7 Cara Menghilangkan Rambut di Wajah

Menghilangkan bulu dari bagian tubuh mana pun cukup mudah dan sederhana untuk dipahami. Begini 7 cara menghilangkannya.

oleh Ine Vania Putri diperbarui 19 Okt 2022, 19:20 WIB
Diterbitkan 19 Okt 2022, 19:20 WIB
Mengencangkan Kulit dan Mencegah Penuaan Dini
Ilustrasi Kulit Wajah Kencang dan Awet Muda Credit: pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Rambut atau bulu halus yang tumbuh di wajah merupakan kondisi alami yang dapat dialami baik pria maupun wanita. Namun, beberapa orang memiliki bulu-bulu halus yang kerap tumbuh di area tubuh yang kurang enak dipandang mata, termasuk di sekitar wajah seperti dagu, tepi pipi, atau di atas bibir seperti kumis.

Jadi, bagaimana cara menghilangkan bulu wajah? Menghilangkan bulu dari bagian tubuh mana pun cukup mudah dan sederhana untuk dipahami. Namun, pada bulu wajah, mayoritas orang berjuang dan tidak yakin bagaimana cara yang tepat untuk menghilangkanya.

Perlu diingat bahwa bertentangan dengan pendapat umum, tidak ada metode hair removal yang dapat memastikan hair removal permanen. Namun, ada sejumlah teknik di dunia kecantikan yang dapat membantu Anda menghilangkannya selama berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bahkan lebih lama.

Dr Nivedita Dadu, dokter kulit terkenal, pendiri, dan ketua Klinik Dermatologi Dr Nivedita Dadu, mengatakan, “Bulu wajah adalah fenomena yang cukup alami."

Namun bagi sebagian orang, pertumbuhan rambut, terutama bulu wajah dapat secara ekstensif dan kasar. Di wajah, tekstur dan pertumbuhan rambut lebih tebal dan lebih cepat.

Bagaimana pun, bulu pada wajah berbeda dengan bagian tubuh lainya dan kita tidak bisa mengambil risiko. Jadi, untuk mempelajari lebih lanjut dan mengetahui tentang cara-cara yang dapat mempermudah menghilangkan bulu di wajah dan agar kulit terlihat lebih bersih, ada sejumlah cara menghilangkan bulu di wajah yang bisa Anda lakukan. 

Cara tersebut ada yang bersifat alami dan dapat dilakukan secara mandiri di rumah atau ke klinik kecantikan melalui prosedur medis tertentu. berikut adalah beberapa opsi yang diberikan Dr Dadu melansir Health Shots, Rabu (19/10/2022).

 


1. Tweezing

ilustrasi wajah/freepik
ilustrasi wajah/freepik

Tweezing atau mencabut bulu dengan pinset adalah metode yang tepat untuk menghilangkan bulu wajah. Mencabut dengan pinset dapat dilakukan untuk menghilangkan bulu wajah, bahkan dapat membentuk alis dan menghilangkan rambut yang tidak rata dan kusut.

Namun, cara ini bisa memakan waktu lebih lama dan menimbulkan rasa nyeri saat bulu wajah dicabut. Dengan metode ini, Anda dapat menghilangkan bulu wajah dengan risiko iritasi yang minimal. 

Metode ini sangat murah dan bertahan lebih lama daripada metode hair removal lainnya, seperti mencukur, karena metode ini menghilangkan rambut sampai ke akarnya. Rambut juga akan tumbuh dengan ujung runcing yang lebih alami. 

2. Elektrolisis

Elektrolisis adalah metode yang sangat populer untuk menghilangkan bulu wajah. Metode ini menggunakan perangkat epilator atau jarum halus yang dimasukkan ke dalam folikel atau kulit, di mana arus listrik atau frekuensi radio gelombang pendek yang dialirkan jarum tersebut dikerahkan untuk merusak folikel rambut sehingga mencegah pertumbuhan rambut baru.

Dibandingkan dengan metode lainnya, hasil yang diperoleh melalui elektrolisis cenderung lebih tahan lama. Namun, Anda tidak bisa mendapatkan manfaat hair removal jangka panjang dari elektrolisis hanya dalam sekali. Anda membutuhkan beberapa sesi prosedur yang biasanya membutuhkan perawatan berulang selama 12–18 bulan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Metode ini juga dapat menimbulkan beberapa risiko seperti infeksi, pembentukan keloid, dan perubahan warna kulit.

 


3. Threading

Kulit Mengelupas dan Menjadi Tipis
Ilustrasi Kulit Wajah Mengelupas Credit: freepik.com

Threding adalah salah satu cara tertua untuk menghilangkan bulu wajah. Prosedur threading memiliki teknik mirip seperti waxing, yakni dengan mencabut bulu di wajah untuk efek yang lebih tahan lama daripada bercukur.

Metode ini menggunakan tali atau dua benang katun untuk menghilangkan bulu dan metode ini dapat digunakan untuk membentuk alis. threading adalah metode penghilangan rambut yang sangat cepat, tidak menggunakan bahan kimia apa pun, dan sangat ramah kantong.

Metode ini bisa bertahan hingga 4–8 minggu. Pada umumnya threading tidak sesakit waxing karena tidak akan mengangkat lapisan teratas kulit. Jadi, Anda mungkin dapat mempertimbangkan metode ini sebagai pengganti waxing. 

4. Laser hair removal

Ini adalah salah satu metode paling populer untuk menghilangkan bulu wajah. Terapi laser atau laser hair removal menggunakan sinar laser yang yang diserap oleh melanin atau pigmen warna rambut sehingga merusak folikel rambut atau dan menghambat pertumbuhan rambut secara permanen. 

Metode ini membutuhkan paling tidak enam kali perawatan selama 30 menit. Metode ini memberikan hasil rambut yang halus dan tipis, bahkan tidak akan tumbuh selama enam bulan.

Meski efektif, Laser hair removal dapat menimbulkan efek samping, seperti iritasi, komplikasi berupa kulit kemerahan dan peradangandan perubahan pigmen kulit. Bahkan, penggunaan pada sekitar mata bisa berakibat kebutaan.

Setelah menjalani metode ini, Anda juga dianjurkan untuk menghindari paparan sinar matahari dan tidak melakukan metode lain untuk menghilangkan bulu di wajah.


5. Dermaplaning

Tipe Kulit Wajah
Simak tips makeup yang dapat dilakukan untuk membuat apple cheeks terlihat lebih tegas dan merona. (unsplash.com/Amanda Dalbjorn)

Dermaplaning menjadi pilihan karena relatif cepat, tidak sakit, dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk pemulihan kulit. Metode menghilangkan bulu wajah ini adalah bentuk pencukuran wajah yang juga menghilangkan lapisan permukaan kulit mati dalam proses yang disebut pengelupasan kulit.

Dengan metode ini, dokter kulit profesional menggunakan alat yang menyerupai pisau cukur lurus kecil dan membutuhkan tangan yang stabil atau Anda bisa melakukannya di rumah dengan alat dermaplaning sekali pakai. 

6. Mencukur bulu

Metode lain untuk menghilangkan bulu wajah adalah pencukuran bulu. Metode ini pada dasarnya menggunakan alat listrik seperti alat cukur yang mencabut bulu wajah atau tubuh dari akarnya.

Metode mungkin terdengar menyakitkan, tetapi tidak seperti waxing, ini adalah metode penghilangan rambut yang tidak terlalu menyakitkan dan tidak berantakan. sebelum melakukanya disarankan untuk mengeksfoliasi kulit Anda, kemudian lakukan dengan memegang epilator dengan posisi yang benar, dan gerakkan epilator perlahan di atas area berambut.


7. Sugar waxing

Arya Saloka
Kesan macho dan makin berkarisma ditunjukkan Arya kala kumis dan jenggotnya semakin tebal.(instagram.com/arya.saloka)

Sugar waxing merupakan metode yang efektif dengan mengambil rambut dari akarnya, bukan permukaan kulitnya. Terkadang, orang salah mengartikan sugar waxing dengan body sugaring, tetapi ada beberapa perbedaan antara kedua metode tersebut. Sugar waxing memungkinkan Anda mendapatkan cakupan area yang lebih luas dan area target yang lebih spesifik.

Metode sugar waxing dapat menimbulkan rasa perih. Waxing dilakukan dengan cara mengoleskan lilin atau cairan gula khusus ke permukaan kulit yang berbulu, kemudian menempel kain dan kemudian ditarik sehingga bulu tercabut. Cara ini biasanya digunakan untuk mencabut bulu yang lebat dan panjang.

Keuntungan dari melakukan sugar waxing adalah kulit akan terasa lebih halus karena metode ini dapat sekaligus mengangkat sel kulit mati. Kulit wajah mulus yang dihasilkan setelah waxing umumnya bertahan hingga 4–8 minggu.

Akan tetapi, metode ini juga berisiko menyebabkan kulit terkena infeksi, menjadi iritasi dan mengalami peradangan. Untuk menghindari risiko waxing lainnya, Anda disarankan melakukan perawatan ini di klinik kecantikan dengan dokter atau terapis berpengalaman.

Menghilangkan bulu di wajah dapat dilakukan secara alami maupun medis. Sebelum memilih metode mana yang mau digunakan, disarankan untuk mempertimbangkan terebih dahulu kelebihan maupun kekurangan dari masih-masing metode tersebut.

Jika Anda kesulitan atau kebingungan memilih metode yang tepat menghilangkan bulu di wajah, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter kulit mengenai metode yang tepat, terutama jika Anda memiliki tipe kulit yang sensitif.

 

Delirium, Gejala COVID-19, Gejala Baru COVID-19, Gejala Covid, Gejala Baru Covid
Infografis yang menyebut bahwa delirium merupakan gejala baru dari COVID-19, penyakit yang disebabkan Virus Corona SARS-CoV-2, tersebar di media sosial dan grup WhatsApp. (Sumber: Istimewa)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya