Rekaman Cahaya Misterius Hebohkan Langit California

Warga panik dan takut. Pihak kepolisian banyak menerima panggilan darurat beragam hal dari mulai kilatan cahaya, komet hingga nuklir.

oleh Arie Mega Prastiwi diperbarui 08 Nov 2015, 14:07 WIB
Diterbitkan 08 Nov 2015, 14:07 WIB
Cahaya Misterius Hebohkan Langit California
Cahaya Misterius Hebohkan Langit California (Twitter: @aaronsmith4848/BBC)

Liputan6.com, California - Cahaya terang misterius di angkasa membuat heboh warga Negara Bagian California, pada Sabtu 7 November 2015 malam waktu setempat. Angkatan Laut Amerika Serikat mengatakan cahaya itu berasal dari uji rudal.

Cahaya tersebut dapat dilihat di pesisir California, terutama di kawasan Orange County yang berjarak 58 kilometer sebelah tenggara Kota Los Angeles.

Tayangan video yang diunggah ke dunia maya memperlihatkan cahaya itu melesat dengan cepat disusul kilat biru berbentuk kerucut.

Surat kabar the San Diego Union-Tribune menyebutkan bahwa kepolisian menerima sejumlah panggilan telepon yang melaporkan beragam hal, mulai dari kilatan cahaya, komet, sampai bom nuklir.

Harian itu juga menuturkan cahaya terang di angkasa terlihat bukan hanya di California, melainkan sampai ke Negara Bagian Nevada dan Arizona.

Belakangan, juru bicara Angkatan Laut Amerika Serikat, Ryan Perry, mengatakan kepada the San Diego Union-Tribune cahaya itu berasal dari uji rudal yang ditembakkan sebuah kapal selam di lepas pantai California.

Perry menambahkan uji rudal dilakukan untuk memastikan keandalan sistem keamanan, seperti dilansir dari BBC, Minggu (8/11/2015)

Sebelum Angkatan Laut memberi konfirmasi, badan penerbangan sipil AS (FAA) menyebutkan penerbangan malam hari dari dan menuju Bandara Internasional Los Angeles diminta untuk menghindari rute Samudera Pasifik di bagian barat bandara.

FAA tidak menjelaskan alasan tindakan itu, namun mengindikasikan terdapat aktivitas militer. 

Media-media di California mengkonfirmasikan bahwa cahaya itu berasal dari misil Triden yang ditembakkan dari kapal selam USS Kentucky.

Cahaya Misterius Hebohkan Langit California (Twitter /BBC)

Salah satu saksi mata, penyanyi terkenal AS Josh Groban berikicau dalam Twitter-nya. Ia mengaku kaget melihat kilatan cahaya itu. 

"Pantai California. Apakah kalian melihat itu? #UFO", begitu kicaunya. (Rie/Yus)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya