Berulah Lagi, Influencer Andrew Tate Didakwa Kasus Pemerkosaan dan Perdagangan Perempuan

Tate bersaudara pertama kali ditangkap di rumah mereka di Bucharest, Rumania pada Desember 2022.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 21 Jun 2023, 16:01 WIB
Diterbitkan 21 Jun 2023, 16:01 WIB
Andrew Tate
Andrew Tate (tangkapan layar akun sumber Twitter @Cobratate).

Liputan6.com, Bucharest - Seorang influencer kontroversial Andrew Tate didakwa di Rumania atas kasus pemerkosaan, perdagangan manusia dan membentuk kelompok kriminal terorganisir untuk melakukan eksploitasi seksual terhadap perempuan. 

Saudara kandungnya, Tristan Tate dan dua rekan lainnya juga dikenai dakwaan. Namun, mereka semua membantah tuduhan tersebut. 

Dilansir BBC, Rabu (21/6/2023), Tate bersaudara pertama kali ditangkap di rumah mereka di Bucharest, Rumania pada Desember 2022. 

Kemudian pada Maret 2023, mereka beralih status menjadi tahanan rumah sesuai dengan keputusan hakim Rumania. 

Surat dakwaan yang diajukan ke pengadilan Bucharest menyebut bahwa keempat terdakwa tersebut telah membentuk kelompok kriminal terorganisir pada tahun 2021 untuk melakukan perdagangan manusia di Rumania, dan negara lain termasuk AS dan Inggris. 

Surat tersebut juga menyebut bahwa tujuh orang korban, seluruhnya wanita, dijebak oleh Tate bersaudara lewat janji palsu terkait cinta dan pernikahan. 

Menurut pernyataan dari jaksa Rumania, para korban diduga dibawa ke gedung-gedung di daerah Ilfov. Di sana, mereka diintimidasi, diawasi dan dikendalikan secara terus menerus dan dipaksa berhutang. 

Para terdakwa diduga memaksa para korban terlibat aksi pornografi yang kemudian dibagikan di media sosial.

Bahkan, salah satu terdakwa dituduh memperkosa seorang wanita dua kali pada Maret 2022, tambah pernyataan itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sidang Tak Akan Dilakukan dalam Waktu Dekat

Ajukan Banding, Andrew Tate Datangi Pengadilan Rumania dengan Tangan Terborgol
Andrew Tate (ketiga kanan) dan saudaranya Tristan (kedua kanan) dibawa dibawa oleh polisi ke Pengadilan Banding di Bukares, Rumania, Selasa (10/1/2023). Sebelumnya hakim memperpanjang masa penahanan Tate, Tristan, dan dua wanita Rumania dengan alasan mereka akan menghindari penyelidikan dan dapat meninggalkan Rumania ke negara-negara yang tidak mengizinkan ekstradisi. (AP Photo/Vadim Ghirda)

Sidang pengadilan kasus ini tidak akan dilakukan dalam waktu dekat, melainkan dalam beberapa tahun kemudian. 

Hakim Rumania memiliki waktu hingga 60 hari untuk memeriksa berkas kasus sebelum dikirim ke pengadilan. 

Tim media Tate bersaudara mengatakan, "Meskipun berita ini sangat dapat diprediksi, kami memanfaatkan kesempatan ini untuk menunjukkan bahwa mereka tidak bersalah dan mempertahankan reputasi mereka."

Ia menambahkan, "surat dakwaan memungkinkan kami menyajikan bukti komprehensif, yang dikumpulkan dan dipersiapkan dari waktu ke waktu, yang tidak diragukan lagi akan memperkuat klaim tidak bersalah (Tate bersaudara)".

Bahkan, saat ini Tate bersaudara masih memiliki dakwaan terpisah yang masih dalam tahap penyelidikan, terkait kasus pencucian uang dan perdagangan anak di bawah umur.

Tahun 2016 lalu, Andrew Tate dicopot dari acara TV Big Brother atas sebuah video yang menunjukkan dia menyerang seorang wanita. 

Dia pun kemudian mendapat kecaman oleh Twitter usai mengatakan bahwa wanita harus "memikul tanggung jawab" karena dilecehkan secara seksual.

Terlepas dari larangan tersebut, dia mendapatkan popularitas, terutama di kalangan pria muda, atas citranya yang kerap menunjukkan gaya hidup mewah dan maskulin. 

Infografis Aturan di Pusat Perbelanjaan, Mal, Pusat Perdagangan PPKM Level 1 Jawa-Bali
Infografis Aturan di Pusat Perbelanjaan, Mal, Pusat Perdagangan PPKM Level 1 Jawa-Bali (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya