Biar Enggak Canggung, Ini 5 Cara Mudah Mendekati Orang Baru

Untuk mengatasi rasa canggung bertemu orang baru, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

oleh Ulya Kaltsum diperbarui 30 Mei 2021, 17:32 WIB
Diterbitkan 30 Mei 2021, 17:32 WIB
Ilustrasi ngobrol
Ilustrasi ngobrol. (Photo by Bewakoof.com Official on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Tak jarang individu merasa canggung ketika bertemu orang yang baru dikenal untuk pertama kalinya. Bukan karena malu, seseorang merasa kesulitan untuk memulai percakapan dengan orang yang baru dikenal. Pasalnya, tak sedikit dari mereka yang takut salah mengucapkan kalimat yang dapat menyinggung perasaan orang baru tersebut.

Mereka mungkin akan salah tingkah, gugup, dan bingung harus memulai dengan pertanyaan apa. Padahal, tak kenal maka tak sayang. Jika kamu mengalami hal serupa, beberapa cara berikut bisa dicoba untuk mendekati orang yang baru Anda kenal tanpa merasa canggung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


1. Lihat kesamaan

teman sahabat
ilustrasi teman sahabat/Photo by Bagas Muhammad on Unsplash

Akar sebuah persahabatan seringkali berasal dari kesamaan yang mendasar, baik itu minat, hobi, atau bahkan selera humor yang sama. Menunjukkan kesamaan Anda dengannya adalah salah satu cara untuk mendekati orang baru yang ingin Anda kenal.

Mulai dari mengomentari kecintaan Anda terhadap traveling, makanan favorit, hingga acara musik. Anda akan lebih mudah mengajaknya pergi ketika memiliki persamaan, seperti “Ada restoran sushi yang enak di sekitar sini, jika kamu mau kita bisa pergi kapan-kapan”.

Namun, Anda tidak perlu memaksanya jika orang tersebut tidak mau. Hindari berlebih-lebihan dan jangan sengaja membuat kesamaan di antara kalian berdua. Memperhatikan kesamaan dengan jujur tak hanya akan membuat Anda berdua merasa nyaman, namun juga membantu tampil sebagai orang yang autentik dan meningkatkan kemungkinan untuk berteman.

 


2. Ajukan pertanyaan pada mereka

Punya Prinsip Kuat
Ilustrasi Pertemanan Credit: pexels.com/Gustavo

Seringkali seseorang berpikir bahwa untuk memenangkan hati orang lain kita harus mengesankan dan memiliki hal-hal menarik untuk dikatakan.  Namun untuk membangun pertemanan atau koneksi, Anda justru harus membuat orang tersebut merasa bahwa mereka mengesankan.

Fokuslah untuk mengenal mereka lebih baik daripada menyatakan pendapat atau membicarakan diri sendiri. Misalnya, tanyakan apa yang mereka lebih sukai daripada menceritakan pengalaman Anda.

Mengajukan pertanyaan menunjukkan bahwa Anda tertarik pada pendapat orang lain dan merasa nyaman untuk terbuka yang akan membuat mereka ingin membangun pertemanan.


3. Beri mereka pujian

pertemanan
ilustrasi persahabatan perempuan/Photo by Renato Abati from Pexels

Mendapat pujian dari orang asing atau orang yang tidak dikenal bisa menjadi sangat kuat. Pasalnya, mereka akan merasa lebih dihargai. Satu pujian pada teman baru bisa menciptakan kesan yang baik untuk awal hubungan yang kuat.

Anda bisa memuji dari hal-hal yang terlihat jelas, seperti gayanya dalam berpakaian. Selain itu, Anda juga bisa memuji etos kerja, kreativitas, bahkan tawa mereka. Pujian yang tulus dan perseptif ini yang akan melekat pada diri kita.

Dapat membuat orang lain merasa dilihat dan didengar bisa menjadi cara untuk memupuk hubungan dan persahabatan.


4. Tawarkan bantuan

teman
ilustrasi persahabatan/copryight Pexels

Salah satu hal utama untuk membedakan teman yang baik dari kenalan biasa adalah dukungan emosional, praktis, dan sosial. Itulah mengapa memberi tahu seseorang bahwa Anda ada jika mereka membutuhkan bantuan adalah cara yang bagus untuk mendekati secara halus.

Misalnya, jika mereka stres karena sidang di kampusnya atau ujian di sekolah, tawarkan untuk mengantar kopi.

Menawarkan dukungan yang nyata atau memiliki tujuan konkret agar kalian berdua saling membantu dapat membentuk koneksi dan memberi tahu mereka bahwa Anda dapat dipercaya, suportif, dan bijaksana.


5. Gunakan humor

sahabat
ilustrasi pertemanan/Photo by José Luis Photographer from Pexels

Humor adalah dasar penting dari persahabatan. Namun, ini bukanlah lelucon yang mencoba menunjukkan kecerdasan dan pesona Anda. Hal ini dilakukan agar membuat Anda berdua merasa lebih nyaman.

Saling berbagi lelucon ringan atau membuat komentar lucu tentang sesuatu yang Anda hadapi memungkinkan orang lain melihat sekilas tentang kepribadian Anda. Selain itu, Anda berdua akan menjadi lebih rileks dan mengenal satu sama lain saat Anda tak menanggapi semuanya dengan serius.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya