Jumlah Kasus Penyebaran Corona COVID-19 di Brasil Sentuh Angka 2 Juta

Pada hari Kamis kemarin, jumlah kasus Corona COVID-19 yang dikonfirmasi di Brasil mencapai 2.012.151, sementara kematian mencapai 76.688. Kenaikan ini terjadi kurang dari satu bulan.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 17 Jul 2020, 09:45 WIB
Diterbitkan 17 Jul 2020, 08:32 WIB
FOTO: Presiden Brasil Jair Bolsonaro Positif Terinfeksi COVID-19
Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengenakan masker saat konferensi pers mengenai pandemi virus corona COVID-19 di Istana Planalto, Brasilia, Brasil, 20 Maret 2020. Bolsonaro kerap menganggap ringan COVID-19 kendati Brasil menjadi salah satu pusat penyebaran COVID-19 dunia. (Sergio LIMA/AFP)

Liputan6.com, Brasilia - Brasil pada Kamis, 16 Juli 2020 melewati 2 juta kasus Virus Corona COVID-19 yang dikonfirmasi, dengan sedikit tanda bahwa tingkat kenaikannya akan melambat dalam waktu dekat.

27 hari telah berlalu sejak Brasil memiliki wabah terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat, sudah mencapai satu juta kasus.

Dalam beberapa minggu terakhir, ada hampir 40.000 kasus baru yang dikonfirmasi per hari, menurut angka pemerintah, demikian dikutip dari laman Channel News Asia, Jumat (17/7/2020).

Pada hari Kamis kemarin, jumlah kasus yang dikonfirmasi di Brasil mencapai 2.012.151, sementara kematian mencapai 76.688. Kenaikan ini terjadi kurang dari satu bulan.

Di kedua negara, penularan telah meledak karena virus telah mendapatkan menyebar di daerah-daerah baru yang jauh dari kota-kota terbesar.

Terlepas dari penyebaran virus yang cepat, Bolsonaro telah menekan pemerintah daerah untuk mencabut pembatasan kuncian.

Bolsonaro, yang dites positif mengidap virus itu pekan lalu, telah mengecilkan risiko kesehatannya dan berjuang melawan perintah pengelompokan sosial, menyebut dampak ekonomi mereka lebih buruk daripada penyakit itu sendiri. Di bawah tekanan, banyak gubernur dan walikota telah melonggarkan pembatasan dalam beberapa pekan terakhir, dan itu malah memicu wabah yang lebih besar.

Jajak pendapat menunjukkan popularitas Bolsonaro telah menurun selama pandemi. Warga Brasil yang melihat pemerintahannya buruk atau mengerikan telah meningkat menjadi 44 persen, menurut survei akhir Juni oleh jajak pendapat Datafolha. Itu naik dari 38 persen di bulan April dan 36 persen di bulan Desember.

"Pemerintah tidak bergerak meskipun krisis kesehatan terjadi. Mereka lebih memikirkan uang daripada tentang kesehatan orang," kata Rafael Reis dari Rio de Janeiro, yang kehilangan ibunya yang berusia 71 tahun karena Corona COVID-19.

"Mereka mengejek virus itu. Mereka tidak percaya pada itu. Mereka ingin semua orang kembali ke jalan."

Di beberapa kota besar seperti Rio de Janeiro dan Sao Paulo, di mana wabah pertama kali muncul di Brasil, kasus harian baru telah stabil dan bahkan mulai menurun perlahan. Namun, itu telah diimbangi dengan memburuknya wabah di daerah lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak video pilihan berikut:


Kota di Brasil dengan Penyebaran Tinggi

Patung Christ the Redeemer
Patung Christ the Redeemer terlihat menyala untuk memberikan penghormatan kepada korban virus corona di Rio de Janeiro, Brasil, Rabu (1/7/2020). Covid-19 telah menewaskan sedikitnya 512.383 orang sejak pandemi itu muncul di China Desember 2019 lalu. (MAURO PIMENTEL / AFP)

Di antara negara-negara dengan wabah yang tumbuh paling cepat adalah Rio Grande do Sul dan Parana di Brasil selatan.

"Virus ini telah berevolusi tidak hanya dari waktu ke waktu, tetapi juga pada geografi," kata Roberto Medronho, seorang profesor kedokteran di Universitas Federal Rio de Janeiro.

"Kami masih belum mencapai puncaknya di Brasil karena epidemi berturut-turut ini terjadi di berbagai daerah."

Para ahli kesehatan masyarakat meningkatkan kekhawatiran tentang prospek yang memburuk di Brasil selatan, yang memiliki cuaca paling dingin selama musim dingin di belahan bumi selatan, sekarang sedang berlangsung, dan populasi yang condong lebih tua daripada bagian lain negara itu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya