Jurnalis Al Jazeera Tewas di Gaza Akibat Serangan Udara Israel, Total 64 Wartawan Terbunuh Sejak 7 Oktober 2023

Samer Abudaqa: Juru kamera Al Jazeera tewas dalam serangan drone alias pesawat tak berawak di Gaza. Ia adalah jurnalis ke-13 yang meninggal saat bertugas sejak organisasi tersebut dibentuk pada tahun 1996.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 17 Des 2023, 19:10 WIB
Diterbitkan 17 Des 2023, 19:10 WIB
Pemakaman jurnalis Samer Abudaqa dari Al Jazeera. (AP)
Pemakaman jurnalis Samer Abudaqa dari Al Jazeera. (AP)

Liputan6.com, Gaza - Jurnalis kembali jadi korban serangan Israel di Gaza. Kali ini Samer Abudaqa dari Al Jazeera. Ia terluka dalam serangan di sebuah sekolah di Khan Younis pada Jumat 15 Desember 2023. Ketika itu ia tengah bersama rekannya, Wael Al-Dahdouh.

Al Jazeera mengatakan Abudaqa meninggal akibat kehabisan darah karena pemboman besar-besaran menghalangi paramedis untuk menjangkaunya.

Menurut Al Jazeera, Dahdouh terkena pecahan peluru di lengan atasnya dan berhasil berjalan ke rumah sakit Nasser untuk perawatan.

Jurnalis Samer Abudaqa juga menderita luka akibat pecahan peluru, namun paramedis kesulitan mencapainya karena daerah tersebut berada di bawah pemboman besar-besaran dari pasukan Israel.

Al Jazeera mengatakan juru kamera tersebut "dibiarkan mati kehabisan darah selama lebih dari lima jam," dan menambahkan bahwa Israel bertanggung jawab karena menargetkan jurnalis dan keluarga mereka.

Samer Abudaqa bergabung dengan Al Jazeera pada bulan Juni 2004, bekerja sebagai juru kamera dan editor. Dia memiliki tiga putra dan seorang putri, dan tinggal di Kota Abasan al-Kabira dekat Khan Younis, Gaza.

Jaringan berita yang berbasis di Qatar, Al Jazeera mengatakan telah merujuk kasus tersebut ke Pengadilan Kriminal Internasional (ICC).

Diposting di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, pihak Al Jazeera menyebut kematian Abudaqa sebagai sebuah "pembunuhan", dan mengatakan bahwa pengajuan hukumnya ke ICC akan mencakup serangan berulang kali terhadap kru jaringan yang bekerja di wilayah Palestina.

Al Jazeera mengatakan Samer Abudaqa adalah wartawan ke-13 yang meninggal saat bertugas sejak media tersebut dibentuk pada tahun 1996.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pidato Menyentuh

Kerabat di pemakaman jurnalis Samer Abudaqa dari Al Jazeera. (AP)
Kerabat di pemakaman jurnalis Samer Abudaqa dari Al Jazeera. (AP)

Rekan Samer Abudaqa, Dahdouh, selamat dari serangan tersebut meski kehilangan beberapa anggota keluarganya dalam pemboman Israel sebelumnya. 

Dalam pidatonya di pemakaman rekannya tersebut, Dahdouh mengatakan jurnalis di Gaza akan "terus melakukan tugas kami dengan profesionalisme dan transparansi".

Pada pemakaman untuk juru kamera Al Jazeera yang terbunuh oleh serangan pesawat tak berawak Israel di Gaza, Samer Abudaqa, ia menyampaikan pesan menyentuh.

Dahdouh mengatakan bahwa para jurnalis di Gaza membawa "pesan kemanusiaan dan mulia" bagi dunia di tengah perang yang sedang berlangsung dan akan terus bekerja meskipun ada serangan Israel.

Pemakaman dan Tangis Haru Melepasnya

Adapun jurnalis Al Jazeera Samer Abudaqa yang berusia 45 tahun dimakamkan di Gaza selatan, dan puluhan pelayat, termasuk jurnalis, memberikan penghormatan kepada juru kamera yang tewas dalam serangan pesawat tak berawak Israel.

Pemakaman diadakan pada hari Sabtu (16/12) di Kota Khan Younis. Keluarga, teman, dan kolega Abudaqa mengucapkan selamat tinggal sambil menangis saat jenazahnya diturunkan ke tanah.

Abudaqa, juru kamera Al Jazeera Arab di Gaza, ditembak saat melaporkan di sekolah Farhana di Khan Younis. Rekannya, koresponden Arab Al Jazeera Wael Dahdouh, yang kehilangan istri, putra, putri dan cucunya dalam pemboman Israel sebelumnya, terluka.​

 

 


Sosok Profesional hingga 64 Jurnalis Sudah Terbunuh Sejak Pecah Konflik 7 Oktober 2023

Kerabat di pemakaman jurnalis Samer Abudaqa dari Al Jazeera. (Anadolu Ajansi)
Kerabat di pemakaman jurnalis Samer Abudaqa dari Al Jazeera. (Anadolu Ajansi)

Redaktur pelaksana Al Jazeera, Mohamed Moawad, menggambarkan Abudaqa sebagai "seorang profesional yang terampil namun berjiwa welas asih yang memahami kekuatan penceritaan visual".

"Komitmennya yang tak tergoyahkan terhadap kebenaran dan penyampaian cerita telah meninggalkan jejak yang tak terhapuskan di tim kami," kata Mohamed Moawad di X.

Menurut Committee to Protect Journalists (CPJ) atau Komite Perlindungan Jurnalis, setidaknya 64 jurnalis – sebagian besar warga Palestina – telah terbunuh sejak konflik Israel-Gaza dimulai pada 7 Oktober.

Foreign Press Association (FPA) atau Asosiasi Pers Asing yang mewakili beberapa ratus jurnalis yang bekerja untuk organisasi berita internasional, mengatakan pihaknya berduka atas kematian juru kamera tersebut. mengatakan dia adalah anggota FPA pertama yang terbunuh dalam konflik Israel-Gaza.

"Kami menganggap ini sebagai pukulan besar terhadap kebebasan pers yang sudah terbatas di Gaza dan menyerukan kepada tentara untuk segera melakukan penyelidikan dan penjelasan."


Penembak Jitu Israel Dilaporkan Bunuh 2 Wanita, Ibu dan Anak di Gereja Gaza

Operasi Militer Israel di Tepi Barat
Ilustrasi tentara Israel di Gaza. (AP Photo/Majdi Mohammed)

Sementara itu, seorang penembak jitu Israel Defense Forces (IDF) atau Pasukan Pertahanan Israel atau tentara Israel dilaporkan menembak dan membunuh dua wanita di dalam Holy Family Parish (Paroki Keluarga Kudus) di Gaza pada Sabtu 16 Desember 2023. Demikian menurut Patriarkat Latin Yerusalem, yang mengawasi Gereja-Gereja Katolik di Siprus, Yordania, Israel, Gaza dan Tepi Barat.

"Mayoritas keluarga Kristen di Gaza telah mengungsi di paroki tersebut sejak dimulainya perang," kata patriarkat tersebut dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari CNN, Minggu (17/12/2023).

Kedua wanita tersebut, yang digambarkan sebagai ibu dan anak perempuannya, sedang berjalan menuju Sister’s Convent (Biara Suster), kata pihak patriarkat. "Satu orang tewas ketika dia mencoba membawa yang lainnya ke tempat aman," tambahnya.

Tujuh orang lainnya juga tertembak dan terluka dalam serangan itu.

"Tidak ada peringatan yang diberikan, tidak ada pemberitahuan yang diberikan," lanjut pernyataan itu.

"Mereka ditembak dengan kejam di dalam lingkungan paroki, di mana tidak ada pihak yang berperang."

Patriarkat tersebut mengatakan bahwa tank-tank IDF juga menargetkan Convent of the Sisters of Mother Theresa, (Biara Suster Bunda Theresa), yang menampung 54 penyandang disabilitas dan merupakan bagian dari kompleks gereja. Generator gedung, satu-satunya sumber listrik saat ini, serta sumber bahan bakar, panel surya, dan tangki air juga hancur.

"Roket IDF telah membuat biara itu tidak bisa dihuni," jelas patriarkat itu dalam pernyataannya.

Infografis Ragam Tanggapan PBB Serukan Resolusi Gencatan Senjata di Gaza. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ragam Tanggapan PBB Serukan Resolusi Gencatan Senjata di Gaza. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya