7 Benda di Halaman Rumah Ini Ternyata Dapat Mengundang Tikus

Berikut ini benda-benda yang dapat mengudndang tikus di halaman rumah Anda

oleh Sulung Lahitani diperbarui 09 Agu 2023, 09:07 WIB
Diterbitkan 09 Agu 2023, 09:07 WIB
Tikus - Vania
Ilustrasi Tikus/https://unsplash.com/Joshua J. Cotten

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda sedang menjamu tamu untuk pesta luar ruangan, bersantai di dek Anda dengan buku, atau bekerja di taman Anda, halaman Anda dapat berfungsi sebagai oasis pribadi — dan Anda mungkin ingin tetap seperti itu. Sayangnya, tempat tersebut juga dapat menjadi sarang hama, terutama tikus, yang kemudian dapat dengan mudah menemukan jalan masuk ke rumah Anda.

Tidak yakin apa yang bisa membawa makhluk-makhluk ini? Berikut ini hal-hal yang menarik hama tikus untuk mendatangi halaman rumah Anda. Dihimpun dari Bestlife, ini dia.

1. Tong sampah yang terbuka

Sama seperti tikus yang dapat menemukan makanan di tumpukan kompos atau pengumpan burung, mereka juga dapat menemukannya di tempat sampah yang tidak ditutup. Ganti tempat sampah seperti itu dengan yang memiliki tutup pengunci. Selain memastikan semua sampah terkumpul, Jim McHale, presiden dari JP McHale Pest Management menyarankan untuk menyimpan tempat sampah di garasi tertutup untuk tindakan pencegahan ekstra.

2. Retakan dan lubang yang tidak tertutup

Setelah Anda memeriksa barang-barang di halaman rumah Anda, periksa di sekitar bagian luar rumah Anda apakah ada retakan atau lubang di luar yang bisa dimasuki hewan pengerat. Tikus dapat masuk melalui lubang kecil sekalipun, kata Mag Pearson, manajer pelatihan di Critter Control. Beri diri Anda kesempatan terbaik untuk mencegahnya dengan menyegel setiap titik masuk potensial — termasuk ventilasi, jendela, atau cerobong asap — dengan jaring kawat atau dempul.

"Karena tikus memiliki gigi yang kuat dan sangat termotivasi oleh makanan yang tersedia dan tempat berlindung yang hangat, mereka juga dapat dengan mudah membuat lubang atau memperbesar lubang yang ada untuk masuk ke dalamnya," kata Pearson.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Konstruksi

Ilustrasi Tikus
Ilustrasi Tikus (Sipa/Pixabay).

Jika Anda melakukan konstruksi atau renovasi apa pun, Anda mungkin secara tidak sadar menarik perhatian tikus, terutama karena mereka biasanya hidup di tanah.

"Perkembangan baru menyebabkan penggalian di tanah yang sering mengakibatkan tikus meninggalkan rumah sebelumnya dan malah mencari rumah baru seperti rumah Anda atau sekitarnya," kata Sebastian Jania, pemilik Ontario Property Buyers..

4. Tempat penampungan air atau air mancur

Seperti nyamuk, tikus tertarik pada genangan air dan menikmati ruangan yang gelap dan lembap. Kelembaban yang berlebihan dari selang yang bocor, atau yang terbaik dari semuanya, air mancur, bisa membawa lebih banyak hewan pengerat ini keluar.

Jika tidak ada cukup air di halaman, kemungkinan besar tikus akan masuk ke dalam rumah Anda selanjutnya. "Karena alasan inilah jika Anda akan meninggalkan rumah kosong, sangat penting untuk menjaga agar air tidak masuk; ini bahkan termasuk gudang atau garasi dan memastikan pasokan air mereka mati jika Anda akan pergi untuk beberapa waktu," berbagi Jania.

Jika Anda melihat tikus di halaman Anda, Pearson mengatakan Anda harus bertindak cepat, "karena mereka dapat dengan mudah mencemari makanan dan persediaan air manusia." Dalam situasi ini, selalu disarankan untuk memanggil seorang profesional.

 


5. Sampah alami

Tikus - Vania
Ilustrasi Tikus/https://unsplash.com/Joshua J. Cotten

"Tema menyeluruh untuk memerangi invasi hewan pengerat adalah mengurangi vegetasi berlebih, sering memotong rumput, pengelolaan gulma, dan mengurangi pertumbuhan di sekitar area 'ecotone'. (Area di mana area rumput yang dikelola berakhir dan area hutan dimulai)," kata McHale .

Tikus terutama tertarik pada puing-puing seperti ranting dan daun untuk mencari perlindungan dari pemangsa. Menyingkirkan semua kelebihan akan mengirim mereka ke tempat lain untuk mencari perlindungan.

Jika tikus tinggal di luar, itu tidak selalu berarti mereka akan pindah ke dalam ruangan, tetapi hal itu tentu saja meningkatkan peluangnya.

 


6. Kompos

Tikus - Vania
Ilustrasi Tikus/https://unsplash.com/Ryan Stone

Pengomposan adalah cara yang bagus untuk menghasilkan pupuk organik di rumah sambil menjaga sampah Anda keluar dari tempat pembuangan sampah. Tapi tumpukan kompos itu juga bisa menarik perhatian tikus, menurut The Turfgrass Group. Pertama, menyediakan tempat berlindung. Kedua, berfungsi sebagai sumber makanan, jelas mereka.

Untuk mengurangi kemungkinan menarik tikus ke tumpukan Anda, mereka menyarankan untuk berinvestasi dalam gelas kompos plastik yang mengangkat kompos Anda dari tanah dan membungkusnya di dalam ruangan yang tidak bisa dimasuki tikus. (Selain itu, metode ini akan membawa kompos Anda ke fase pupuk kaya lebih cepat.) Dan sekali lagi, jaga jarak yang aman dari area pengomposan dari rumah Anda.

 


7. Makanan Hewan

Hantavirus
Ilustrasi Tikus Penyebab Hantavirus Credit: pexels.com/DSD

Meg Pearson, manajer pelatihan di Critter Control, menjelaskan bahwa tikus adalah pencari makan dan akan mencari kesempatan untuk mencari makan ke mana pun mereka pergi. Mereka tidak terlalu peduli dengan apa yang mereka makan, dan makanan hewan adalah pilihan yang bagus.

Yang ini mengikuti logika yang sama dengan pemberi makan burung: Makanan yang Anda maksudkan untuk hewan lain bisa menjadi camilan yang enak untuk tikus yang lapar, jadi simpanlah makanan itu. McHale menyarankan untuk menyimpan makanan hewan dalam wadah plastik tertutup. Ini sangat penting jika Anda menyimpannya di garasi atau ruang bawah tanah, tempat tikus cenderung bersembunyi.

Infografis Jamu Populer di Indonesia
Infografis jamu populer di Indonesia. (Dok: Liputan6.com Tim Grafis)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya