Masuki Masa Lockdown Jelang Natal, Jerman Laporkan Rekor Kematian Akibat COVID-19 Tertinggi

Jerman melaporkan rekor kematian akibat COVID-19 harian tertinggi di saat negara tersebut tengah memasuki masa lockdown menjelang natal.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 17 Des 2020, 07:29 WIB
Diterbitkan 17 Des 2020, 07:29 WIB
Jerman tengah memasuki masa lockdown yang diberlakukan menjelang perayaan Natal 2020 untuk mencegah penyebaran Virus Corona COVID-19.
Jerman tengah memasuki masa lockdown yang diberlakukan menjelang perayaan Natal 2020 untuk mencegah penyebaran Virus Corona COVID-19. (Foto: Odd Andersen / AFP / Getty Images)

Liputan6.com, Berlin - Jerman telah mencatat rekor harian sebanyak 952 kematian terkait Virus Corona, ketika toko-toko dan sekolah di seluruh negeri tutup selama masa lockdown menjelang natal. 

Menurut laporan The Guardian, Kamis (17/12/2020), setelah mengalami jumlah infeksi dan kematian yang relatif rendah dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya pada musim semi, badan pengendalian penyakit Jerman telah mencatat lebih dari 400 kematian selama 11 hari berturut-turut.

Angka 952 kematian pada hari Rabu meningkat secara artifisial oleh fakta bahwa Saxony, salah satu negara bagian federal yang paling terpengaruh oleh gelombang kedua, juga memberikan angka-angka yang tidak dilaporkan oleh otoritas kesehatannya untuk hari Senin.

Bahkan tanpa 153 kematian terkait virus corona yang tercatat dari negara bagian timur, angka yang dilaporkan pada hari Rabu mewakili rekor negara itu. Puncak sebelumnya, yang dicapai kurang dari seminggu yang lalu, adalah 598.

Robert Koch Institute melaporkan 27.728 infeksi baru terjadi pada hari Rabu, naik 33% pada hari yang sama minggu lalu. Jumlah total infeksi di Jerman sejak awal pandemi mencapai 1.379.238. Lebih dari 1 juta dari kasus tersebut telah terdaftar sebagai pulih dari virus.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:


Pembatasan Ketat Jelang Natal

Jerman Kembali Lockdown
Orang-orang melewati zona pejalan kaki utama di Frankfurt, Jerman, Senin (14/12/2020). Mulai 16 Desember 2020, hampir sebagian besar toko-toko di Jerman tidak boleh beroperasi sampai 10 Januari 2021 menyusul pengetatan aturan untuk mengendalikan penyebaran virus corona. (AP Photo/Michael Probst)

Sekolah-sekolah di seluruh Jerman beralih ke pembelajaran online selama tiga hari terakhir terhitung mulai Rabu (16/12), sementara sebagian besar tempat penitipan anak menawarkan pengasuhan hanya untuk anak-anak dari orang tua dengan “kebutuhan yang sangat mendesak”.

Jalan-jalan raya di seluruh negeri sepi setelah kesibukan sebelum Natal terjadi di awal minggu, dengan hanya supermarket, toko bahan makanan, apotek, dan toko penting lainnya yang buka.

Penjual pohon Natal diizinkan untuk melanjutkan perdagangan, sementara toko buku dapat menawarkan layanan online.

Pembatasan pertemuan sosial akan dilonggarkan dari 24-26 Desember, memungkinkan setiap rumah dikunjungi oleh empat anggota keluarga di atas usia 14 tahun. Mereka yang berencana untuk menghabiskan Natal bersama keluarganya didesak untuk membatasi kontak sosial ke "minimum mutlak" di minggu depan.

Pembatasan penguncian akan tetap berlaku hingga 10 Januari, tetapi dapat diperpanjang jika tingkat infeksi tidak turun.

Menteri kesehatan, Jens Spahn, dari Konservatif Christian Democratic Union (CDU) Kanselir Angela Merkel, memperkirakan pada hari Selasa bahwa penguncian baru akan membutuhkan waktu untuk memanifestasikan dirinya dalam tren penurunan yang jelas dalam angka harian.

Akibatnya, Spahn mengatakan kepada penyiar ntv, beberapa batasan perlu diberlakukan setelah 10 Januari, bahkan setelah orang divaksinasi.

“Hanya karena kami memulai program vaksinasi, segera setelah Natal, bukan berarti kami tidak membutuhkan aturan lagi,” ujarnya.

Dia tetap berharap bahwa akan ada pemulihan bertahap ke normal dari musim panas: "Itu perspektif yang bisa Anda hadapi," kata Spahn.

Dalam minggu berita pertengahan musim dingin yang suram, banyak orang di Jerman menyambut baik pengumuman bahwa Badan Obat Eropa telah memajukan hari keputusannya untuk vaksin BioNTech / Pfizer hingga Senin 21 Desember, yang berarti negara-negara UE dapat mulai mengimunisasi orang sebelum akhir tahun.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya