Ini 15 Kastil Paling Tua di Dunia, Mana yang Paling Menarik?

Kastil adalah bangunan megah dan bersejarah yang banyak dibangun pada masa perang. Faktor keindahan dan kemegahan menjadikan bangunan ini sering kali dikunjungi oleh para wisatawan. Yuk, simak 15 kastil yang paling tua di dunia untuk menambah daftar kunjungan wisata kamu!

oleh Ega Ayu Agustin diperbarui 12 Mar 2024, 21:17 WIB
Diterbitkan 12 Mar 2024, 20:08 WIB
Ilustrasi kastil tua
Ilustrasi Kastil Tua Credit by unsplash.com

Liputan6.com, Jakarta Kastil adalah struktur megah yang memiliki sejarah panjang, kebanyakan dibangun pada era pertengahan sebagai benteng pertahanan dari serangan musuh. Bangunan semacam ini sering muncul dalam dongeng-dongeng yang kita baca di masa kecil. Meskipun banyak dari mereka terlihat seperti yang digambarkan dalam cerita, ada juga yang memiliki penampilan yang berbeda. Beberapa kastil telah berdiri selama ribuan tahun, sementara yang lainnya baru berusia ratusan tahun. Di seluruh dunia, ada setidaknya 15 kastil tertua yang sarat dengan sejarah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Alcazar de Segovia

Ilustrasi Alcazar de Segovia
Ilustrasi Alcazar de Segovia Credit by unsplash.com

Alcazar de Segovia dulunya adalah benteng Arab yang dibangun di atas reruntuhan benteng Romawi. Kemudian, Raja Alfonso VI merebut Alcazar de Segovia. Raja Alfonso VI dan istrinya, seorang warga negara Inggris, kemudian tinggal di sana dan mulai melakukan perluasan dan renovasi.


Kastil Byblos

Ilustrasi Kastil Byblos
Ilustrasi Kastil Byblos Credit by unsplash

Selama Perang Salib, kastil ini dikenal sebagai Kastil Gibelet. Tentara Salib membangun Kastil Byblos pada abad ke-11 sebagai benteng pertahanan. Saat ini, Kastil Byblos telah diubah menjadi sebuah museum yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan.


Kastil Hohenbaden

Ilustrasi kastil hohenbaden by unsplash.com
Ilustrasi kastil hohenbaden by unsplash.com

Kastil yang terletak di wilayah Baden ini telah menjadi tempat tinggal bagi para margrave Baden selama sekitar 400 tahun. Awalnya dibangun oleh Raja Herman II, Kastil Hohenbaden telah mengalami beberapa kali perluasan seiring berjalannya waktu. Namun, saat ini kastil tersebut telah menjadi reruntuhan.


Kastil Cardiff

Ilustrasi kastil cardiff
Ilustrasi kastil cardiff by unsplash.com

Nama kastil ini, Cardiff, menunjukkan lokasinya di Cardiff, Wales. Kastil Cardiff awalnya dibangun dengan struktur motte dan bailey oleh penjajah Norman di situs Benteng Romawi. Seiring berjalannya waktu, bangunan ini mengalami perluasan dan renovasi hingga mencapai bentuknya yang sekarang.


Kastil Rochester

Ilustrasi Kastil Rochester
Ilustrasi Kastil Rochester by unsplash.com

Terletak di Rochester, Kent, kastil ini didirikan atas perintah Raja William II dengan tujuan mengawasi penyeberangan sungai. Kastil Rochester dibangun menggunakan teknik konstruksi batu yang revolusioner dan modern pada masa itu.


Menara London

Ilustrasi menara london
Ilustrasi menara london by unsplash

Berdasarkan sejarahnya, Menara London terkenal karena dulunya digunakan sebagai penjara, meskipun pada awalnya itu bukanlah tujuan utamanya. Awalnya, Menara London adalah kediaman kerajaan yang dilengkapi dengan tembok benteng dan parit. Saat ini, tempat ini berfungsi sebagai penyimpan permata mahkota dan telah diakui sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.


Kastil Hohensalzburg

Hohensalzburg Castle
Kastil Hohensalzburg Fortress di Austria (dok. Hans/Fairuz Fildzah)

Gebhard I dari Helfenstein bersama-sama dengan orang lain memerintahkan pembangunan Kastil Hohensalzburg pada tahun 1077. Kastil ini awalnya merupakan sebuah benteng yang kemudian mengalami perluasan bangunan. Selain sebagai tempat kediaman uskup agung Salzburg selama berabad-abad, Kastil Hohensalzburg juga menjadi salah satu objek wisata utama di Salzburg saat ini.


Kastil Hohenwerfen

Ilustrasi Kastil Hohenwerfen
Ilustrasi Kastil Hohenwerfen by unsplash

Kastil Hohenwerfen dibangun oleh Uskup Agung Gebhard. Konstruksi kastil ini dimulai pada tahun 1075 dan selesai pada tahun 1078. Selain berfungsi sebagai kastil, Hohenwerfen juga berperan sebagai penjara dan pangkalan militer. Saat ini, kepemilikan Kastil Hohenwerfen dipegang oleh negara bagian Salzburg.


Kastil Windsor

Dekorasi pohon Natal di Windsor Castle, Inggris, pada November 2019. (AP/Alastair Grant)
Dekorasi pohon Natal di Windsor Castle, Inggris, pada November 2019. (AP/Alastair Grant)

Kastil Windsor merupakan salah satu bangunan yang dimiliki oleh Keluarga Kerajaan. Pembangunan kastil ini dilakukan pada masa pemerintahan Raja William, dan sejak itu setiap raja sejak Raja Henry I telah menggunakannya sebagai kediaman. Saat ini, Kastil Windsor menjadi salah satu objek wisata yang populer.


Kastil Warwick

Ilustrasi kastil warwick by unsplash
Ilustrasi kastil warwick by unsplash

Selain Kastil Windsor, Raja William Sang Penakluk juga memerintahkan pembangunan Kastil Warwick. Namun, setelah 200 tahun, Kastil Warwick mengalami pembangunan ulang sebagai akibat dari perubahan zaman. Di dalam kastil ini terletak Menara dan Penjara Bawah Tanah Caesar, yang ditambahkan pada tahun 1350. Saat ini, Kastil Warwick dimiliki oleh Grup Tussauds.


Reichsburg Cochem

Ilustrasi Reichsburg Cochem
Ilustrasi Reichsburg Cochem by unsplash

Pada masa lampau, Pangeran Palatine Ezzo disebut-sebut telah menginstruksikan pembangunan sebuah kastil untuk dirinya dan keluarganya. Kastil tersebut dikenal sebagai Reichsburg Cochem, yang dibangun dalam gaya arsitektur Kebangkitan Gotik. Meskipun mengalami kerusakan pada tahun 1688, kastil tersebut kemudian menjadi milik kota Cochem hingga hari ini.


Château de Doué-la-Fontaine

Ilustrasi Château de Doué-la-Fontaine by wikimedia.org
Ilustrasi Château de Doué-la-Fontaine by wikimedia.org

Château de Doué-la-Fontaine terletak di Doué-en-Anjou dan berperan sebagai benteng untuk seluruh komune. Dahulu, kastil ini dikenal sebagai Motte de la Chapelle. Dibangun di atas fondasi Carolingian pada abad ke-9. Meskipun kondisinya tidak prima saat ini, namun pekarangannya masih dapat dikunjungi.


Kastil Praha

FOTO: Nyala Lilin untuk Korban Meninggal Akibat COVID-19 di Republik Ceko
Lilin dinyalakan untuk memperingati para korban pandemi virus corona COVD-19 di Kastil Praha, Praha, Republik Ceko, Senin (10/5/2021). Republik Ceko melonggarkan pembatasan terkait COVID-19 secara besar-besaran kendati hampir 30 ribu orang telah meninggal. (AP Photo/Petr David Josek)

Kastil ini terletak di Praha dan dikenal dengan penampilannya yang misterius dan berhantu. Selain itu, Kastil Praha juga memegang gelar sebagai kastil terbesar di dunia dengan luas mencapai 70.000 meter persegi. Awalnya, kastil ini dibangun sebagai benteng, namun sekarang berfungsi sebagai kantor Presiden Republik Ceko.


Istana Ghumdan

Ilustrasi Istana Ghumdan
Ilustrasi Istana Ghumdan by unsplash

Saat ini, Istana Ghumdan tidak lagi berfungsi sebagai kastil, namun reruntuhan bangunannya masih dapat dikunjungi. Terletak di kota Sana'a, istana yang berusia berabad-abad ini secara bertahap dibangun oleh seseorang bernama Sem, putra Nuh. Konstruksi Istana Ghumdan dimulai pada abad ke-3 dan selesai pada abad ke-8. Sebagai tambahan, Istana Ghumdan telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.


Benteng Aleppo

Potret Umat Muslim Dunia Buka Puasa di Bulan Ramadhan 2023
Penduduk setempat yang terkena dampak gempa 6 Februari menghadiri jamuan buka puasa bersama di kota Atareb di pedesaan barat provinsi Aleppo yang dikuasai pemberontak, pada 31 Maret 2023 di akhir hari puasa selama bulan suci umat Islam Ramadhan. (AFP/AAREF WATAD/AFP)

Benteng ini berlokasi di wilayah Aleppo dan telah berdiri setidaknya selama satu milenium, terutama pada masa Dinasti Ayyubid sekitar abad ke-12. Saat ini, Benteng Aleppo diakui sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.


Cochem Castle dibangun Tahun Berapa?

Kastil Reichsburg Cochem dikatakan telah dibangun pada tahun 1.000 dan tetap berdiri sampai sekarang. Dokumen-dokumen sejarah kastil itu berasal dari tahun 1051 ketika putri Ezzo dan mantan Ratu Polan, Richeza, memberikan kastil itu kepada keponakannya, Palatine, Henry I.

 


Siapa yang Tinggal di Kastil?

Melansir laman Whats the Diff, disebutkan bahwa kastil merupakan tempat tinggal bagi para bangsawan, anggota kerajaan, atau anggota gereja.


Kastil Terbuat dari Apa?

Biasanya, pembangunan kastil menggunakan bebatuan atau batu bata yang kuat. Selain itu, dinding dibuat tebal, gerbang dirancang berat serta memiliki menara tinggi untuk pengawasan. Sementara, istana menggunakan marble, emas, dan bahan pilihan lainnya untuk menunjukkan kecantikan dari istana.


Apa itu Rumah Kastil?

Kastil adalah tempat tinggal besar atau sekelompok bangunan besar yang telah dibangun dengan tembok yang kuat untuk melindungi dari serangan. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya