digital, Semakin Maju," katanya menambahkan.

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya