WHO Prediksi Tahun Depan Bukan Tak Ada Lagi Status Darurat COVID-19

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada Rabu bahwa dia berharap COVID-19 tidak lagi menjadi darurat kesehatan global tahun depan.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 15 Des 2022, 14:06 WIB
Diterbitkan 15 Des 2022, 14:06 WIB
Jakarta Lewati Gelombang Tiga COVID-19
Sejumlah warga berjalan di Kawasan Sudirman, Jakarta, Kamis, (17/2/2022). Provinsi DKI Jakarta disebut sudah melewati gelombang ketiga Covid-19 yang dipicu oleh penyebaran virus corona varian Omicron. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada Rabu bahwa dia berharap COVID-19 tidak lagi menjadi darurat kesehatan global tahun depan.

Dalam konferensi pers di Jenewa, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan Komite Darurat COVID-19 WHO akan membahas kriteria untuk menyatakan berakhirnya darurat COVID-19 bulan depan.

"Kami berharap pada suatu saat tahun depan, kami dapat mengatakan bahwa COVID-19 tidak lagi menjadi darurat kesehatan global," katanya, dikutip dari Xinhua, Kamis (15/12/2022).

Dia menambahkan, bagaimanapun virus SARS-CoV-2, penyebab di balik pandemi COVID-19, tidak akan hilang.

“Ini akan tetap ada, dan semua negara perlu belajar mengelolanya bersama penyakit pernapasan lainnya termasuk influenza dan RSV (Respiratory Syncytial Virus), yang keduanya sekarang beredar secara intensif di banyak negara,” katanya.

Mike Ryan, direktur eksekutif Program Darurat Kesehatan WHO, memperingatkan bahwa dunia masih belum mengetahui bagaimana virus SARS-CoV-2 akan berkembang di masa depan, dan ketidakpastian semacam itu menambah risiko.

Sebelum kepala WHO mengakhiri darurat COVID-19, keseimbangan perlu dibuat antara virus - termasuk dampak dan ketidakpastiannya - dan "apakah kita telah menangani kerentanan dan masalah ketahanan dalam sistem kesehatan kita atau tidak," kata Ryan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Aturan COVID-19 Dilonggarkan, Warga China Justru Lakukan Panic Buying

China Laporkan Penurunan Kasus Harian COVID-19
Warga menjalani tes usap di tempat pengujian virus corona COVID-19, Beijing, China, Rabu (14/12/2022). Mulai hari ini, Komisi Kesehatan Nasional China melaporkan penurunan kasus harian COVID-19 sejak pemerintah melonggarkan pengujian PCR setelah kasus harian mencapai rekor tertinggi. (AP Photo/Andy Wong)

China menghadapi masalah penimbunan bahan makanan setelah melonggarkan kebijakan Covid-19 yang paling parah minggu lalu.

Dilansir BBC, Kamis (15/12/2022), orang-orang bergegas membeli ibuprofen, obat flu, dan alat uji Covid di tengah laporan kekurangan persediaan.

Produk untuk pengobatan rumahan sekarang sebagian besar tidak tersedia secara online, termasuk lemon dan buah persik kalengan yang kaya vitamin C, dan air elektrolisis.

Penimbunan telah menjadi masalah global yang umum, tetapi ini mungkin contoh pertama setelah lockdown dilonggarkan.

Di China, seperti di tempat lain di dunia, sudah umum melihat orang-orang berbagi foto toko bahan makanan kosong secara online di kota-kota besar menjelang perintah "tetap di rumah" yang ketat diberlakukan. Tetapi sekarang negara itu telah melonggarkan aturan pelacakan, dan telah memungkinkan orang untuk mengisolasi diri di rumah dan menguji sendiri, orang-orang tampaknya panik membeli obat-obatan untuk mengantisipasi gelombang musim dingin. 

Pemerintah daerah telah didesak untuk meningkatkan unit ICU mereka dan membuka klinik demam pada akhir bulan "untuk persiapan menghadapi gelombang infeksi" .

Dan sudah ada tanda-tanda bahwa sistem kesehatan dengan cepat kewalahan. Video telah beredar minggu ini tentang pasien yang dipasangi infus dari mobil mereka "karena klinik penuh".


Permintaan Kebutuhan Medis Meningkat

China Laporkan Penurunan Kasus Harian COVID-19
Seorang pria bermasker berjalan melewati warga yang sedang melakukan pendaftaran untuk menjalani tes usap di lokasi pengujian virus corona COVID-19, Beijing, China, Rabu (14/12/2022). Mulai hari ini, Komisi Kesehatan Nasional China melaporkan penurunan kasus harian COVID-19 sejak pemerintah melonggarkan pengujian PCR setelah kasus harian mencapai rekor tertinggi. (AP Photo/Andy Wong)

China Daily melaporkan tentang bagaimana terjadi "pertumbuhan permintaan yang eksplosif" untuk obat pereda nyeri, vitamin, dan obat flu.

Beberapa gerai telah membagikan foto lorong apotek yang kosong, dan media telah memuat cerita sepanjang minggu tentang bagaimana lini produksi di perusahaan farmasi sekarang bekerja "dengan kapasitas penuh" untuk menghadapi lonjakan permintaan.

Surat kabar China Daily mencatat bahwa pembelian panik telah begitu marak sehingga pemerintah di kota Guangzhou menyerukan "pembelian yang masuk akal".

"Tidak perlu menimbunnya dalam jumlah besar," katanya dalam sebuah pernyataan. 

Guangzhou adalah kota yang mengalami jumlah kasus virus tertinggi dalam beberapa pekan terakhir. 

Minggu lalu, surat kabar Global Times juga mengamati bahwa omzet alat deteksi Covid-19 telah meningkat lebih dari 300% sejalan dengan kebijakan baru China yang melonggarkan Covid. Dikatakan bahwa alat pengujian dengan cepat kehabisan stok di platform terkemuka seperti JD Health.

Infografis Virus Corona Berbahaya Vs DBD Mematikan. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Virus Corona Berbahaya Vs DBD Mematikan. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya