Perusahaan Kripto Arca Pangkas 30 Persen Jumlah Karyawan

Juru bicara perusahaan mengatakan penyesuaian jumlah karyawan akan memungkinkan perusahaan untuk mempertahankan modal

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 08 Jun 2023, 07:28 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2023, 07:28 WIB
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital.
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan pengelola investasi kripto atau hedge fund, Arca telah memberhentikan 30 persen stafnya dengan alasan berlanjutnya musim dingin kripto dan ketidakpastian peraturan.

“Pertumbuhan sulit diprediksi di pasar beruang yang diperpanjang ini dan lingkungan peraturan yang tidak pasti,” kata juru bicara Arca, dikutip dari CoinDesk, Rabu (7/6/2023). 

Juru bicara tersebut menambahkan, penyesuaian jumlah karyawan akan memungkinkan perusahaan untuk mempertahankan modal dan sumber daya yang memberi peluang sukses yang lebih besar hingga sektor ini mengalami pergeseran sentimen dan gambaran regulasi yang jelas.

Menurut LinkedIn, hedge fund yang berbasis di Los Angeles saat ini memiliki 66 karyawan. Didirikan pada 2018, perusahaan mengumpulkan USD 10 juta atau setara Rp 148,6 miliar (asumsi kurs Rp 14.862 per dolar AS) dalam putaran pendanaan Seri A pada 2021.

Arca memiliki dua divisi terpisah, divisi manajemen investasi Arca Investments dan divisi yang berfokus pada inovasi dalam sektor kripto yaitu Arca Labs.

Arca menjadi salah satu perusahaan kripto yang melakukan PHK pada tahun ini. Sebelumnya perusahaan game kripto di Australia, Immutable memangkas 11 persen tenaga kerjanya, menurut surat pengumuman perusahaan kepada karyawan pada Februari 2023.

Kemudian, pertukaran kripto Luno yang dimiliki perusahaan Digital Currency Group memangkas 35 persen dari total tenaga kerjanya pada Januari 2023. PHK di Luno, mengatakan pengurangan tersebut akan berdampak pada lebih dari 330 pegawai dari sekitar 960 total pegawai.


Bank Ramah Crypto Silvergate akan PHK 230 Pekerja

Koin Kripto atau Crypto. Disimak harga kripto hari ini.
Koin Kripto atau Crypto. Disimak harga kripto hari ini.

Silvergate Capital secara signifikan akan mengurangi jumlah karyawannya, meninggalkan perusahaan dengan pekerja yang lebih sedikit untuk mengelola likuidasi bank yang ramah crypto ini.

Rencananya 230 karyawan akan masuk daftar pemutusan kerja, diikuti aksi PHK tambahan di akhir tahun. Bahkan melalui pengajuan ke Securities and Exchange Commission (SEC), perusahaan mengatakan hanya akan memiliki 80 karyawan.

Pemberi pinjaman perusahaan yang berbasis di California, Silvergate Bank, tutup pada bulan Maret. Pemberi pinjaman yang melayani banyak klien crypto-native seperti Coinbase, Circle, Paxos, dan Gemini. 

Perusahaan juga mengoperasikan platform instan, SEN, yang banyak digunakan oleh klien institusional bank.

"Karyawan Silvergate yang tersisa nantinya akan membantu mengurusi aset perusahaan yang tersisa, melayani berbagai pertanyaan peraturan, dan menangani penyelidikan terhadap bank dan perusahaan induknya," mengutip penjelasan perusahaan melansir yahoo finance, Jumat (12/5/2023).

Pada kuartal fiskal terakhir tahun 2022, Silvergate mengungkapkan kliennya menarik USD 14 miliar dari pemberi pinjaman setelah runtuhnya kerajaan crypto Sam Bankman-Fried, FTX.

Untuk mengatasi kesibukan penarikan, ia menipiskan portofolio sekuritas utangnya dan mengambil pinjaman yang cukup besar dari bank yang disponsori pemerintah, memicu kritik dari beberapa anggota parlemen.

Langkah PHK yang diumumkan saat ini lebih besar daripada PHK yang dilakukan oleh Silvergate pada Januari lalu. Pada saat itu, perusahaan memberhentikan 200 karyawan, pengurangan 40% untuk menghadapi “lingkungan makro yang menantang”.

 


Belum Bisa Penuhi Kewajiban

Kripto atau Crypto. Foto: Unsplash/Traxer
Kripto atau Crypto. Foto: Unsplash/Traxer

Saham Silvergate anjlok pada bulan Maret setelah perusahaan menunda pengajuan ke SEC dan menimbulkan pertanyaan tentang kemampuannya untuk melanjutkan kelangsungan usaha. Menjelang likuidasi sukarela, Silvergate menjadi salah satu saham yang paling pendek di Wall Street.

Silvergate mengatakan pihaknya masih belum dapat memenuhi kewajiban pengarsipannya, menambahkan pihaknya tidak berharap untuk menghasilkan laporan keuangan yang telah diaudit dalam upaya untuk meminimalkan biaya. Selain itu, bank mengatakan telah menjual semua sekuritas utangnya, menahan dana lebih dari yang dibutuhkan untuk membayar deposan.


Aset

Ilustrasi Crypto
Ilustrasi Crypto

Penutupan bank dirasakan di seluruh industri aset digital sebagai salah satu bank terkemuka yang ramah crypto. Tetapi penutupan Silvergate sebagian besar dibayangi masalah berikutnya yang menimpa bank lain, di mana Signature Bank dan Silicon Valley Bank (SVB) gagal beberapa hari kemudian.

Pada akhir tahun lalu, Silvergate memiliki total aset sekitar USD 11 miliar dolar, menurut Ycharts. Angka tersebut mewakili penurunan 29 persen dibandingkan tahun lalu ketika industri aset digital sedang booming.

Sebagai perbandingan, Signature dan SVB jauh lebih besar. Signature dan SVB masing-masing memiliki total aset sekitar USD 110 miliar dan USD 209 miliar pada akhir tahun lalu.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya