13 Produk Unik Meriahkan Hari Penobatan Raja Charles III, Miniatur Lego hingga Patung Lilin Ratu Camilla

Detik-detik jelang penobatan Raja Charles III, bermunculan produk terkait acara tersebut mulai dari miniatur lego hingga patung lilin Ratu Camilla bertempat di Madame Tussauds London, Inggris. Ini ulasannya.

oleh Yasmina Shofa Az Zahra diperbarui 28 Apr 2023, 18:35 WIB
Diterbitkan 28 Apr 2023, 18:35 WIB
[Bintang] Pangeran Charles dan Camilla
Saat itu, Pangeran Charles masih fokus dengan kariernya di Angkatan Laut. Charles ditugaskan ke luar negeri. Setelah itu, tahun 1973, Camilla menikah dengan perwira kavaleri, Mayor Andrew Parker Bowles, hingga memiliki dua anak. (AFP/Bintang.com)

Liputan6.com, London - Penobatan Raja Charles dan Queen Consort atau sang ratu akan dilaksanakan pada 6 Mei 2023 mendatang. 

Antusiasme yang tinggi tidak hanya terlihat dari para warga, tetapi juga sejumlah perusahaan dan badan amal. Mereka telah menyiapkan dan merilis berbagai produk kreatif untuk memeriahkan acara Penobatan Raja Charles III.

Detik-detik jelang penobatan raja baru Inggris itu, bermunculan produk terkait acara tersebut mulai dari miniatur lego hingga patung Ratu Camilla bertempat di Madame Tussauds.

Berikut ini, melansir dari Sky News, Kamis (27/4/2023), ulasan 13 produk kreatif dan unik tersebut:

1. Miniatur Adegan Penobatan Terbuat dari Lego

Tak mau ketinggalan, Legoland membuat miniatur unik khusus untuk meriahkan hari penobatan Raja Charles III.

Mereka baru saja meluncurkan miniatur dari adegan penobatan. Replika kecil Istana Buckingham dengan Raja dan Ratu yang berdiri di balkon, melambai ke kerumunan di bawah.

Legoland mengatakan bahwa butuh lebih dari seribu jam untuk membuat model baru. Sementara itu, sang pembuat model mengatakan bahwa ia membutuhkan sekitar 32.000 keping lego secara keseluruhan untuk tema tersebut.

Publik dapat melihat karya hebat itu di atraksi Miniland Legoland Windsor mulai dari Kamis 27 April hingga bulan November nanti.

2. Mau Naik Kereta Kuda? Pesan dengan Uber!

Jika kamu tertarik ingin menaiki kereta kuda dan merasakan sensasi berkendara ala kerajaan, Uber-lah jawabannya!

Spesial untuk peringati hari penobatan Raja Charles III, Uber menyediakan fitur baru, yaitu menyediakan tumpangan dengan kereta kuda.

Kereta akan beroperasai dari 3 Mei hingga 5 Mei di Dulwich Park, London Selatan.

Empat kuda yang menarik kereta tersebut akan didandani.

Sangat mudah bukan untuk bisa rasakan bepergian ala raja dan ratu?


3. Anggur Bersoda Inggris Edisi Spesial, Bersulang!

Anggur Spesial Hari Penobatan
Anggur edisi spesial hari penobatan raja dan ratu Inggris. (Chapel Down Winery)

Untuk memperingati hari penobatan, sebuah produsen anggur Inggris terkemuka memutuskan untuk memproduksi anggur keluaran baru.

Dikatakan bahwa keuntungan dari penjualan anggur spesial itu akan digunakan untuk hal-hal positif.

Chapel Down Winery, perusahaan yang berbasis di Kent, sedang membuat “Chapel Down Coronation Edition”, pembuatannya menggunakan anggur vintage tahun 2016.

Produk baru tersebut akan memakai kemasan edisi khusus, termasuk desain bendera serikat yang tercetak di label depan dan logo penobatan resmi.

Anggur edisi spesial ini hanya akan dibuat sebanyak 2.000 botol saja. Dibanderol dengan harga 65 pound sterling, setara 1.191.379 rupiah.

Semua keuntungan penjualan akan disumbangkan ke mitra amalnya yaitu Royal British Legion (RBL).

4. Stiker Hari Penobatan

Para pemilik mobil yang ingin merasakan kemeriahan hari penobatan dapat merayakannya dengan menempelkan stiker khusus yang dibuat oleh para veteran Inggris.

Stiker mobil ini menampilkan desain bendera serikat pekerja dan lambang penobatan, dijual oleh Royal British Legion Industries (RBLI), sebuah badan amal yang menyediakan pekerjaan, dukungan, perumahan, dan perawatan bagi komunitas Angkatan Bersenjata Inggris.

Bukan stiker biasa, suvenir magnetik ini tahan cuaca apa pun. Dibuat oleh para veteran Bravest Manufacturing Company di Aylesford, Kent. Dibanderol dengan harga 4,99 pound sterling (Rp91.440).

Seluruh hasil penjualan akan diserahkan ke RBLI.

5. Koin Edisi Spesial dari Royal Mint

Royal Mint memproduksi serangkaian koin untuk peringati hari penobatan.

Mereka termasuk koin 50 pound khusus yang menampilkan potret Raja yang dimahkotai. 

Dirancang oleh seniman dan pematung Martin Jennings, ini adalah potret pertama Yang Mulia Raja Charles III dimahkotai yang ditampilkan pada koin.

Sisi lain dari koin, yang dirancang oleh desainer Royal Mint Natasha Jenkins, menampilkan lambang Raja dan Westminster Abbey, tempat penobatan akan berlangsung.

Koin lima pound yang menampilkan potret raja buatan Jenning dan gambar St Edward's Crown yang dirancang oleh Timothy Noad beserta detail acara dan tanggalnya, juga akan dicetak.


6. Cara Baru untuk Ikut Nikmati Hidangan Ayam Spesial Hari Penobatan

Arti Mimpi Makan Daging Ayam yang Bermakna Baik
Ilustrasi hidangan ayam. (pexels)

Coronation chicken, hidangan terkenal dengan bubuk kari, creme fraiche, kismis, dan serpihan almond, pertama kali disajikan kepada Ratu Elizabeth II di penobatannya pada tahun 1953.

Hidangan itu diciptakan oleh Constance Spry, seorang penulis tentang makanan dan penata bunga Inggris, dan koki Rosemary Hume, yang menciptakannya untuk perjamuan penobatan.

Alih-alih hidangan yang persis sama, sebuah perusahaan memutuskan untuk membuat sosis ayam penobatan.

Pembuat sosis yang berbasis di Yorkshire, Heck, telah menciptakan suguhan edisi terbatas, yang akan tersedia di toko-toko Tesco secara nasional mulai 26 April hingga 16 Mei, dengan harga 3,20 pound sterling, setara 58 ribu rupiah.

Jika kamu tidak tertarik dengan sosis tersebut, cobalah keripik ayam penobatan, yang dijual oleh pembuat keripik Inggris, Tyrells.

7. Anjingmu Juga Bisa Nikmati Hidangan Spesial Hari Penobatan, Loh!

Tidak ingin hewan peliharaan kesayanganmu ketinggalan keseruan hari penobatan? 

Perusahaan ini ciptakan suguhan penobatan khusus untuk anjing. Lily's Kitchen meluncurkan makanan anjing ala ayam penobatan untuk meriahkan hari penobatan.

Makanan tersebut terbuat dari ayam, aprikot, labu dan kunyit. Dijamin, nutrisinya lengkap!

Makanan ini tersedia online seharga 3,70 pound sterling (68 ribu rupiah) per kaleng isi 400 gram.

8. Donat Rasa Teh Earl Grey

Tertarik dengan donat rasa teh Earl Grey untuk pencuci mulut?

Kreasi unik ini adalah salah satu dari tiga yang direncakan akan diluncurkan oleh merek donat yang berbasis di London, Longboys, untuk memeriahkan hari spesial tersebut.

Selain itu, perusahaan tersebut juga membuat donat trifle dan donat sponge cake Victoria klasik.

Hidangan itu akan tersedia di Longboys London serta Harrods dan Selfridges sepanjang Mei dengan harga 4,50 pound sterling atau berkisar 82 ribu rupiah.


9. Voucher Perhiasan Senilai £100 untuk Pemilik Nama Charles dan Camilla

Ilustrasi perhiasan emas
Ilustrasi perhiasan. (Photo by Syed F Hashemi on Unsplash)

Raja Charles dan Ratu Camilla jadi sorotan pada penobatan tanggal 6 Mei nanti.

Perusahaan Jewellers Beaverbrooks pun tak ketinggalan ambil bagian untuk ikut disorot dengan membagikan voucher 100 pound sterling, setara 1,8 juta rupiah, di hari penobatan kepada orang-orang bernama Charles dan Camilla.

Satu voucher akan diberikan ke masing-masing dari 64 tokonya di Inggris. 

Setiap toko akan memberikan voucher tersebut kepada orang pertama bernama Charles atau Camilla yang masuk dan mengklaimnya dengan menunjukkan tanda pengenal yang valid.

Mereka yang bernama Charlie, Charly, Charli, Charley, Charlee, Charleigh, dan Camilla (bukan Camille) juga dapat mengklaim hadiah tersebut.

10. Jas Kustom untuk Hari Penobatan

Sebuah merek pakaian telah merancang setelan yang dibuat khusus untuk merayakan penobatan Raja.

Penjahit dari Perusahaan Savile Row telah merancang jaket double-breasted yang dipesan lebih dahulu, dibuat menggunakan kain beludru dan dengan lapisan cetakan bendera serikat pekerja.

Jas ini sepenuhnya dibuat sesuai pesanan dan tersedia dengn harga 1.750 pound sterling atau setara 32 juta rupiah.

11. Mahkota dari Potongan Scrabble

Justin Smith membuat replika St Edwards Crown yang akan digunakan dalam penobatan Charles. Ia menggunakan 319 potongan Scrabble.

Smith, yang telah bekerja dengan Angelina Jolie dan Amanda Seyfried, membutuhkan waktu lebih dari 150 jam untuk menyelesaikan karya tersebut, yang juga menampilkan permata berkilau, kristal, dan manik-manik emas.

Karya tersebut dipajang di The Entertainer Toy Store di Westfield White City, diciptakan untuk memperingati 75 tahun Scrabble dan juga penobatan.

12. Cokelat Charles

Sebuah tim pembuat cokelat telah menciptakan patung Raja Charles seukuran aslinya menggunakan lebih dari 17 liter cokelat Celebrations yang dilelehkan.

Patung manis itu dibuat menggunakan sekitar 2.875 cokelat Celebrations leleh dengan berat lebih dari 23 kg dan membutuhkan waktu empat minggu untuk membuatnya.

Mereka merencanakannya dengan hati-hati, bagaimana membuat patung yang semirip mungkin dengan aslinya.

Cokelat yang berbeda, dari merek kembang gula Celebrations, juga telah ditambahkan ke bagian dada.

Bahunya dihiasi dengan cokelat Twix, Milky Way, Galaxy, dan Bounty Celebrations.

13. Patung Lilin Ratu Camilla di Madame Tussauds

Jika sebelumnya patung cokelat, kali ini figur Ratu Camilla yang diabadikan pada sebuah patung terbuat dari lilin.

Karya menakjubkan ini dipajang di Museum Madame Tussauds London. Karya ini ditampilkan menjelang hari besar Ratu Camilla.

Mengenakan gaun biru tua, patung Ratu Camilla berdiri di samping Raja Charles III, Pangeran dan Putri Wales, mendiang Ratu Inggris Elizabeth II dan Duke of Edinburgh di ruang singgasana.

infografis journal
Infografis Langkah Pencegahan Diabetes Melitus. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya