Demonstrasi Anti COVID-19 di Jerman Berujung Ricuh, 300 Orang Ditangkap

Demonstrasi di Jerman juga terjadi di kota-kota Eropa lainnya dengan beberapa demonstran menyebut virus COVID-19 tipuan.

oleh Hariz Barak diperbarui 30 Agu 2020, 16:04 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2020, 16:04 WIB
Beri Hormat ala Nazi, Turis Ini Ditangkap Saat Wisata di Jerman
Ilustrasi Bendera Jerman (pixabay.com)

Liputan6.com, Berlin - Polisi di Berlin telah menangkap 300 demonstran selama protes terhadap pembatasan virus corona COVID-19 di Jerman.

Sekitar 38.000 orang turun ke jalan di kota untuk sebagian besar demonstrasi damai.

Sekitar 200 orang ditangkap pada satu unjuk rasa, yang oleh pihak berwenang dipicu oleh kelompok agitator sayap kanan yang dikatakan telah melempar batu dan botol.

Demonstrasi serupa terjadi di kota-kota Eropa lainnya dengan beberapa demonstran menyebut virus itu tipuan. Ribuan orang berkumpul di Trafalgar Square London untuk memprotes berbagai masalah termasuk pembatasan sosial terkait COVID-19 dan 5G. Tanda-tanda bertuliskan "topeng adalah moncong" dan "normal baru = fasisme baru" tampak, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (30/8/2020).

Protes serupa terjadi di Paris, Wina dan Zurich.

Di Jerman

Polisi memerintahkan satu kelompok di dekat Gerbang Brandenburg untuk membubarkan diri karena melanggar protokol kesehatan, kemudian 200 orang ditangkap setelah batu dan botol dilempar.

"Sayangnya, kami tidak punya pilihan lain," kata polisi Berlin di Twitter. "Semua tindakan yang diambil sejauh ini belum berhasil memenuhi persyaratan."

Para pengunjuk rasa berdesakan rapat di beberapa tempat, dan aksi duduk bersama di tanah dilakukan pada satu titik.

Kelompok kedua yang terdiri dari sekitar 30.000 orang bertemu dengan damai di dekatnya untuk mendengarkan pidato.

Di antara mereka yang ditangkap adalah penulis masakan dan ahli teori konspirasi Attila Hildmann, yang berbicara kepada orang banyak melalui pengeras suara.

Meskipun Jerman sejauh ini belum melihat gelombang kasus yang mempengaruhi beberapa bagian Eropa, tingkat infeksinya terus meningkat. Jumlah kasus baru COVID-19 mencapai angka tertinggi yang terakhir terlihat pada bulan April.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak video pilihan berikut:


Keponakan Presiden AS JFK Jadi Partisipan Demo di Jerman

Penumpang Transportasi Umum di Jerman Ramai-Ramai Pakai Masker
Penumpang berjalan di sepanjang peron di stasiun kereta utama di Frankfurt, Jerman, Jumat (14/8/2020). Mengenakan masker untuk melindungi diri dari corona Covid-19 adalah kewajiban di transportasi umum di Jerman. (AP Photo/Michael Probst)

Seorang sumber mengatakan, orang-orang yang memprotes di luar Kedutaan Besar Rusia di Unter den Linden adalah "ekstremis sayap kanan" dan tujuh petugas polisi telah terluka.

Beberapa pengunjuk rasa kemudian menerobos penjagaan di gedung Reichstag dan dibubarkan oleh polisi menggunakan semprotan merica.

Situs berita Jerman Deutsche Welle melaporkan bahwa bendera dan kaos pendukung sayap kanan terlihat di antara kerumunan.

Demonstrasi di sebelah barat Gerbang di Kolom Kemenangan diorganisir oleh gerakan Querdenken 711 yang berbasis di Stuttgart (atau Lateral Thinking 711). Grup ini memiliki lebih dari 16.000 pengikut di Facebook dan sebagian besar berkomunikasi melalui layanan pesan terenkripsi Telegram.

Ia percaya bahwa peraturan virus corona melanggar hak-hak dasar dan kebebasan yang diabadikan dalam konstitusi Jerman dan ingin mereka dicabut.

Kelompok itu sebelumnya mengadakan protes di Berlin pada 1 Agustus yang dijuluki "hari kebebasan". Ribuan orang bergabung, termasuk beberapa dari sayap kanan dan beberapa ahli teori konspirasi yang tidak percaya COVID-19 ada.

Protes juga mendapat dukungan dari Robert F Kennedy Jr. Juru kampanye anti-vaksinasi, juga putra mendiang calon presiden dari Partai Demokrat AS Robert F Kennedy dan keponakan dari Presiden AS John F Kennedy yang terbunuh, berada di demonstrasi di Berlin.

Kennedy mengatakan kepada kerumunan di Victory Column bahwa pamannya telah terkenal berbicara di Berlin pada tahun 1963 untuk melawan totalitarianisme dan bahwa "hari ini Berlin kembali menjadi garis depan melawan totalitarianisme", memperingatkan negara pengawasan dan kekuatan jaringan telepon 5G.

Foto yang dibagikan secara online juga menunjukkan bendera dan slogan yang terkait dengan teori konspirasi QAnon. Teori konspirasi yang luas dan tidak berdasar mengatakan bahwa Presiden AS Donald Trump sedang melancarkan perang rahasia melawan para pedofil pemuja Setan elite di pemerintahan, bisnis dan media, di antara klaim lainnya.

Peserta juga termasuk keluarga dan anak-anak. Beberapa orang mengatakan bahwa mereka hanya menginginkan hak untuk memprotes.

Seorang demonstran, Stefan, seorang warga Berlin berusia 43 tahun, mengatakan kepada Agence France-Presse: "Saya bukan simpatisan sayap kanan yang ekstrem, saya di sini untuk membela kebebasan fundamental kita."

Protes balasan terhadap pawai utama juga terjadi, dengan sekitar 100 orang di satu unjuk rasa. "Anda berbaris dengan Nazi dan Fasis," teriak beberapa peserta, menurut penyiar RBB.

 


Situasi COVID-19 di Jerman

Penumpang Transportasi Umum di Jerman Ramai-Ramai Pakai Masker
Penumpang berjalan di sepanjang peron di stasiun kereta utama di Frankfurt, Jerman, Jumat (14/8/2020). Mengenakan masker untuk melindungi diri dari corona Covid-19 adalah kewajiban di transportasi umum di Jerman. (AP Photo/Michael Probst)

Negara tersebut merupakan salah satu negara yang paling efektif dalam menegakkan kerangka respon yang disebut mencegah, mendeteksi, menahan, dan mengobati.

Ini sangat efektif dalam menjaga tingkat kematian di antara orang-orang di atas 70-an lebih rendah.

Ini mulai mengurangi jarak fisik pada awal April tetapi terus melacak infeksi, yang meningkat pada Agustus.

Pada hari Kamis, Kanselir Angela Merkel dan 16 negara bagian federal memberlakukan denda minimum € 50 (£ 45; $ 59) karena gagal mengenakan masker wajah saat dipesan. Larangan acara publik besar juga diperpanjang hingga tahun depan.

Nyonya Merkel berkata: "Kita harus hidup dengan virus ini untuk waktu yang lama. Ini masih serius." Dia mengatakan itu akan menjadi lebih menantang di musim dingin.

Jerman mencatat 242.000 infeksi, lebih sedikit dari negara-negara besar Eropa lainnya. Angka 9.297 kematiannya jauh lebih rendah daripada angka di Rusia, Inggris, Spanyol, Prancis dan Italia, penelitian Universitas Johns Hopkins menunjukkan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya