Hujan Deras dan Banjir Akibat Badai Sally Landa Carolina dan Georgia AS

Badai Sally yang memicu hujan deras dan banjir telah melanda Negara Bagian Carolina dan Georgia.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 18 Sep 2020, 12:29 WIB
Diterbitkan 18 Sep 2020, 12:29 WIB
Badai Sally akibatkan banjir di Florida.
Badai Sally akibatkan banjir di Florida: Dok: AP Photo/Gerald Herbert

Liputan6.com, Jakarta- Badai Sally membawa hujan deras dan banjir di Negara Bagian Carolina dan Georgia, dengan pergerakan lanjutnya dari wilayah Pantai Teluk Amerika Serikat.

Dilaporkan BBC News, Jumat (18/9/2020), badai itu sebelumnya telah menghantam Negara Bagian Florida dan Alabama di AS dengan gelombang hujan dan badai, menyebabkan padamnya saluran listrik, mengubah jalan setempat menjadi sungai serta membuat rumah-rumah warga terendam.

Masyarakat pesisir setempat pun memulai pengamatan mereka pada bagian-bagian yang rusak.

Satu orang diketahui tewas akibat badai Sally, sementara ratusan ribu orang lainnya menghadapi pemadaman listrik di rumah mereka. Menurut Wali Kota Tony Kennon, selain kematian yang dilaporkan di Orange Beach, satu orang juga dinyatakan hilang di sebuah kota pesisir di barat daya Alabama.

"Badai itu merupakan putaran yang luar biasa aneh yang tidak pernah kami duga sebelumnya," ungkap Kennon, kepada Washington Post.

Sementara itu, Kota Pensacola di Negara Bagian Florida, timur Orange Beach, juga mengalami dampak parah dari badai Sally. 

Banjir dengan ketinggian air hingga setinggi 1,5 meter melanda Pusat Kota Pensacola, dan mengalami gelombang badai tertinggi dalam catatan.

Kepala pemadam kebakaran Pensacola, Ginny Cranor mengatakan kepada CNN, Badai membawa "hujan dalam empat jam terjadi dalam empat bulan lamanya" ke kota itu.

Berdasarkan gambar-gambar terkait badai yang beredar, menunjukkan penduduk setempat melewati air hingga setinggi pinggang mereka, mobil-mobil dan rumah-rumah yang direndam banjir. 

Saksikan Video Berikut Ini:


Badai Kategori 2

Badai Sally akibatkan banjir di Florida.
Badai Sally akibatkan banjir di Florida: Dok: AP Photo/Gerald Herbert

Badai kategori 2 memiliki kecepatan angin 96 hingga 110 mph, menurut National Hurricane Center (NHC).

"Angin yang sangat berbahaya" dari badai kategori 2 biasanya menyebabkan kerusakan pada rumah dan pohon yang berakar dangkal, kata NHC.

Laporan media lokal juga menyebutkan, bahwa saat badai bergerak ke utara dari pantai, sekitar 550.000 penduduk setempat terlantar dengan padamnya listrik di daerah yang terkena dampak.

Selain itu, NHC juga menyatakan bahwa badai Sally diperkirakan menurunkan curah hujan hingga 25 cm di Virginia dan Carolina, dan kemungkinan akan menyebabkan banjir bandang yang meluas.

Kecepatan angin maksimum telah berkurang hingga 45 km per jam saat badai bergerak ke wilayah timur laut dengan kecepatan sekitar 33 km per jam.

Tak hanya itu, tornado juga diperkirakan akan melanda Negara Bagian Georgia, serta South dan North Carolina hingga Kamis malam.

Sally merupakan salah satu dari setidaknya lima badai di Samudra Atlantik.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya