Sandiaga Uno Ingin Jumlah Turis India Naik 100 Persen, Sekalian Bikin Film Bollywood di RI

Sandiana Uno siap menyambut sineas Bollywood bikin film di Indonesia.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 20 Feb 2023, 17:04 WIB
Diterbitkan 20 Feb 2023, 16:56 WIB
Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti dan Menparektaf Sandiaga Uno di Kedubes India, Jakarta.
Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti dan Menparektaf Sandiaga Uno di Kedubes India, Jakarta. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia membuka pintu bagi kehadiran sineas Bollywood yang mencari lokasi syuting terbaru. Kedatangan para sutradara Bollywood itu didukung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparektaf) Sandiaga Uno

Para sineas Bollywood itu diharapkan makin senang datang ke Indonesia saat penerbangan langsung RI-India diwujudkan pada tahun 2023 ini.

"Kita berharap tahun ini ada peningkatan hampir 100 persen dari capaian tahun lalu. Jadi kalau tahun lalu kita masih di kisaran 200-300 ribu, kita harus mencapai angka yang jauh lebih tinggi lagi, mudah-mudahan dengan penerbangan langsung," ujar Sandiaga Uno saat berkunjung ke Kedutaan Besar India di Jakarta, Senin (20/2/2023). 

Terkait kehadiran sineas Bollywood, Sandiaga mengaku mereka bisa juga menggelar acara perfilman di Indonesia. 

"Ada pembicaraan bagaimana kita bisa menarik lebih banyak film India yang bisa diproduksi di Indonesia, dan juga Indian Film Awards bisa di-host di destinasi seperti Bali atau Labuan Bajo," ujar Sandiaga Uno.

Berbicara di sisi Sandiaga, Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti juga berkata sudah ada diskusi dengan pihak Indonesia terkait lokasi syuting film Bollywood. Dubes Bharti berharap semakin eratnya hubungan India-Indonesia ini dapat menjadi peninggalan positifnya sebelum ia pensiun sebagai diplomat pada bulan ini.

"Kami telah berdiskusi bagaimana berbagai lokasi tempat penting di Indonesia bisa menjadi destinasi syuting film India. Film-film India bisa disyuting pada lokasi-lokasi baru di sini," ujar Dubes Bharti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sandiaga Uno Apresiasi Festival Pasar Musik 2023 untuk Majukan Industri Kreatif dan UMKM

Menpaekraf Sandiaga Uno di The Weekly Brief with Sandi Uno, Selasa, 24 Januari 2023
Menpaekraf Sandiaga Uno dalam peluncuran ADWI 2023 di The Weekly Brief with Sandi Uno, Selasa, 24 Januari 2023. (Liputan6.com/Henry)

Terkait industri hiburan, sebelumnya Sandiaga Uno memberikan pujian ke Festival Pasar Musik 2023 di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Sebab, alasan kami adalah memiliki area pasar malam yang bekerja sama dengan UMKM. Kami berharap UMKM dapat berkembang di event Musik," kata Head of Marketing sekaligus Business Marketing Director Festival Pasar Musik Jilan Izdihar di Jakarta baru-baru ini.

“Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendukung dan mengapresiasi pelaksanaan Festival Pasar Musik. Kami berharap penonton dapat menikmati Festival dengan aman dan nyaman, dan memiliki experience yang memorable saat menghadiri Festival Pasar Musik,” sambung Jilan Izdihar.

Festival Pasar Musik ini akan menjadi ajang kreasi para musisi dan seniman lokal untuk menampilkan karya dan nada harmonis dalam pengalaman nuansa nusantara yang khas.

“Festival Pasar Musik adalah pentas kurasi karya anak bangsa dengan misi menghadirkan musik, seni dan budaya kepada masyarakat,” kata Jilan Izdihar.


Turis Asing di RI pada 2022

Menparekraf Sandiaga Uno mengumumkan pemenang Festival Film Bulanan 2022
Menparekraf Sandiaga Uno mengumumkan pemenang Festival Film Bulanan 2022. Sandiaga berencana mengikutsertakan para pemenang ke International Film Market. (Foto: Istimewa)

Sementara itu, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan total kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sepanjang tahun 2022 sebanyak 5,47 juta. Angka ini naik 251,28 persen jika dibandingkan dengan kunjungan pada 2021 yang hanya 1,55 juta.

"Secara total, kunjungan wisman pada tahun 2022 sebanyak 5,47 juta kunjungan atau naik 251,28 persen (yoy)," kata Kepala BPS, Margo Yuwono di Gedung BPS, Jakarta Pusat.

Margo merincikan, kedatangan turis melalui pintu utama sebanyak 4,14 juta orang, sedangkan melalui pintu perbatasan sebanyak 1,32 juta. Tingginya kunjungan wisman di sepanjang tahun 2022 menunjukkan kondisi lebih baik meski masih dalam suasana pandemi Covid-19.

"Menurut saya, ini hal positif karena pariwisata berdampak besar untuk ekonomi karena multiplier-nya ini sangat besar," kata Margo. Di sisi lain, tembusnya kunjungan turis hingga di atas 5 juta kunjungan menunjukkan target kunjungan wisman tahun 2022 tercapai.

Hal itu mengingat Kemenparekraf memiliki target mendatangkan 3,6 juta turis. "Target kunjungan wisman tahun 2022 melalui Kemenparekraf ini 3,6 juta dan ini sudah terlampaui, ini sudah melebihi target," kata dia.

Margo menjelaskan, tingginya kunjungan turis asing ke Indonesia pada 2022 tidak terlepas dari berbagai kegiatan tingkat internasional yang digelar di dalam negeri, mulai dari Moto GP di Mandalika, pelaksanaan ASEAN Para Games, hingga Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 . "Ini semua telah mendorong kunjungan wisman melampaui target pemerintah," kata Margo.

Infografis Sudah Vaksinasi Covid-19, Yuk Tetap Taat Protokol Kesehatan. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Sudah Vaksinasi Covid-19, Yuk Tetap Taat Protokol Kesehatan. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya