Binance Gandeng Polisi Perangi Penipuan Terkait Kripto, Dimulai dari Kampanye di Hong Kong

Binance meluncurkan kampanye anti-penipuan terkait kripto dengan menggandeng lembaga penegak hukum di seluruh dunia.

oleh Elga Nurmutia diperbarui 05 Mar 2023, 13:51 WIB
Diterbitkan 05 Mar 2023, 13:51 WIB
Binance Umumkan Kampanye untuk Perangi Penipuan Kripto
Pertukaran cryptocurrency Binance mengumumkan kampanye untuk memerangi penipuan terkait kripto.(Foto: Kanchanara/Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Binance telah meluncurkan Kampanye Anti Penipuan yang bekerja sama dengan lembaga penegak hukum di seluruh dunia untuk melawan "tren kenaikan yang mengkhawatirkan" dalam penipuan terkait kripto.

"Sejauh ini, proyek tersebut telah mencapai hasil yang luar biasa,” klaim Binance, dikutip dari Bitcoin, Minggu (5/3/2023).

Pertukaran cryptocurrency Binance mengumumkan pada Jumat baru-baru ini meluncurkan kampanye untuk memerangi penipuan terkait cryptocurrency dalam kemitraan dengan lembaga penegak hukum.

Memperhatikan tren kenaikan yang mengkhawatirkan baik dalam penipuan tradisional maupun terkait kripto, Binance mengatakan telah terlibat dalam diskusi dengan lembaga penegak hukum di seluruh dunia tentang cara memerangi dan mencegah kejahatan semacam itu.

"Kami baru-baru ini meluncurkan Kampanye Anti-Penipuan dalam kemitraan dengan lembaga penegak hukum di seluruh dunia," tulis Binance.

Kampanye ini dimulai di Hong Kong di mana Binance bekerja dengan polisisetempat untuk membangun peringatan yang ditargetkan dan pesan pencegahan kejahatan yang menyertakan tip bermanfaat, contoh penipuan yang paling umum, dan sumber daya serta kontak yang relevan.

Perusahaan cryptocurrency global ini mengklaim bahwa sejauh ini, proyek telah mencapai hasil yang luar biasa, dalam empat minggu pertama sejak peluncurannya, sekitar 20,4 persen pengguna telah mempertimbangkan kembali penarikan atau meninjau apakah transaksi membawa risiko penipuan. 

Biro Kejahatan Keamanan dan Teknologi Cyber ​​(CSTCB) untuk Kepolisian Hong Kong dikutip oleh Binance mengatakan, polisi Hong Kong menekankan pada pencegahan kejahatan yang efektif. 

"Polisi Hong Kong menekankan pada pencegahan kejahatan yang efektif. Akibatnya, kami bergabung dengan pemangku kepentingan yang berbeda, termasuk Binance, untuk memberikan saran pencegahan kejahatan utama kepada pengguna yang relevan," ujar Binance.

Binance menuturkan, sekarang sedang melihat untuk bekerja sama dengan lembaga penegak hukum di wilayah lain. sambil mempromosikan inisiatif anti-penipuan lainnya, menyimpulkan:

 


Penipuan Kripto Sedang Meningkat

Ilustrasi Mata Uang Kripto atau Crypto. Foto: Freepik/Pikisuperstar
Ilustrasi Mata Uang Kripto atau Crypto. Foto: Freepik/Pikisuperstar

"Kampanye Anti-Penipuan melengkapi prakarsa anti-kejahatan dan pencegahan kejahatan kami yang sudah ada di seluruh dunia," kata dia.

Inisiatif anti penipuan crypto exchange atau pertukaran kripto yang ada termasuk bantuan penegakan hukum operasional umum dan Program Pelatihan Penegakan Hukum Global yang diumumkan tahun lalu.

Perusahaan analitik data Blockchain, Chainalysis, menerbitkan laporan minggu lalu yang menyatakan bahwa pendapatan penipuan kripto turun 46 persen pada 2022. 

Namun, beberapa jenis penipuan kripto sedang meningkat, termasuk penipuan penyembelihan babi yang sangat populer yang dilakukan oleh Biro Investigasi Federal (FBI) AS telah berulang kali memperingatkan tentang itu.

Sementara itu, Binance dan platform afiliasinya Binance US, sebuah entitas terpisah, saat ini sedang diselidiki oleh senator AS tentang praktik bisnis yang berpotensi ilegal.


Regulasi Makin Ketat, Binance Pikir-Pikir Cerai dengan Mitra AS

Dok: Binance
Dok: Binance

Sebelumnya, raksasa kripto, Binance Holdings Ltd. sedang mempertimbangkan untuk mengakhiri hubungan dengan mitra bisnis AS karena regulator di negara tersebut memanas.

Dilansir dari Yahoo Finance, Selasa (21/2/2023), menurut seseorang yang mengetahui masalah tersebut, Binance sedang mempertimbangkan mundur setelah hubungannya dengan mitra perbankan utama dan penerbit stablecoin mengalami masalah di tengah pengawasan ketat dari pihak berwenang.

Binance telah diperiksa oleh Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC), Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS (CFTC), dan Departemen Kehakiman dan Internal Revenue Service.

Binance Holdings sedang mempertimbangkan apakah akan memutuskan hubungan dengan perusahaan perantara seperti bank dan perusahaan jasa dan menilai kembali investasi modal ventura di AS, menurut orang tersebut, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya membahas detail yang belum dipublikasikan. 

“Binance juga akan mempertimbangkan delisting token dari setiap proyek yang berbasis di AS, termasuk Circle's stablecoin USD Coin,” kata orang itu.

 

 


CEO Binance Changpeng Zhao Tinjau Proyek

CEO Binance, Changpeng Zhao. Dok: Binance
CEO Binance, Changpeng Zhao. Dok: Binance

Binance Holdings tidak berwenang untuk melayani pelanggan kripto di AS. Sebaliknya, ada Binance US, pertukaran yang jauh lebih kecil yang mengklaim independen dan mengatakan tidak memiliki rencana untuk meninggalkan AS.

Chief Executive Officer, Binance Changpeng Zhao, yang dikenal sebagai CZ, mengisyaratkan potensi mundur awal pekan ini. 

“Mengingat ketidakpastian peraturan yang sedang berlangsung di pasar tertentu, kami akan meninjau proyek lain di yurisdiksi tersebut untuk memastikan pengguna kami terlindungi dari bahaya yang tidak semestinya,” kata Zhao Senin di Twitter setelah Paxos Trust Co. mengumumkan akan berhenti mengeluarkan stablecoin bermerek Binance. .

Pada Jumat, Zhao kembali menulis cuitan, Binance telah menarik kembali beberapa investasi potensial, atau tawaran pada perusahaan yang bangkrut di AS untuk saat ini. 

Binance mengakhiri 2022 dengan sangat baik, memposisikan dirinya sebagai pertukaran yang relatif tidak terpengaruh oleh musim dingin kripto. Setelah FTX gagal, Binance memperkuat dominasinya di pasar. Pada Januari 2023, Binance menyumbang 55 persen dari perdagangan spot dunia kripto, menurut data CryptoCompare.

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya