Pagoda Bersalut Emas di Myanmar

Pagoda Shwe Dagon diyakini mempunyai kekuatan magis sehingga tidak ambruk meski diguncang gempa berkekuatan hebat delapan kali. Pagoda setinggi 99 meter ini dilapisi emas murni sebanyak 142 kilogram dan batu berlian.

oleh Liputan6 diperbarui 05 Mar 2006, 09:24 WIB
Diterbitkan 05 Mar 2006, 09:24 WIB
050306apagoda.jpg
Liputan6.com, Yangon: Salah satu obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi di Yangon, Myanmar adalah Pagoda Shwe Dagon. Pagoda terletak sekitar 51 meter di atas bukit ini berlapis emas murni sebanyak 142 kilogram. Keindahan tempat bangunan setinggi 99 meter ini makin tampak dengan hiasan berlian yang terpajang.

Pagoda Shwe Dagon bagaikan oase bagi umat Budha Myanmar saat menghadapi kepenatan hidup. Warga setempat sangat meyakini jika tempat ibadah ini mempunyai kekuatan magis sangat besar. Hal itu terbukti dengan masih tegaknya bangunan kuno ini meski diguncang gempa bumi berkekuatan hebat sebanyak delapan kali.

Pemeluk Budha juga percaya, karma kebaikan akan melimpah dengan berdoa di Pagoda Shwe Dagon. Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra sempat berdoa pagoda ini sesaat sebelum terpilih. Saat melawat ke Myanmar, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ani Yudhoyono pun menyempatkan diri berkunjung.

Legenda Shwe Dagon bermula dari kedatangan dua orang Myanmar membawa rambut suci Sang Budha dari India. Namun tak ada yang mengetahui Pagoda Shwe Dagon berdiri. Keberadaan pagoda baru diketahui pada Abad XIV. Sejak itu tempat ibadah umat Budha ini terus direnovasi. Hingga akhirnya pagoda ini dibalur emas murni pada tahun 1900-an.(JUM/Sella Wangkar)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya