Lakukan 9 Kebiasaan Kecil Ini Tiap Hari Agar Kamu Tetap Sehat

Lakukan 9 kebiasaan kecil ini setiap hari agar kamu tetap sehat, berenergi, dan bersemangat menjalani hari.

oleh Ine Vania Putri diperbarui 13 Des 2022, 20:00 WIB
Diterbitkan 13 Des 2022, 20:00 WIB
Ilustrasi bebas, kehidupan, bahagia, semangat
Ilustrasi bebas, kehidupan, bahagia, semangat. (Photo by Becca Tapert on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Hidup ini cukup sibuk. Melakukan olahraga tiap hari agar badan sehat terdengar sangat menyita waktu. Namun, di sisi lain, bukankah kita semua berhak untuk merasa sehat, menjaga tubuh kita tetap bahagia dan pikiran kita tetap jernih?

Kabar baiknya adalah bahwa Anda tidak perlu mengubah gaya hidup 180 derajat untuk versi terbaik diri sendiri. Hal yang bisa Anda lakukan hanyalah mengadopsi beberapa kebiasaan kecil secara konsisten tiap harinya. 

Hal-hal kecil yang dilakukan setiap hari ini dapat membuat perbedaan besar bagi kesehatan Anda. Melansir Real Simple, Selasa (13/12/2022), berikut adalah 9 perubahan paling sederhana yang bisa dilakukan tiap hari untuk membuat tubuh tetap berenergi, luar biasa, dan lebih sehat, menurut sejumlah ahli. 

1. Tambahkan lebih banyak langkah tiap hari

Martha Gulati, MD, ahli jantung dan pemimpin redaksi American College of Cardiology's CardioSmart, mendapati bahwa mayoritas orang terlalu banyak duduk. Untuk mengubah diri jadi lebih sehat, perbanyaklah langkah kaki. Gulati mengajak orang untuk mencapai 10.000 langkah tiap harinya. Hal ini diyakini yang dapat meningkatkan kesehatan jantung, mental, dan fisik Anda.

Anda dapat melakukannya dengan mengubah rutinitas harian. Caranya, parkirlah di ujung tempat parkir kantor, turun dari bus atau kereta bawah tanah satu perhentian lebih awal dan berjalanlah sejauh jarak yang tersisa.

Anda juga bisa langsung mendatangi meja kerja teman untuk berbicara alih-alih mengirimkannya pesan singkat. Alih-alih menaiki lift, Anda bisa berjalan kaki satu hingga dua lantai. Singkatnya, aktiflah sebanyak mungkin.


2. Luangkan 5 menit bagi diri sendiri tiap harinya

bahagia
ilustrasi perempuan/Photo by JD Chow on Unsplash

Instruktur Pure Yoga, Alison O'Connor, percaya bahwa Anda harus meluangkan waktu sendirian setiap hari. "Meluangkan waktu beberapa menit untuk diri sendiri seperti jauh dari media sosial, pekerjaan, hiburan, dan siapa pun yang menuntut sesuatu dari Anda dapat sangat membantu kesehatan mental," katanya. 

O'Connor menyarankan orang untuk menyingkirkan teknologi dan jadikan diri Anda prioritas selama minimal 5 menit tiap harinya.

3. Jadikan tidur sebagai prioritas utama

"Tidur adalah salah satu aktivitas paling penting dari tubuh manusia. Saat kita tidur, tubuh kita paling efisien dalam memulihkan dan menyembuhkan dirinya sendiri," kata O'Connor.

Rata-rata orang dewasa membutuhkan 7-9 jam tidur untuk menjadi versi terbaik dari diri sendiri. Tidur yang cukup juga membantu mencegah depresi dan menjaga hormon stres, mencegah makan berlebihan, suasana hati yang pemarah, mengidam gula, dan peradangan. Singkatnya, bantulah diri Anda sendiri dan prioritaskan tidur.

4. Minum cukup cairan

Sebagian besar dari kita tidak minum cukup cairan. Air, secara sederhana, sangat penting. Air membantu kulit Anda terlihat segar, mengeluarkan racun dari tubuh Anda, membantu menjaga fungsi usus yang sehat, dan menjaga otot-otot dari kelelahan.

Anda akan terkejut betapa berbedanya perasaan Anda ketika Anda mulai menjadikan hidrasi yang tepat sebagai kebiasaan sehari-hari. Hal ini memberi energi dan gratis. Berinvestasilah pada botol air yang dapat digunakan kembali, sering-seringlah mengisinya, dan jadikanlah itu sahabat baru Anda.

 


5. Tarik napas dalam-dalam

[Fimela] Pernafasan
Ilustrasi pernafasan | unsplash.com

Anda dapat menambahkan 60 detik pernapasan terfokus tanpa gangguan ke kebiasaan harian. Gulati mengingatkan orang-orang untuk berhenti sejenak secara berkala dan meluangkan waktu satu menit penuh untuk fokus pada pernapasan dalam.

Energi positif ini dapat membantu Anda mengatasi kecemasan dan stres dengan lebih baik, karena hal itu dapat menenangkan sistem saraf simpatik, yang aktif ketika stres, dan membantu Anda untuk tetap berada di masa sekarang.

6. Kenakan sesuatu yang Anda sukai

Rasa percaya diri dan bahagia bisa datang penampilan yang baik. Demikian menurut penata gaya Forever Freckled, Carrie Greenberg.

"Bersihkan potongan-potongan (pakaian) lama dan pertimbangkan untuk berinvestasi dalam beberapa aksesori baru yang bagus," kata Greenberg. 

Buatlah titik untuk mengenakan sesuatu yang membuat Anda merasa fantastis setiap hari. Ketika Anda merasa percaya diri dan nyaman dengan diri Anda sendiri, Anda akan memancarkan kehangatan dan kepercayaan diri kepada orang lain, yang membuat mereka juga merasa nyaman.

7. Buatlah sesuatu di dapur

Alyssa Gagarin, koki pribadi dan instruktur kebugaran yang berbasis di New York, mengatakan makanan rumahan lebih dari sekadar cara untuk mengekspresikan kreativitas Anda dan menghemat uang daripada membayar makanan untuk dibawa pulang atau makanan restoran. 

"Hanya dengan memasak makanan Anda sendiri, Anda bisa yakin bahwa Anda makan makanan asli, utuh, dan tidak diproses. Ini memberi Anda kendali penuh atas apa yang masuk ke dalam tubuh Anda," katanya. 

Perbanyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, telur, daging, makanan laut, kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang-kacangan-dan berhentilah makan setelah Anda kenyang.

 

 


8. Perhatikan kebutuhan Anda

[Fimela] 3 Zodiak Memesona karena Kepintarannya
Butuh teman ngobrol yang pintar? Ngobrol saja sama tiga zodiak ini. (Sumber foto: unsplash.com/Bruce Mars)

Ellen Friedrichs, seorang pendidik kesehatan dan seksualitas yang berbasis di Brooklyn, New York, mengatakan bahwa kita perlu menilai kebutuhan kita, dari waktu ke waktu.

"Mencari tahu apa yang akan membantu Anda merasa paling seimbang, dan paling tidak tertekan, adalah cara terbaik untuk mendapatkan kesehatan fisik dan mental yang prima," katanya.

Belajarlah untuk mendengarkan apa yang tubuh, kulit, suasana hati, dan reaksi Anda. Coba sampaikan kepada hal itu ke diri sendiri. 

9. Bersikap jujur sesuai keyakinan diri sendiri

"Bertindak dengan integritas, di mana semua perkataan dan tindakan Anda selaras dengan keyakinan inti Anda, hal ini memberikan ketenangan pikiran dan rasa kebebasan," kata O'Connor.

Hal ini mungkin tampak menantang, tetapi O'Connor percaya bahwa berbohong atau mengabaikan prinsip-prinsip Anda bisa membuat Anda sakit, baik secara mental maupun fisik.

"Menjalani kehidupan yang terintegrasi akan memberi Anda rasa kepuasan pribadi yang luar biasa bahwa Anda menjalani kehidupan yang terbaik, paling jujur, dan paling otentik," ujarnya menambahkan.

Infografis Yuk Kurangi Mobilitas Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 Saat Periode Nataru. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Yuk Kurangi Mobilitas Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 Saat Periode Nataru. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya