Top 3: Pantangan-pantangan pada Malam 1 Suro

Artikel tentang pantangan yang tak boleh dilakukan pada malam 1 suro menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 19 Jul 2023, 11:05 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2023, 11:05 WIB
Kirab Malam 1 Suro di Pura Mangkunegaran
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengikuti prosesi kirab pusaka malam 1 Suro yang digelar di Pura Mangkunegaran, Solo, Jumat malam (29/7).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Liputan6.com, Jakarta Malam 1 Suro menjadi salah satu hari yang paling dinantikan bagi masyarakat Jawa. 1 Suro sendiri merupakan tanggal tahun baru pada kalender Jawa. Berdasarkan kalender Islam atau Hijriah, 1 Suro bertepatan dengan 1 Muharram atau bulan pertama dalam kalender Hijriah.

Sementara dalam kalender Masehi, 1 Suro 2023 jatuh pada Rabu (19/7/2023), yang berarti malam 1 Suro jatuh pada Selasa (18/7/2023). Malam 1 Suro sendiri diperingati pada malam setelah magrib pada hari sebelum tanggal 1 Suro.

Artikel tentang pantangan yang tak boleh dilakukan pada malam 1 suro menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang Sofyan Amrabat bilang ini ke Ten Hag.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang potret kebersamaan Ariana Grande dan Dalton Gomez.

Berikut Top 3 Citizen6:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

1. Selain Keluar Rumah, Ini 3 Pantangan Lain yang Dipercaya Tak Boleh Dilakukan Saat Malam 1 Suro

Malam Satu Suro
Kirab pusaka Malam Satu Suro di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah. (Liputan6.com/Fajar Abrori)

Dalam kalender Jawa, pergantian hari dimulai pada saat matahari terbenam dari hari sebelumnya, bukan pada tengah malam sebagaimana pergantian hari dalam kalender Masehi.

Seperti yang kita tahu, peringatan malam 1 Suro sangat lekat dengan budaya Jawa. Berbagai daerah di Jawa seperti misalnya di Solo, Jawa Tengah, malam 1 Suro diperingati dengan tradisi arak-arakan atau kirab hewan kerbau yang bernama kebo bule atau Kebo Kiai Slamet.

Selain Solo, Keraton Yogyakarta juga memiliki ritual malam 1 Suro. Bedanya, kirab malam 1 Suro di Keraton Yogyakarta membawa gunungan tumpeng, keris, dan benda pusaka lain.

Selengkapnya...


2. Dilirik Manchester United, Sofyan Amrabat Bilang ke Tan Hag Ini yang Dia Mau

Foto: 5 Pemain yang Bakal Laris Manis pada Bursa Transfer Januari setelah Tampil Menawan di Piala Dunia 2022
Sofyan Amrabat. Bintang Maroko lain yang juga menjadi target transfer beberapa klub besar Eropa adalah Sofyan Amrabat. Gelandang bertahan milik Fiorentina ini diminati oleh Barcelona, Tottenham dan Liverpool. Dari ketiganya, sang pemain lebih tertarik untuk bergabung bersama Liverpool di Liga Inggris. (AP Photo/Martin Meissner)

Menyusul penandatanganan Mason Mount awal bulan ini, lini tengah Manchester United mulai terbentuk jelang musim yang akan datang.

Manajer Erik ten Hag telah menjadikannya salah satu prioritas utamanya musim panas ini untuk memperkuat opsi lini tengahnya dengan operator yang lebih muda dan lebih dinamis. Mount, yang dibeli dari Chelsea seharga 60 juta poundsterling, diperkirakan akan menyingkirkan Christian Eriksen dari lini tengah terkuat The Reds dan menempati peran yang lebih dalam bersama Casemiro.

Di samping Eriksen, Casemiro tampil luar biasa musim lalu, memberi MU kekuatan pertahanan yang telah mereka dambakan selama bertahun-tahun di lini tengah. Tapi ketika dia absen karena skorsing, United sangat merindukannya, gagal mengendalikan permainan dengan cara yang sama.

Menurut Manchestereveningnews, ada perasaan umum di antara mereka yang terkait dengan United bahwa The Reds akan mendapat manfaat dari penandatanganan gelandang bertahan lain musim panas ini untuk memberikan perlindungan dan lapisan perlindungan ekstra. The Reds, tentu saja, harus pintar-pintar dengan rekrutmen mereka musim panas ini, yang berarti mereka merasa cukup sulit hanya untuk mendaratkan target utama mereka, apalagi opsi cadangan potensial.

Selengkapnya...


3. 7 Potret Kebersamaan Ariana Grande dan Dalton Gomez yang Dikabarkan Bakal Cerai

7 Potret Kebersamaan Ariana Grande dan Dalton Gomez yang Dikabarkan Bakal Cerai
7 Potret Kebersamaan Ariana Grande dan Dalton Gomez yang Dikabarkan Bakal Cerai (@daltonfuckingomez/instagram.com)

Ariana Grande dikabarkan bakal cerai dengan suaminya Dalton Gomez setelah terlihat tidak mengenakan cincin kawinnya saat menghadiri Wimbledon 2023 minggu lalu.

Dalam kesempatan itu, Ariana Grande terlihat duduk di antara Andrew Garfield dan Jonathan Bailey. Ia terlihat bereaksi terhadap momen-momen tertentu selama pertandingan, menutupi mulutnya dengan tangan kanannya. Di momen itu, pelantun ‘7 Rings’ ini terlihat tak mengenakan cincin berlian di jarinya.

Bintang “Wicked” itu terakhir terlihat dengan cincin kawinnya di depan umum saat konser Goldblum di London pada April lalu.

Melansir dari Hindustantime, Selasa (18/7/2023), media TMZ mengabarkan bahwa pasangan tersebut sebenarnya telah berpisah sejak Januari lalu. Sumber mengatakan bahwa mereka mencoba melakukan rekonsiliasi, tetapi tidak berhasil.

Selengkapnya...

Infografis Journal_Apa Penyebab Terjadinya Perceraian? (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Journal_Apa Penyebab Terjadinya Perceraian? (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya