Ucapan Selamat Pemimpin Dunia ke Joe Biden - Kamala Harris, Pemenang Pemilu Amerika 2020

Melalui sejumlah akun media sosial seperti Twitter dan Facebook, ucapan selamat kepada Joe Biden yang menang Pemilu Amerika 2020 disampaikan.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 08 Nov 2020, 08:35 WIB
Diterbitkan 08 Nov 2020, 01:48 WIB
Joe Biden yang kini menang Pemilu Amerika 2020, bersama istrinya, Jill, berbicara dengan para pendukungnya pada 4 November 2020, di Wilmington, Delaware. (Andrew Harnik / AP)
Joe Biden yang kini menang Pemilu Amerika 2020, bersama istrinya, Jill, berbicara dengan para pendukungnya pada 4 November 2020, di Wilmington, Delaware. (Andrew Harnik / AP)

Liputan6.com, Washington D.C - Joe Biden dan Kamala Harris memenangkan Pemilu Amerika 2020.

Joe Biden dinyatakan menang pemilu AS 2020. Ia mengalahkan capres petahana Donald Trump di negara-negara bagian vital seperti Pennsylvania, Michigan, dan Wisconsin. 

Berdasarkan data AP News, Sabtu 7 November 2020, Joe Biden meraih 284 suara elektoral dan total 74 juta suara. Donald Trump hanya mendapat 70 juta suara dan 214 suara elektoral. 

Ucapan selamat dari para pemimpin dunia mulai berdatangan kepada calon dari Partai Demokrat tersebut.

Melalui sejumlah akun media sosial seperti Twitter dan Facebook, ucapan selamat kepada Joe Biden yang menang Pemilu Amerika 2020 disampaikan.

Berikut di antaranya, seperti dikutip dari CNN, Minggu (8/11/2020):

1. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson:

PM Inggris, Boris Johnson selesai memberikan pernyataan pada hari pertamanya kembali bekerja setelah pulih dari virus Corona di Downing Street, London, Senin (27/4/2020). Ini menjadi kemunculan pertama PM Johnson di depan publik setelah hampir sebulan terinfeksi COVID-19.  (AP/Frank Augstein)

Melalui pesan singkatnya di Twitter, PM Boris Johnson menyampaikan ucapan selamatnya kepada calon dari Partai Demokrat yang telah mengalahkan Donald Trump.

"Congratulations @JoeBiden and @KamalaHarris," tulisnya seraya menyebut kedua akun Presiden dan Wakil AS terpilih saat ini.

"AS adalah sekutu terpenting kami, dan saya berharap dapat bekerja sama secara erat dalam prioritas bersama kami dari perubahan iklim hingga perdagangan dan isu keamanan," imbuh PM Boris Johnson.

2. Wali Kota London Sadiq Khan:

Wali Kota London Sadiq Khan (AP Photo/Matt Dunham)

Wali Kota London Sadiq Khan juga tak ketinggalan mengucapkan selamat.

"Selamat, Joe Biden dan Kamala Harris atas kemenangan yang memang pantas Anda dapatkan. London berharap dapat bekerja sama dengan Anda - inilah waktunya untuk kembali membangun jembatan, bukan tembok. Amerika-Inggris," ucapnya melalui Facebook.

3. Perdana Menteri Norwegia Erna Solberg:

Ucapan selamat juga datang dari Norwegia.

"Atas nama Pemerintah Norwegia, saya mengucapkan selamat kepada @JoeBiden atas kemenangan pemilihannya. AS adalah sekutu terpenting Norwegia dan kami bekerja sama erat di banyak bidang. Saya berharap dapat mengembangkan kerja sama kita dengan AS di bawah kepemimpinan Biden & @KamalaHarris."

4. Perdana Menteri Portugis António Costa:

"Selamat kepada Presiden Terpilih @JoeBiden. Kami berharap dapat bekerja dengan Administrasi #USA yang baru untuk memperkuat hubungan transatlantik dan bekerja sama dalam masalah global, seperti perubahan iklim, pertahanan demokrasi, dan keamanan internasional," tulis PM Portugis di Twitter.

5Claudia Lopez, Wali Kota Bogota, Kolombia:

Suka cita kemenangan Joe Biden juga dirasakan oleh Claudia Lopez, Wali Kota Bogota, Kolombia. Ia menyampaikannnya melalui sebuah unggahan di Twitter.

 

"Kamu berhasil!

Betapa bangganya bahwa seorang wanita, Afro, India, Jamaika, profesional yang hebat dan pemimpin yang luar biasa, menjadi Wakil Presiden Amerika Serikat untuk pertama kalinya!

Dengan setiap wanita yang menang, kita semua menang! #TheChangeIsImparable

Mereka menang! Kami menang!"

Kamu berhasil!

Qué orgullo que una mujer, afro, Indian, jamaiquina, gran profesional y extraordinaria líder llegué por primera vez a la Vicepresidencia de Estados Unidos!

Con cada mujer que gana, ganamos todas! #ElCambioEsImparable

Ganaron! Ganamos!

6. Perdana Menteri Belgia Alexander de Croo:

Ucapan selamat untuk Joe Biden di Twitter juga datang dari PM Belgia.

 

Selamat @JoeBiden dengan terpilihnya Anda sebagai Presiden ke-46 Amerika Serikat.

Sejumlah orang memberikan suaranya dalam pemilihan ini. Ini menggambarkan semangat kehidupan politik Amerika dan demokrasinya.

 

7. Rahul Gandhi, Pemimpin Senior Partai Oposisi Utama di India:

 

Selamat kepada Presiden terpilih @JoeBiden. Saya yakin dia akan menyatukan Amerika dan memberi arahan yang kuat.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Juga Video Ini:


Selamat untuk Sang Pencetak Sejarah Baru di Kepemimpinan AS

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau (AFP Photo)
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau (AFP Photo)

8. Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau:

 

Selamat, @JoeBiden dan @KamalaHarris. Kedua negara kita adalah teman dekat, mitra, dan sekutu. Kami berbagi hubungan yang unik di panggung dunia. Saya sangat menantikan untuk bekerja sama dan mengembangkannya dengan Anda berdua.

 

9. Nicola Sturgeon, First Minister Skotlandia:

 

Selamat dari 🏴󠁧󠁢󠁳󠁣󠁴󠁿 kepada Presiden Terpilih Joe Biden dan Wakil Presiden Terpilih Kamala Harris yang membuat sejarah 🇺🇸

Wanita pertama di Gedung Putih - dan wanita kulit berwarna pertama juga. Ini momen yang besar dan spesial.

 

10. Kyriakos Mitsotakis, Perdana Menteri Yunani:

 

Selamat kepada Presiden Terpilih AS @JoeBiden.

Joe Biden telah menjadi teman sejati Yunani dan saya yakin bahwa di bawah kepresidenannya, hubungan antar negara kita akan semakin kuat. 🇬🇷

 

11. Robert Abela, Perdana Menteri Malta:

 

Selamat atas terpilihnya sebagai POTUS @JoeBiden - selamat juga kepada @KamalaHarris sebagai vp wanita pertama di AS - sangat menginspirasi - RA

12. Menteri Luar Negeri Jerman, Heiko Maas:

"Bagus bahwa akhirnya kami memiliki beberapa angka yang jelas. Kami berharap dapat bekerja sama dengan pemerintah AS berikutnya. Kami ingin berinvestasi dalam kerja sama kami untuk permulaan transatlantik baru, kesepakatan baru," tulisnya melalui akun Twitter.

13. Presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa:

"Atas nama semua warga Zimbabwe, selamat kepada Presiden Terpilih @JoeBiden atas kemenangan pemilihannya. Zimbabwe mendoakan Anda sukses dalam memimpin rakyat Amerika. Saya berharap dapat bekerja sama dengan Anda untuk meningkatkan kerja sama antara kedua negara," ucapnya di Twitter.

14. Wali Kota Paris Anne Hidalgo:

"Selamat datang kembali Amerika! Selamat kepada @JoeBiden dan @KamalaHarris atas pemilihannya! Sementara kita akan merayakan ulang tahun ke-5 Perjanjian Paris, kemenangan ini melambangkan kebutuhan kita untuk bertindak bersama lebih dari sebelumnya, mengingat keadaan darurat iklim. 🇺🇸# Election2020".

15. Premier Irlandia - dikenal sebagai Taoiseach - Michael Martin:

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada Presiden Terpilih Amerika Serikat yang baru @JoeBiden. Joe Biden telah menjadi teman sejati bangsa ini sepanjang hidupnya dan saya berharap dapat bekerja dengannya di tahun-tahun mendatang. Saya juga menantikan untuk menyambutnya kembali ke rumah ketika keadaan memungkinkan! 🇮🇪 🇺🇸,"  ucapnya melalui akun Twitter.

16. Menteri Luar Negeri Irlandia Simon Coveney:

"Selamat kepada @JoeBiden karena telah menjadi Presiden terpilih ke-46 #USA. Kami berharap dapat bekerja sama dengan presiden #BidenHarris untuk mempertahankan & memperkuat hubungan Irlandia-Amerika, dan banyak lagi."


Peta Pemilu AS 2020 Versi VOA:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya