Tokoh Budaya Adjie Damais Dapat Tanda Kehormatan dari Prancis

Tidak banyak yang mengenal sosok beliau, namun kerja kerasnya dibuktikan dengan penghargaan dari Pemerintah Prancis (foto: IFI)

oleh Sulung Lahitani diperbarui 29 Okt 2015, 20:18 WIB
Diterbitkan 29 Okt 2015, 20:18 WIB
Prancis Beri Tokoh Budaya Indonesia Adjie Damais Tanda Kehormatan
Tidak banyak yang mengenal sosok beliau, namun kerja kerasnya dibuktikan dengang penghargaan dari Pemerintah Prancis (foto: IFI)

Citizen6, Jakarta Satu lagi anak bangsa yang mendapat pengakuan di dunia internasional. Kali ini tokoh budaya dan tata kota Jakarta Soedarmajie Jean Henry Damais atau yang bisa dikenal Adjie Damais, menerima lencana Chevalier des Arts et Lettres yang diserahkan langsung oleh Duta Besar Prancis Corrine Breuzé.

Tanda kehormatan tersebut diberikan pada 28 Oktober 2015, bertepatan dengan peringatan ke-87 tahun Sumpah Pemuda di Indonesia. Lencana Chevalier des Arts et Lettres merupakan tanda kehormatan Seni dan Sastra dari Pemerintah Prancis yang diberikan pada tokoh-tokoh Indonesia yang berperan memperkuat hubungan dan mendorong lahirnya berbagai kerja sama antara Prancis dan Indonesia.

Nama Adjie Damais memang tidak begitu familiar di telinga masyarakat. Namun Kota Jakarta berutang jasa padanya untuk pemulihan bangunan-bangunan tua seperti restorasi Taman Fatahillah, Monas, dan Taman Mini. Beliau juga memelopori keterkaitan antara budaya dan ekonomi di Indonesia.

Adjie Damais memulai kariernya dengan menerjemahkan karya-karya sastra dan sejarah untuk berbagai universitas dan kementerian. Namanya baru dikenal setelah menjadi pengelola berbagai situs sejarah nasional. (Sul)*

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya