Tampilan Mirip, 6 Jenis Kue yang Mungkin Sulit Dibedakan

Secara keseluruhan, kue adalah makanan yang sangat baik untuk merayakan acara-acara khusus, tetapi itu tidak berarti bahwa kamu tidak dapat menikmatinya pada hari-hari biasa.

oleh Azizah Savira diperbarui 03 Nov 2022, 09:00 WIB
Diterbitkan 03 Nov 2022, 09:00 WIB
Ilustrasi kue ulang tahun
Ilustrasi/Copyright unsplash/Toa Heftiba

Liputan6.com, Jakarta - Secara keseluruhan, kue adalah makanan yang sangat baik untuk merayakan acara-acara khusus, tetapi itu tidak berarti kamu tidak dapat menikmatinya pada hari-hari biasa. 

Semua orang memiliki jenis dan rasa kue favorit masing-masing. Ada yang suka kue lapis yang tinggi atau ada yang suka kue manis dengan banyak krim isian.

Ada juga orang-orang yang tidak akan menyentuh kue apa pun kecuali kue buatan sendiri. Sementara, beberapa orang yang menyukai kue toko kelontong kuno yang lezat.

Dilansir Epicurious.com, Kamis (3/11/2022), ada banyak jenis kue dan berbagai cara membaginya ke dalam berbagai kategori, tetapi pembuat kue profesional mengkategorikan kue berdasarkan bahan dan metode pencampuran. Pembuat roti rumahan cenderung mengkategorikan kue berdasarkan rasa, yaitu kue cokelat, kue buah, dan sebagainya.

Membuat kue tergantung pada bagaimana adonan disiapkan, kamu akan menemukan bahwa tekstur akhir dan warna, apakah itu kue kuning atau putih menjadi bervariasi. Di bawah ini adalah 6 berbagai jenis kue yang mungkin sulit kalian bedakan,

1. Butter Cake

Resep kue apa pun yang dimulai dengan "mentega krim dan gula" adalah kue mentega atau butter cake. Setelah membuat adonan, kamu menambahkan telur untuk sedikit mengangin-anginkan adonan, atau tepung dan terkadang cairan lain, seperti susu untuk memberikan struktur dan tekstur, serta baking powder atau soda kue untuk memastikan adonan mengembang di oven.

Berbagai jenis adonan kue dalam jenis kue mentega termasuk cokelat, putih, dan kuning untuk kue putih dan kuning pewarnaan biasanya tergantung pada apakah mereka memiliki telur utuh, atau kuning telur ekstra di dalamnya (kue kuning) atau hanya putih telur (kue putih).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Kue Spons

Ilustrasi memasak kue
Ilustrasi memasak kue (Photo by congerdesign on Pixabay)

Varian lain yang juga terkenal adalah kue bolu alias spons cake. memiliki tekstur yang lapang dan ringan . Kue bolu terdiri dari gula, tepung, dan telur, di mana telur dikocok untuk membuat busa yang banyak atau berkembang.

Telur juga merupakan bahan pembuat manisan ini. Gelembung udara yang terperangkap dalam telur kocok dapat mengembang saat kamu memanaskannya, dan membuat kue mengembang.

Di sisi lain, beberapa resep juga menggunakan baking powder sebagai bahan pengembang.

Banyak kue bolu Amerika tidak memiliki mentega. Rasa krim yang kamu rasakan di dalamnya mungkin berasal dari krim pastry, krim mentega, atau frosting/isian. Beberapa resep termasuk saus custard atau buah-buahan segar juga.

 


3. Kue Keju

Satu Tahun Menikah, Ini Potret Anniversary Pernikahan Ashilla Eks Blink dan Suami
Dinner romantis di hari anniversary pernikahan, kue simpel dengan tulisan happy anniversary jadi sajian yang istimewa. Habiskan waktu berdua di hari ulang tahun pernikahan, Ashilla dan Heisel Bolang seperti kembali ke momen masa pacaran. Satu tahun menikah, ucapan selamat atas pernikahan pasangan muda ini ramai dibubuhkan warganet dan sahabat keduanya. (Liputan6.com/IG/@zhrtiaraashilla)

Jenis berikutnya adalah kue keju, atau cheseecake. Namun demikian, ada argumen bahwa kue keju bukanlah kue yang sebenarnya. 

Namun, sulit untuk tidak menyebutkan kue keju dalam topik ini karena popularitasnya yang luar biasa di dunia makanan penutup termasuk dalam kue.

Umumnya, cheesecake adalah kue yang dipanggang atau tidak dipanggang  dengan banyak ide kue keju  berdasarkan komponennya. 

Banyak jenis kue keju memiliki lapisan tebal keju segar dan lembut seperti keju krim, cottage, atau ricotta yang dicampur dengan gula dan telur .

4. Kue Biskuit

Biskuit (selalu diucapkan dalam bahasa Prancis sebagai bees-kwee) kue biskuit adalah jenis lain dari kue bolu yang mengandung putih telur dan kuning telur, tetapi, tidak seperti genoise, putih dan kuning telur dikocok secara terpisah dan kemudian disatukan kembali.

Ini menciptakan adonan ringan yang lebih kering daripada genoise tetapi mempertahankan bentuknya lebih baik setelah pencampuran.

Jika dipanggang dalam panci, itu membuat kue bolu yang sangat kenyal yang populer di awal abad ke-20 tetapi sejak itu tidak lagi disukai. 

Namun, masih dikenal dalam bentuk yang sedikit berbeda dengan kue bolu Paskah klasik, di mana tepungnya diganti dengan tepung kue matzoh dan tepung kentang.


5. Kue Genoise

Sensasi Kejunya Bikin Nagih, Rekomendasi Kue di Bogor Ini Bisa Jadi Comfort Food Anak-Anak di Rumah
(c) Little Joy Bakeshop

Di Italia dan Prancis, kue bolu disebut genoise, telur utuh dikocok dengan gula sampai kental dan berbusa, lalu tepung dan mentega ditambahkan lalu adonan dipanggang.

Dan untuk hasil yang luar biasa dipanggang dalam loyang kue bundar, tetapi genoise juga cukup lentur untuk dipanggang dalam loyang jelly-roll dan digulung menjadi roulade.

Genoise tidak memiliki banyak rasa khasnya sendiri, tetapi sering digunakan untuk membuat kue berlapis atau digulung ketika tekstur yang lebih ringan dari kue mentega diinginkan.

Untuk menambah rasa dan kelembapan, lapisan kue genoise selalu dibasahi dengan sirup rasa, dan sering diiris menjadi lapisan horizontal tipis dan ditumpuk dengan isian seperti krim mentega.

Kue lapis ini, umum di kedai kopi Eropa, disebut "European-style" untuk membedakannya dari kue lapis mentega gaya Amerika, yang umumnya memiliki lapisan yang lebih sedikit dan lebih tebal.

6. Kue Sifon

Kreasi Amerika yang cukup baru ini ditemukan oleh seorang penjual yang menjual resepnya ke General Mills, yang menyebarkan resep itu melalui materi pemasaran pada tahun 1940-an dan 1950-an. 

Kue sifon klasik adalah jenis persilangan antara oil cake dan sponge cake. Hal ini termasuk baking powder dan minyak sayur, tetapi telur dipisahkan dan putihnya dikocok sampai lembut sebelum dilipat ke dalam adonan.

Hal Ini menciptakan kue dengan remah lembut dan kaya rasa seperti oil cake, tetapi dengan tekstur yang lebih ringan seperti kue bolu. Kue sifon dapat dipanggang dalam panci dan dilapisi dengan isian dan hiasan.

 

 

Infografis Macam-Macam Kue Kering Khas Lebaran
Infografis Macam-Macam Kue Kering Khas Lebaran. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya