16-11-2001: Harry Potter untuk Pertama Kalinya Tayang di Bioskop

Pada 16 November 2001, karakter karya penulis Inggris J.K. Rowling, Harry Potter, membuat debut layar lebar dalam film Harry Potter and the Sorcerer’s Stone, yang dibuka di bioskop di seluruh Amerika Serikat.

oleh Hariz Barak diperbarui 16 Nov 2020, 06:01 WIB
Diterbitkan 16 Nov 2020, 06:01 WIB
20160404-Kursi JK Rowling saat Menulis Harry Potter Dilelang Setengah Miliar Rupiah-New York
Kursi kayu yang dipakai JK Rowling saat menulis dua buku pertama Harry Potter dipajang di Heritage Auctions, New York, 4 April 2016. Kursi yang ditandatangani sang novelis itu dibuka dengan harga US$ 45 ribu (sekitar Rp 588,8 juta). (William EDWARDS/AFP)

Liputan6.com, London - Pada 16 November 2001, karakter karya penulis Inggris J.K. Rowling, bocah penyihir berkacamata Harry Potter, membuat debut layar lebar dalam film Harry Potter and the Sorcerer’s Stone, yang dibuka di bioskop di seluruh Amerika Serikat.

Berdasarkan novel fantasi terlaris, film yang dibintangi oleh Daniel Radcliffe sebagai peran utama, kemudian menjadi salah satu film dengan pendapatan kotor tertinggi dalam sejarah, demikian seperti dikutip History, Senin (16/11/2020).

Buku Harry Potter pertama, Harry Potter and the Philosopher's Stone, memulai debutnya di Inggris Raya pada tahun 1997 dan dirilis di Amerika Serikat pada tahun berikutnya dengan nama Harry Potter and the Sorcerer’s Stone.

Anak-anak dan orang dewasa sama-sama terpikat oleh kisah Harry, teman-temannya Ron Weasley dan Hermione Granger, petualangan mereka di Sekolah Sihir Hogwarts, dan perjuangan Harry melawan musuh utamanya, Lord Voldemort sang penyihir jahat.

Rowling, yang lahir di Inggris pada tahun 1965, pertama kali mendapatkan ide untuk Harry Potter saat dia naik kereta api dari Manchester ke London pada tahun 1990. Dia mulai menulis buku pertama malam itu dan menyelesaikannya saat tinggal di Edinburgh, Skotlandia, di mana dia berjuang secara finansial sebagai ibu tunggal dan berjuang melawan depresi.

Naskah lengkapnya ditolak oleh sejumlah penerbit sebelum dia mendapat kontrak buku dengan Bloomsbury Publishing pada Agustus 1996. Rowling kemudian menulis total tujuh novel Harry Potter, yang semuanya menjadi blockbuster internasional, menjual lebih dari 400 juta eksemplar dan diterjemahkan ke dalam 60 bahasa secara keseluruhan.

Buku-buku Harry Potter itu juga melahirkan serangkaian film, video game, dan merchandise lain yang menjadikan Rowling salah satu orang terkaya di industri hiburan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak video pilihan berikut:


Film-Film Harry Potter

[Bintang] Daniel Radcliffe
Ditrailer tersebut bintang film Harry Potter tersebut nampak kikuk saat menunjukkan keahlian sulapnya. (AFP/Bintang.com)

Film Harry Potter pertama disutradarai oleh pembuat film Amerika Chris Columbus, yang sebelumnya menyutradarai Home Alone dan Mrs. Doubtfire. Sebelum terpilih untuk memerankan Harry, Daniel Radcliffe, yang lahir 23 Juli 1989, di London, pernah tampil dalam sebuah produksi BBC David Copperfield serta film 2001 The Tailor of Panama, yang dibintangi oleh Pierce Brosnan.

Aktor Inggris Rupert Grint dan Emma Watson dipilih untuk peran teman Harry Ron dan Hermione. Sejumlah aktor terkenal mengambil peran pendukung dalam film dan sekuelnya, termasuk Ralph Fiennes, Maggie Smith, Alan Rickman, Emma Thompson, Richard Harris dan Gary Oldman.

Columbus juga menyutradarai film kedua Potter, Harry Potter and the Chamber of Secrets, yang dirilis pada 2002. Sutradara Meksiko Alfonso Cuaron memimpin film ketiga, Harry Potter and the Prisoner of Azkaban, yang tayang di bioskop pada 2004.

Film keempat, Harry Potter and the Goblet of Fire, disutradarai oleh Mike Newell dan memulai debutnya pada tahun 2005, sementara pada tahun 2007 dirilis film kelima, Harry Potter and the Order of the Phoenix, yang disutradarai oleh David Yates.

Film Harry Potter keenam, Harry Potter and the Half-Blood Prince, juga disutradarai oleh Yates, dibuka pada tahun 2009. Novel ketujuh dan terakhir, Harry Potter and the Deathly Hallows, memulai debutnya di toko buku AS pada 21 Juli 2007. Ini menjadi dua film, dirilis dalam dua bagian pada tahun 2010 dan 2011.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya