5 Penyebab Orang Mandiri Sulit Menjalin Hubungan, Salah Satunya Gampang Curiga

Orang-orang yang mandiri terkadang tak menyadari alasan mereka sampai saat ini sendiri. Hal ini dapat terjadi karena mereka merasa tidak layak dan gampang curiga dengan orang lain.

oleh Cicilia Afrilia Damayanti Simbolon diperbarui 21 Sep 2024, 14:03 WIB
Diterbitkan 21 Sep 2024, 14:03 WIB
5 Penyebab Orang Mandiri Sulit Menjalin Hubungan, Salah Satunya Gampang Curiga
5 Penyebab Orang Mandiri Sulit Menjalin Hubungan, Salah Satunya Gampang Curiga - Credit: unsplash.com/Elia

Liputan6.com, Jakarta - Kemandirian adalah kualitas yang sering dianggap sebagai tanda kekuatan. Orang-orang yang hidup mandiri mampu mengatur hidup mereka sendiri tanpa bergantung pada orang lain.

Mereka cenderung melakukan banyak hal sendirian dan merasa nyaman dalam kesendirian. Namun, meskipun kemandirian memiliki banyak manfaat, ada tantangan tersendiri, terutama dalam hal hubungan romantis.

Bagi banyak orang mandiri, kesenangan untuk menghabiskan waktu sendiri bisa membuat mereka sulit membuka diri kepada orang lain. Mereka seringkali merasa cukup dengan zona nyaman mereka, sehingga menjalin hubungan baru terasa menakutkan.

Ini bisa menjadi alasan mengapa mereka kesulitan menemukan pasangan, meskipun sebagian dari mereka mungkin tidak menyadari hal ini.

Melansir dari Elske, Sabtu (21/9/2024), berikut beberapa faktor yang menyebabkan orang mandiri kesulitan dalam menjalin hubungan:

1. Merasa Tidak Layak

Salah satu tantangan terbesar bagi orang yang terbiasa mandiri adalah perasaan tidak layak untuk dicintai. Mereka sering merasa lebih nyaman melakukan segala sesuatunya sendiri, sehingga ketika harus memulai komitmen, muncul rasa takut. Pikiran ini muncul karena mereka menganggap diri mereka tidak cukup baik untuk dicintai orang lain.

Dalam mencari pasangan, orang-orang mandiri cenderung sangat analitis. Mereka ingin memastikan bahwa pasangan yang dipilih benar-benar cocok dengan mereka.

Namun, jika mereka merasa tidak ada kecocokan, terutama jika pasangan terlihat lebih unggul dalam beberapa aspek, mereka akan cenderung menarik diri. Hal ini terjadi karena mereka menganggap diri mereka tidak layak untuk cinta dan perhatian dari orang lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Sering Curiga

Perempuan mandiri
Ilustrasi perempuan mandiri dengan jiwa kepemimpinan tinggi | Copyright unsplash.com/Ghaly Wedinly

Terbiasa hidup mandiri menjadikan seseorang sebagai pemikir. Dalam segala aspek kehidupan yang dijalaninya selalu dipikirkan secara matang. Tak jarang mereka memikirkan sesuatu dengan rasa tidak aman. Hal ini dilakukan untuk mengindari kesalahan yang akan terjadi.

Namun, sikap semacam ini bukan hal baik. Terutama jika memilih pasangan, jika selalu disertai dengan rasa tidak aman dan curiga, mereka hanya akan melihat hal buruk dalam hubungan. Hal ini yang membuat mereka sulit menjalin hubungan dan menjadi sendiri dalam waktu yang lama.


3. Suka Melakukan Sesuatu Sendirian

zodiak
ilustrasi perempuan bekerja/Photo by Brooke Cagle on Unsplash

Kebiasaan melakukan pekerjaan dan aktivitas sendiri menjadi kenyamanan bagi mereka yang tergolong mandiri. Bahkan, sebagain dari mereka merasa malas jika harus menghabiskan waktu dengan orang banyak. Hal ini karena mereka sudah terbiasa menyendiri.

Jika Anda adalah salah satunya, maka perlu Anda ketahui bahwa hal semacam itu adalah salah satu alasan mengapa sampai saat ini Anda sendiri. Kebiasaan menutup diri membuat Anda sulit untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain. Coba untuk membuka diri dan keluar dari zona nyaman adalah salah satu cara agar Anda dapat memulai menjalin hubungan.


4. Merasa Tidak Menemukan Kebahagiaan

perempuan single
ilustrasi perempuan single/Photo by Dmitriy Ilkevich on Unsplash

Orang-orang yang mandiri akan merasa bahagia jika apa yang mereka tekuni sendiri dapat mereka selesaikan dengan baik. Bahkan, jika hal tersebut berhasil seperti yang mereka harapan. Hal semacam ini adalah pola pikir yang baik, tetapi akan menjadi bumerang bagi mereka untuk menentukan pasangan.

Mereka akan sulit untuk berkomitmen karena orang yang mandiri akan berorientasi untuk dirinya. Ketika mereka menghadapi masalah, yang dilakukan adalah mencoba menyelesaikan sendiri tanpa melakukan komunikasi dengan pasangannya. Hal semacam ini yang membuat pasangan merasa tidak dihargai. Pada akhirnya Anda akan menyendiri lagi.


5. Cenderung Menarik Orang yang Membutuhkan

teman rekan kerja percakapan
ilustrasi perempuan ngobrol/Photo by Christina @ wocintechchat.com Unsplash

Bukan tidak mungkin orang yang mandiri memiliki hubungan romantis. Bahkan, pasangan memperoleh hubungan dalam waktu yang lama. Hal ini terjadi karena keduanya memahami dan menghargai satu sama lain.

Berbeda dengan orang yang mandiri, tetapi mencari pasangan yang dianggap membutuhkan dirinya. Sebab, bagi orang mandiri menginsipirasi dan menjadi penolong adalah hal yang menarik. Namun, hal semacam ini tidak menjadi baik jika yang merasa dibutuhkan hanya satu pihak.

Sedangkan, pihak yang lainnya merasa tidak dibutuhkan. Bahkan, hal ini dapat membuat seseorang berpikir bahwa hubungannya sudah tak sejalan lagi.

Infografis Tips Cari Cinta di Aplikasi Kencan Online
Infografis Tips Cari Cinta di Aplikasi Kencan Online. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya