Momen Haru Pangeran Harry Saat Terima Peti Mati Sang Nenek, Ratu Elizabeth II

Pangeran Harry menangis selama upacara Ratu Elizabeth II bersama Meghan Markle, Pangeran Willam dan Kate Middleton.

oleh Resha Febriyana Putri diperbarui 15 Sep 2022, 19:40 WIB
Diterbitkan 15 Sep 2022, 19:40 WIB
Meghan Markle dan Pangeran Harry dalam prosesi persemayaman Ratu Elizabeth II di Westminster Hall, 14 September 2022. (Christopher Furlong/Pool Photo via AP)
Meghan Markle dan Pangeran Harry dalam prosesi persemayaman Ratu Elizabeth II di Westminster Hall, 14 September 2022. (Foto: Christopher Furlong/Pool Photo via AP)

Liputan6.com, London - Ini adalah hari yang emosional bagi keluarga kerajaan setelah Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada 8 September 2022.

Peti mati Ratu Elizabeth II dibawa dari Istana Buckingham pada Rabu 14 September 2022 dan dalam sebuah prosesi yang dihadiri oleh Raja Charles III, Pangeran William, Pangeran Harry, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward, mereka turun ke jalan di London untuk membawanya ke Westminster Hall.

Begitu berada di dalam Westminster, Pangeran William dan Pangeran Harry bergabung dengan istri mereka, Kate Middleton dan Meghan Markle, untuk Layanan Penerimaan Peti Mati Yang Mulia.

Peti mati ratu akan disemayamkan di Westminster Abbey sampai tanggal pemakamannya yang direncanakan pada 19 September. Anggota masyarakat sudah mulai mengantre untuk memberikan penghormatan terakhir mereka.

Dikutip laman Etonline, Kamis, (15/9/2022), kebaktian tersebut merupakan acara yang sendu, dengan Putri Wales yang baru dan Duchess of Sussex mengenakan gaun serba hitam dengan topi fascinator yang serasi.

Meghan juga terlihat mengenakan sepasang anting-anting mutiara dan berlian, yang dihadiahkan oleh mendiang ratu pada tahun 2018 untuk acara solo pertama mereka bersama.

William, Pangeran Wales yang baru, mengenakan seragam militernya, sementara Pangeran Harry mengenakan setelan berkabung hitam dengan medali militernya yang menyertainya.

Meghan dan Kate masing-masing terlihat membungkuk di depan peti mati. Sementara Meghan dan Pangeran Harry berpegangan tangan saat mereka keluar dari Westminster.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Momen Haru

Penampilan Meghan Markle - Kate Middleton saat Hadiri Prosesi Persemayaman Ratu Elizabeth II
Pangeran William didampingi Kate Middleton dan Pangeran Harry bersama Meghan Markle mengikuti prosesi persemayaman Ratu Elizabeth II di Westminster Hall di London (14/9/2022). Diperkirakan ratusan ribu orang akan datang memberikan penghormatan sebelum dimakamkan pada 19 September 2022. (Photo by Christopher Furlong / POOL / AFP)

Dalam momen yang menyentuh, Harry terlihat menyeka air mata saat dia menghormati mendiang neneknya.

Harry dan Meghan telah terpisah dari keluarga kerajaan sejak keputusan mereka pada tahun 2020 untuk mengundurkan diri sebagai bangsawan senior dan pindah bersama keluarganya ke California.

Tetapi setelah kematian sang ratu, Harry dan Meghan telah terlihat bersatu kembali dengan para bangsawan dalam beberapa kesempatan.

Harry melakukan perjalanan ke Kastil Balmoral di Skotlandia sendirian setelah mendengar kesehatan neneknya yang menurun. Sayangnya, dia tidak dapat datang tepat waktu untuk menemuinya sebelum dia meninggal.

Harry dan Meghan diundang oleh William untuk bergabung dengannya dan Kate untuk menyapa para pelayat di luar Kastil Windsor tak lama setelah itu.

 


Kembali Bersama Keluarga Kerajaan

Seragam Militer Jadi Dresscode Pemakaman Ratu Elizabeth II, Pangeran Harry Dilarang Menggunakannya
Dresscode untuk pemakaman Ratu Elizabeth II telah ditentukan (instagram/theroyalfamily)

Sebelumnya terdengar kabar bahwa William menghubungi Harry sekitar satu jam sebelum momen tersebut dan mengundang sang duke dan duchess untuk bergabung dengannya dan Princess of Wales.

Seorang sumber mengatakan bahwa "Pangeran Wales berpikir bahwa itu adalah momen penting untuk menunjukkan persatuan pada saat yang sangat sulit bagi keluarga."

Harry dan Meghan juga terlihat bergabung dengan keluarga di Istana Buckingham pada Selasa malam untuk menerima peti mati sang ratu.

Setelah diumumkan bahwa Harry tidak akan diizinkan mengenakan seragam militernya ke salah satu prosesi upacara kematian sang ratu, juru bicara Duke of Sussex merilis pernyataan kepada wartawan kerajaan tentang reaksi Harry terhadap berita tersebut.

"Pangeran Harry, Adipati Sussex, akan mengenakan setelan berkabung di seluruh acara untuk menghormati neneknya," bunyi pernyataan itu.

"Masa bakti militernya selama satu dekade tidak ditentukan oleh seragam yang dia kenakan, dan kami dengan hormat meminta agar fokus tetap pada kehidupan dan warisan Yang Mulia Ratu Elizabeth II." sambungnya.


Kala Raja Charles III, Pangeran William dan Harry Dampingi Peti Ratu Elizabeth II Tinggalkan Buckingham

Jenazah Mendiang Ratu Elizabeth II Disemayamkan di Westminster Hall
Peti jenazah Ratu Elizabeth II meninggalkan Istana Buckingham menuju Westminster Hall di London, Inggris, 14 September 2022. Raja Charles III, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward ikut mengiringi peti jenazah ibunya yang ditempatkan di atas kereta kuda. (Victoria Jones/Pool via AP)

Sebelumnya, Raja Charles III, Pangeran William dan Harry, dan bangsawan senior lainnya bergabung dalam prosesi khidmat mengiringi peti mati Ratu Elizabeth II saat mendiang raja melakukan perjalanan terakhirnya dari Istana Buckingham pada Rabu (14 September).

Dikutip Channel News Asia, Kamis (15/9/2022), kerumunan besar berkumpul di pusat Kota London untuk menyaksikan Ratu dibawa dari istana ke parlemen ketika senjata artileri menembakkan hormat dan Big Ben dibunyikan, yang terbaru dalam serangkaian upacara kedukaan atas ratu yang meninggal pekan lalu dalam usia 96 tahun setelah tujuh dekade di atas takhta.

Berbaring di kereta meriam, ditutupi oleh bendera Standar Kerajaan dan dengan Mahkota Negara Kekaisaran yang ditempatkan di atas bantal di samping karangan bunga, peti mati yang membawa jasad Ratu Elizabeth dibawa dalam prosesi yang lambat dan suram dari rumahnya di London ke Westminster Hall. Di sana ia akan disemayamkan selama empat hari.

Berjalan tepat di belakang adalah Charles dan saudara-saudaranya: Anne, Andrew dan Edward.

Dalam kelompok yang diikuti adalah putra Charles, Pangeran William dan Harry, pemandangan menyedihkan yang mengingatkan pada saat sebagai anak laki-laki 25 tahun yang lalu, ketika mereka mengikuti peti mati ibu mereka Putri Diana--prosesi serupa melalui pusat Kota London.

Itu juga merupakan pertunjukan simbolis persatuan ketika William (40) sekarang Pangeran Wales, dan Harry (37) Duke of Sussex, dikatakan hampir tidak berbicara setelah perselisihan pahit dalam beberapa tahun terakhir.

"Sangat mengharukan melihat keluarga. Itu adalah pertunjukan persatuan yang kuat," kata Jenny Frame (54) yang menunggu lebih dari empat jam untuk melihat prosesi.

Selengkapnya di sini...

Infografis Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya