Bukan Sekedar Hiburan, Ini 6 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan

Bagi kalian yang gemar mendengarkan musik, wajib tahu sederet manfaat mendengar musik bagi kesehatan tubuh hingga mental berikut ini.

oleh Camelia diperbarui 31 Jul 2023, 10:52 WIB
Diterbitkan 11 Jul 2023, 19:01 WIB
fungsi musik
(sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang tentu senang mendengarkan musik. Mendengarkan lagu bisa menjadi salah satu aktivitas yang menenangkan pikiran. Terlebih jika memiliki rutinitas yang tinggi dan penat dengan pekerjaan sehari-hari, umumnya orang akan menghilangkan penat dengan mendengarkan musik. 

Mungkin bagi beberapa orang, mendengarkan musik hanya sekedar hiburan. Namun tak hanya itu, mendengarkan musik rupanya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik hingga mental. Nah, dilansir dari Health Fitness Revolution berikut ini deretan manfaat mendengarkan musik yang tak banyak orang tahu:

1. Meningkatkan IQ dan Fungsi Akademik

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak kecil yang mengikuti pelajaran musik seringkali memiliki prestasi akademik yang lebih tinggi. Dalam sebuah penelitian, anak usia 6 tahun yang mengikuti pelajaran piano atau menyanyi memiliki peningkatan IQ yang signifikan dan prestasi akademik yang lebih baik daripada anak-anak yang tidak mengikuti pelajaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Meningkatkan kinerja tubuh

Ilustrasi mendengar lagu, musik
Ilustrasi mendengar lagu, musik. (Sumber: Pixabay/MirceaIancu_CandidShots)

Studi menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan kinerja fisik dan meningkatkan daya tahan selama sesi latihan fisik yang berat. Seperti contohnya saat Anda fokus pada musik favorit, Anda mungkin saja tidak menyadari bahwa Anda baru saja berlari lebih jauh.

3. Mengurangi stres dan kecemasan

Mendengarkan musik dapat membantu Anda menurunkan hormon tingkat stres yang disebut kortisol, yang menangkal efek stres kronis. Ini adalah temuan penting karena stres menyebabkan 60% dari semua penyakit dan penyakit kita. 

Sebuah penelitian menemukan bahwa jika orang berpartisipasi dalam membuat musik dengan melakukan beberapa instrumen perkusi dan bernyanyi, sistem kekebalan mereka sebenarnya lebih meningkat daripada jika mereka mendengarkan secara pasif.


4. Mengurangi rasa sakit

Ilustrasi lagu, musik
Ilustrasi lagu, musik. (Gambar oleh PublicDomainArchive dari Pixabay)

Penelitian menunjukkan bahwa terapi musik dapat membantu mengurangi rasa sakit lebih dari perawatan khas untuk pasien kanker. Penelitian lain menunjukkan bahwa itu juga dapat mengurangi rasa sakit pada pasien perawatan intensif. Tetapi pemilihan musik harus klasik, meditatif, atau pilihan pasien. 

5. Membuat Anda lebih bahagia

Saat Anda mendengarkan musik, Anda melepaskan zat kimia di otak Anda yang disebut dopamin – neurotransmiter yang dapat membuat Anda merasa nyaman. Valorie Salimpoor, seorang ahli saraf di Universitas McGill menyuntikkan delapan pecandu musik dengan zat radioaktif yang berikatan dengan reseptor dopamin setelah mereka mendengarkan musik favorit mereka. Pemindaian PET menunjukkan bahwa sejumlah besar dopamin dilepaskan, yang menyebabkan peserta merasakan emosi tertentu seperti kebahagiaan.

 


6. Dapat membantu meningkatkan memori

Ilustrasi lagu, musik
Ilustrasi lagu, musik. (Sumber: Pixabay)

Para peneliti telah menemukan bahwa musik dapat membantu Anda mengenali dan mengingat informasi dengan lebih baik. Peserta mencoba menghafal karakter Jepang sambil mendengarkan musik yang menurut mereka netral atau positif. 

Hasilnya menunjukkan bahwa peserta yang merupakan musisi belajar lebih baik dengan musik netral tetapi diuji lebih baik dengan musik yang menyenangkan. Nonmusisi belajar lebih baik dengan musik positif tetapi diuji lebih baik dengan musik netral.

Infografis Macam-Macam Alat Musik Tradisional
Infografis Macam-Macam Alat Musik Tradisional. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya