Proyek Mata Uang Digital Bank Sentral Lintas Negara Raih Batas Minimum, Bisa Dipakai Transaksi?

Project MBridge telah menandai capaian baru. Salah satunya dengan tercapainya batas minimum produk yang layak atau minimum viable product (MVP).

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 10 Jun 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 10 Jun 2024, 06:00 WIB
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital.
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Proyek mata uang digital bank sentral atau Central Bank Digital Currency (CBDC) lintas negara, Project MBridge telah menandai capaian baru. Salah satunya dengan tercapainya batas minimum produk yang layak atau minimum viable product (MVP).

Tahapan ini menjadi penanda krusial agar mata uang digital resmi bank sentral ini bisa digunakan untuk transaksi lintas negara. Platform transaksi CBDC itu kini menampilkan serangkaian fungsi dasar dalam infrastrukturnya.

Perlu diketahui, Project MBridge ini memulai uji coba pada 2021 dengan kolaborasi Bank of Thailand, Bank Sentral Uni Emirat Arab, Bank Rakyat Tiongkok (PBOC), dan Otoritas Moneter Hong Kong (HKMA). Proyek tersebut kini telah siap untuk transaksi nilai riil perantara, menurut siaran pers yang dikeluarkan oleh Bank for International Settlements (BIS).

"Masing-masing institusi yang terlibat di Mbridge kini menjalankan node validator di platform, dan, sambil menunggu persetujuan peraturan di setiap yurisdiksi, mereka dapat memindahkan nilai melalui jaringan," sebagaimana dikutip dari Yahoo Finance, Senin (10/6/2024).

Dalam laporan tersebut, pada Februari lalu, proyek ini mencapai tonggak sejarah ketika digunakan untuk menyelesaikan penyelesaian lintas batas dirham digital pertama, dengan membayar USD 13,6 juta langsung ke Tiongkok.

Undang Swasta

Tahap baru ini juga mencakup penambahan Bank Sentral Saudi sebagai peserta penuh dalam proyek tersebut, memperluas cakupannya ke pasar perdagangan bernilai miliaran dolar. BIS kini mengundang perusahaan-perusahaan swasta yang ingin berkontribusi pada proyek ini, sehingga memungkinkan proposal yang dapat berinovasi dan membantu platform tersebut “mencapai potensi penuhnya.”

Mbridge, yang bertujuan untuk menggunakan jalur CBDC untuk mengatasi inefisiensi dan kompleksitas sistem pembayaran berbasis bank saat ini. Diantaranya, termasuk kelambatan, biaya tinggi, dan waktu penyelesaian yang lama, telah membangkitkan kekhawatiran mengenai kemungkinan-kemungkinan lainnya.

Sementara itu, ada kekhawatiran mengenai karakter dari sistem ini, yang dinilai dapat membuka jalan bagi yuan digital Tiongkok untuk menantang dolar AS dalam perdagangan internasional. Lebih lanjut, para ahli juga mencatat bahwa sanksi tidak dapat diterapkan pada jaringan ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengembangan CBDC Bank Sentral Qatar

Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Diberitakan sebelumnya, Semakin banyak negara yang tertarik untuk menerbitkan mata uang digital bank sentralnya. Bank Sentral Qatar baru-baru ini mengumumkan penyelesaian tahap pengembangan infrastruktur mata uang digital bank sentral (CBDC).

Dilansir dari Bitcoin.com, Jumat (7/6/2024), menurut laporan berita resmi, proyek CBDC Qatar akan berfungsi untuk mengimbangi pesatnya perkembangan global di bidang ini.

Proyek ini tampaknya merupakan CBDC grosir, karena bank tersebut mengumumkan akan mulai menguji implementasi pengembangan ini pada Oktober 2024 dengan bank-bank nasional dan internasional, menguji transaksi pembayaran besar dalam lingkungan percobaan.

Percontohan CBDC Qatar akan fokus pada adopsi kelembagaan, peningkatan akses ke pasar modal bagi bank-bank yang beroperasi di negara tersebut, meningkatkan penyelesaian domestik, dan meningkatkan efisiensi transaksi sekuritas sebagai tujuan proyek ini.

 


Gunakan Teknologi Blockchain

Langkah ini merupakan bagian dari strategi nasional yang melibatkan teknologi baru seperti blockchain dan kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan likuiditas Qatar di pasar modal keuangan, dengan mempertimbangkan aspek keamanan informasi.

Hasil dari tahap eksperimen mendatang ini akan dipertimbangkan dalam mengidentifikasi kasus penggunaan utama yang akan diadopsi oleh bank sentral untuk meningkatkan kemampuan sistem keuangan Qatar saat ini di masa depan.

Sebelumnya, bank tersebut telah membuat pernyataan terkait eksplorasi bank digital dan mata uang digital bank sentral.

Pada 2022, kepala divisi fintech bank, Alanood Abdullah Al Muftah, mengklarifikasi bank akan mempelajari elemen-elemen tersebut, namun menekankan keputusan untuk menerbitkan CBDC masih dipertimbangkan dan tidak akan diambil sampai setelah memeriksa semua keadaan di sekitarnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya