17 Januari 1942: Legenda Tinju Dunia Muhammad Ali Lahir

Legenda tinju dunia Muhammad Ali lahir, tepat hari ini pada tahun 1942.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 17 Jan 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 17 Jan 2023, 06:00 WIB
Muhammad Ali, sang petinju legendaris
Muhammad Ali, sang petinju legendaris (AP Photo)

Liputan6.com, Louisville - Legenda tinju dunia, Muhammad Ali lahir di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat pada 17 Januari 1942. 

Dilansir Britannica, Senin (16/1/2023), Ali adalah petarung pertama yang memenangkan kejuaraan kelas berat dunia dalam tiga kesempatan terpisah. Bahkan, dia berhasil mempertahankan gelar ini sebanyak 19 kali.

Lahir dengan nama asli, Cassius Marcellus Clay, Jr., ia dibesarkan di Amerika Selatan.

Ayahnya, Cassius Marcellus Clay, Sr., menghidupi seorang istri dan dua anak laki-laki dengan mengecat papan reklame dan papan nama. Sementara ibunya, Odessa Grady Clay, bekerja sebagai pembantu rumah tangga.

Ketika Clay berusia 12 tahun, dia mulai bertinju di bawah pengawasan polisi Louisville, Joe Martin.

Setelah maju melalui peringkat amatir, ia memenangkan medali emas di divisi 175 pound di Olimpiade 1960 di Roma dan memulai karir profesional di bawah bimbingan Louisville Sponsoring Group, sebuah sindikat yang terdiri dari 11 orang kulit putih yang kaya.

Pada pertandingan awalnya sebagai seorang profesional, Clay lebih dihormati karena pesona dan kepribadiannya daripada keterampilannya di atas ring. Dia berusaha untuk meningkatkan minat publik dalam perkelahiannya dengan membaca puisi kekanak-kanakan dan melontarkan frasa deskriptif seperti "melayang seperti kupu-kupu, menyengat seperti lebah".

Dia memberi tahu dunia bahwa dia adalah "Yang Terhebat", tetapi kenyataan keras dari tinju tampaknya menunjukkan sebaliknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mualaf

Pele
Muhammad Ali dan Pele merupakan teman dekat / trivela

Pada 25 Februari 1964, Clay menantang Sonny Liston untuk kejuaraan kelas berat dunia. Liston secara luas dianggap sebagai petarung paling kuat dan menakutkan di masanya.

Clay adalah orang yang tidak diunggulkan. Namun dalam salah satu kejutan paling mencengangkan dalam sejarah olahraga, Liston mundur ke sudutnya setelah enam ronde, dan Clay menjadi juara baru.

Dua hari kemudian Clay kembali mengejutkan lembaga tinju dengan mengumumkan bahwa dia telah menerima ajaran Nation of Islam.

Pada 6 Maret 1964, ia mengambil nama Muhammad Ali, yang diberikan kepadanya oleh pembimbing spiritualnya, Elia Muhammad.


Dominasi Kejuaraan Tinju

Belajar Jadi Muslim Sejati dari Petinju AS Muhammad Ali
Sejak menjadi mualaf, Muhammad Ali serius dengan keislamannya.

Selama tiga tahun berikutnya, Ali mendominasi tinju secara menyeluruh dan luar biasa seperti yang pernah dimiliki petarung mana pun.

Pada 25 Mei 1965, pertandingan ulang melawan Liston, dia tampil dengan kemenangan KO ronde pertama. Kemenangan atas Floyd Patterson, George Chuvalo , Henry Cooper , Brian London , dan Karl Mildenberger menyusul.

Pada 14 November 1966, Ali bertempur Cleveland Williams.

Selama tiga ronde, Ali mendaratkan lebih dari 100 pukulan, mencetak empat knockdown, dan total pukulan sebanyak tiga kali. Kemenangan Ali atas Williams digantikan oleh kemenangan atas Ernie Terrel dan Zora Folley.


Tolak Masuk Angkatan Darat AS

Muhammad Ali
Foto legendaris Muhammad Ali yang tidak dipublikasikan. (Arsip foto: Flip Schulke/Aliunderwater)

Kemudian, pada 28 April 1967, dengan alasan keyakinan agamanya, Ali menolak masuk Angkatan Darat AS pada puncakperang di Vietnam.

Penolakan ini mengikuti pernyataan blak-blakan yang disuarakan oleh Ali 14 bulan sebelumnya: "Saya tidak punya masalah dengan mereka Vietcong."

Banyak orang Amerika dengan keras mengutuk pendirian Ali. Itu terjadi pada saat kebanyakan orang di Amerika Serikat masih mendukung perang di Asia Tenggara.

Selain itu, meskipun pengecualian dari dinas militer atas dasar agama tersedia untuk memenuhi syarat penentang perang dalam bentuk apa pun, Ali tidak memenuhi syarat untuk pengecualian seperti itu, karena dia mengakui bahwa dia bersedia untuk berpartisipasi dalam perang suci Islam.

infografis Perjalanan karier muhammad ali
infografis Perjalanan karier muhammad ali
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya