Binance Dikabarkan PHK Lebih dari 1.000 Karyawan

PHK ini terjadi di tengah pengawasan dari pada regulator di dunia kepada Binance.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 15 Jul 2023, 11:42 WIB
Diterbitkan 15 Jul 2023, 11:42 WIB
Binance Dikabarkan PHK Lebih dari 1.000 Karyawan
llustrasi Kripto atau Crypto. Foto: Freepik

Liputan6.com, Jakarta - Pertukaran kripto terbesar di dunia dilaporkan telah memberhentikan lebih dari 1.000 karyawan di tengah gugatan blockbuster dari Securities and Exchange Commission (SEC) serta tindakan penegakan yang akan datang dari Departemen Kehakiman AS.

Pemberhentian ini telah terjadi selama beberapa minggu terakhir, menurut sebuah sumber yang berbicara dengan The Wall Street Journal, dan pada akhirnya dapat mengurangi staf Binance sekitar 8.000 hingga sepertiga. Seorang karyawan di perusahaan tersebut membenarkan PHK tetapi tidak menyebutkan angka pastinya.

Pertukaran kripto yang dipimpin oleh pendiri dan CEO Changpeng Zhao, sebelumnya telah mengakui pemberhentian karyawan pada Mei, tak lama sebelum SEC mengajukan 13 tuntutan terhadap Binance dan Zhao pada awal Juni. 

Jumlah PHK belum pernah dilaporkan sebelumnya, tetapi perwakilan perusahaan telah mengklaim langkah tersebut. Seorang juru bicara Binance membenci pernyataan perusahaan yang sama yang dikeluarkan ketika laporan PHK pertama kali dipublikasikan. 

"Ini bukan masalah penyesuaian, melainkan mengevaluasi kembali apakah kita memiliki bakat dan keahlian yang tepat dalam peran penting," kata juru bicara tersebut, dikutip dari Yahoo Finance, Sabtu (15/7/2023).

Pemberhentian yang dilaporkan ini mengikuti kepergian eksekutif kunci Kamis lalu sebagai tanggapan atas penanganan Zhao atas penyelidikan Departemen Kehakiman terhadap dirinya dan bursa. 

Para eksekutif yang mengajukan pengunduran diri termasuk penasihat umum Binance, Hon Ng, chief strategy officer Patrick Hillmann, dan SVP untuk kepatuhan Steven Christie. Matthew Price, yang mengawasi penyelidikan dan intelijen global, telah keluar dari Binance lebih awal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pangsa Pasar Global Binance Turun 8 Persen Sejak Awal 2023

Binance
Binance. Photo: Kanchanara/unsplash

Sebelumnya, pangsa pasar Binance, pertukaran mata uang kripto terbesar di dunia, dan afiliasinya di Amerika Serikat (AS) telah menyusut tahun ini, karena mereka melawan serangan dari tindakan keras regulator.

Bulan lalu, Binance terkena gugatan oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS karena diduga melanggar aturan regulator, mendorong pangsa pasar globalnya menjadi 52 persen dari 60 persen pada awal tahun, menurut perusahaan data Kaiko. Ini berarti pangsa pasar Binance turun 8 persen sejak awal 2023.

Binance telah mulai mengalami penurunan pangsa pasar pada Maret setelah langkahnya untuk mengakhiri transaksi tanpa biaya untuk beberapa pasangan perdagangan, kata seorang analis di Kaiko, Dessislava Aubert. 

"Pangsa pasar Binance telah berpindah ke berbagai bursa kripto dengan Bybit dan OKX yang terbaik," kata Aubert, dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (8/7/2023).

Binance US, mitra Binance independen, telah melihat pangsa pasar AS merosot menjadi 0,9 persen pada 26 Juni dari lebih dari 22 persen pada April setelah pertukaran memberi pelanggannya tenggat waktu 13 Juni untuk menarik dana dolar mereka sebagai SEC meminta pengadilan untuk membekukan asetnya.

Melawan tren, pangsa pasar Coinbase AS melonjak pada Juni menjadi 55 persen dari 48,4 persen, karena bursa tersebut dinamai sebagai mitra pengawasan oleh Fidelity dan manajer aset lainnya dalam mengajukan ETF bitcoin spot. 

Volume spot kripto secara keseluruhan merosot pada kuartal kedua ke level terendah sejak 2020, kata Kaiko, bahkan ketika bitcoin menguat menjelang akhir kuartal untuk mencapai puncak satu tahun sebesar USD 31.458 atau setara Rp 474,4 juta sebagai serentetan proposal dari manajer aset utama termasuk BlackRock. sentimen terangkat.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.


Regulator Jerman Tolak Lisensi Binance

Ilustrasi binance (Foto: Kanchanara/Unsplash)
Ilustrasi binance (Foto: Kanchanara/Unsplash)

Sebelumnya, regulator Jerman telah memberi tahu Binance mereka tidak akan memberikan lisensi penyimpanan mata uang kripto, pada Kamis, 29 Juni 2023. Penolakan lisensi ini jadi yang terbaru dialami Binance di tengah tekanan dari regulator di berbagai negara.

Dilansir dari Yahoo Finance, Jumat (30/6/2023). Binance mendapat tekanan dari regulator di seluruh dunia. Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) bulan ini menggugat Binance dan CEO nya Changpeng Zhao atas apa yang disebut regulator sebagai "jaring penipuan" untuk menghindari undang-undang AS, tetapi Binance menangkal tuduhan tersebut.

Regulator Jerman, BaFin, mengeluarkan pernyataan yang menolak mengomentari masing-masing perusahaan karena kerahasiaan. Binance mengatakan tidak akan membagikan detail percakapan dengan regulator, tetapi menyebut akan terus bekerja untuk memenuhi persyaratan BaFin.

BaFin pada 2021 memperingatkan Binance mereka berisiko didenda karena menawarkan kripto tertentu kepada klien di Jerman tanpa informasi yang diperlukan.

Finance Forward pertama kali melaporkan berita tentang lisensi Jerman. Masalah telah meningkat untuk Binance dalam beberapa minggu terakhir. Pekan lalu, regulator FSMA Belgia memerintahkan Binance untuk berhenti menawarkan layanan mata uang virtual apa pun di negara tersebut.

Prancis juga menyelidiki Binance, yang telah memutuskan untuk keluar dari pasar Belanda karena tidak dapat memenuhi persyaratan pendaftaran untuk beroperasi sebagai penyedia layanan aset virtual.

 


Regulator Belgia Minta Binance Setop Operasi

Dok: Binance
Dok: Binance

Sebelumnya, regulator jasa keuangan dan pasar Belgia (FSMA) pada Jumat, 23 Juni 2023 memerintahkan Binance untuk berhenti menawarkan layanan mata uang virtual apa pun di negara tersebut, menambah tekanan pada pertukaran cryptocurrency terbesar di dunia.

Binance, yang didirikan oleh Changpeng Zhao di Shanghai pada 2017, telah tumbuh mendominasi industri kripto tetapi juga menghadapi pengawasan dari regulator yang ingin menekan pencucian uang.

“Binance menawarkan dan menyediakan layanan pertukaran di Belgia antara mata uang virtual dan mata uang legal, serta layanan dompet penyimpanan, dari negara-negara yang bukan anggota Area Ekonomi Eropa,” kata FSMA, dikutip dari Channel News Asia, Senin (26/6/2023).

Oleh karena itu, FSMA memerintahkan Binance untuk berhenti, dengan segera, menawarkan atau menyediakan setiap dan semua layanan semacam itu di Belgia. 

Awal bulan ini, Binance dan Binance US menandatangani perjanjian dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS untuk memastikan aset pelanggan AS tetap berada di Amerika Serikat sampai tuntutan hukum yang diajukan bulan ini oleh SEC diselesaikan.

Prancis juga menyelidiki Binance, yang telah memutuskan untuk keluar dari pasar Belanda karena tidak dapat memenuhi persyaratan pendaftaran untuk beroperasi sebagai penyedia layanan aset virtual.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya