Militer Korea Selatan: Korut Diduga Uji Coba Rudal Hipersonik dan Meledak

Joint Chiefs of Staff(JCS) atau Kepala Staf Gabungan Korea Selatan awalnya mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Korut meluncurkan rudal balistik dari wilayah ibu kotanya sekitar pukul 5:30 pagi pada hari Rabu (26/6).

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 26 Jun 2024, 11:39 WIB
Diterbitkan 26 Jun 2024, 11:33 WIB
Stasiun TV di stasiun kereta Seoul, Korea Selatan menampilkan uji coba rudal terbaru Korea Utara, Rabu (26/6/2024). (AP/Ahn Yong Joon)
Stasiun TV di stasiun kereta Seoul, Korea Selatan menampilkan uji coba rudal terbaru Korea Utara, Rabu (26/6/2024). (AP/Ahn Yong Joon)

Liputan6.com, Seoul - Beberapa hari setelah Korea Utara (Korut) memprotes penempatan kapal induk AS di kawasan baru-baru ini untuk latihan militer trilateral dengan Korea Selatan dan Jepang, negeri pimpinan Kim Jong Un dikabarkan meluncurkan uji coba rudal balistik.

"Uji coba rudal balistik Korea Utara pada hari Rabu kemungkinan besar berakhir dengan kegagalan," kata militer Korea Selatan seperti dikutip dari Associated Press (AP), Rabu (26/6/2024). 

Joint Chiefs of Staff(JCS) atau Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Korut meluncurkan rudal balistik dari wilayah ibu kotanya sekitar pukul 5:30 pagi pada hari Rabu (26/6). Dikatakan bahwa rudal tersebut diluncurkan ke arah perairan timur Korea Utara, namun peluncuran tersebut diduga berakhir dengan kegagalan.

Kepala Staf Gabungan mengatakan otoritas intelijen Korea Selatan dan AS sedang menganalisis rincian peluncuran Korea Utara tersebut. Namun mereka tidak segera menjelaskan mengapa peluncuran tersebut diyakini gagal.

Tak lama kemudian pihak Korsel menyampaikan update terkait uji coba tersebut.

"Sebuah rudal diduga hipersonik diluncurkan oleh Korea Utara meledak dalam penerbangan pada hari Rabu (26/6)," kata militer Korea Selatan, sebuah perkembangan yang terjadi ketika Korea Utara memprotes penempatan kapal induk AS di kawasan untuk latihan militer trilateral dengan Korea Selatan dan Jepang.

Kepala Staf Gabungan itu kemudian mengatakan kepada wartawan Korea Selatan bahwa rudal tersebut meledak saat terbang di atas perairan kota pesisir timur Korea Utara, Wonsan. Dikatakan pecahan rudal tersebut tersebar di perairan, hingga 250 kilometer (155 mil) jauhnya dari lokasi peluncuran. Tidak ada kerusakan yang segera dilaporkan.

Kepala Staf Gabungan menduga senjata tersebut adalah rudal hipersonik berbahan bakar padat. Dikatakan bahwa peluncuran hari Rabu (26/6) mengeluarkan lebih banyak asap dibandingkan peluncuran normal karena kemungkinan kerusakan mesin. Dikatakan bahwa uji coba tersebut mungkin bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sistem senjata hipersonik.

Komando Indo-Pasifik AS mengatakan mereka mengutuk peluncuran yang dilakukan Korea Utara meskipun hal itu tidak menimbulkan ancaman langsung terhadap wilayah AS atau sekutunya. Dikatakan bahwa komitmen AS terhadap pertahanan Korea Selatan dan Jepang "tetap kuat".

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan pada Rabu (26/6) pagi bahwa mereka juga mendeteksi dugaan peluncuran rudal balistik oleh Korea Utara.

Kantor berita Korea Selatan Yonhap melaporkan rudal Korea Utara terbang sekitar 250 kilometer (155 mil).

Yonhap mengutip sumber militer Korea Selatan yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan Korea Utara diyakini telah menguji rudal hipersonik.

Sedangkan media Jepang melaporkan proyektil Korea Utara jatuh di luar zona ekonomi eksklusif Jepang.

Sejak tahun 2021, Korea Utara telah melakukan serangkaian uji coba rudal hipersonik dalam upaya untuk menembus perisai pertahanan rudal pesaingnya. Namun para ahli asing mempertanyakan apakah kendaraan hipersonik Korea Utara telah membuktikan kecepatan dan kemampuan manuver yang mereka inginkan selama uji penerbangan.

Dalam beberapa tahun terakhir, Korea Utara juga telah berupaya mengembangkan lebih banyak senjata berbahan bakar padat. Bahan bakar tersebut membuat peluncuran lebih sulit dideteksi dibandingkan rudal berbahan bakar cair, yang harus diisi bahan bakarnya sebelum lepas landas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Korut Uji Coba Rudal Setelah Kiriman Balon Sampah

Sebuah balon isi sampah yang diduga dikirim oleh Korea Utara terlihat di sawah di Incheon, Korea Selatan, pada 10 Juni 2024. (Im Sun-suk—Yonhap/AP)
Sebuah balon isi sampah yang diduga dikirim oleh Korea Utara terlihat di sawah di Incheon, Korea Selatan, pada 10 Juni 2024. (Im Sun-suk—Yonhap/AP)

Peluncuran rudal balistik yang dilaporkan oleh Korea Utara ini terjadi beberapa jam setelah Korea Selatan mengatakan Korut menerbangkan balon-balon besar yang kemungkinan membawa sampah melintasi perbatasan selama dua hari berturut-turut.

Korea Utara telah melakukan serangkaian peluncuran balon pembawa sampah ke arah Korea Selatan sejak akhir bulan Mei, sebagai respons balasan terhadap aktivis Korea Selatan yang menerbangkan selebaran politik melalui balon mereka sendiri.

Pada tanggal 9 Juni, Korea Selatan secara singkat memulai kembali siaran propaganda dari pengeras suara perbatasannya untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun sebagai tanggapannya atas pengiriman balon sampah dari Korut. Militer Korea Selatan mengatakan pada hari Senin (25/5) bahwa mereka siap untuk menyalakan pengeras suara lagi.

 


USS Theodore Roosevelt Tiba di Korsel untuk Latihan Trilateral

Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol akan menaiki USS Theodore Roosevelt yang tiba di Korea Selatan untuk latihan trilateral Korea Selatan-AS-Jepang, yang dijuluki Freedom Edge. (AP)
Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol akan menaiki USS Theodore Roosevelt yang tiba di Korea Selatan untuk latihan trilateral Korea Selatan-AS-Jepang, yang dijuluki Freedom Edge. (AP)

Sementara itu, USS Theodore Roosevelt tiba di Korea Selatan pada hari Sabtu (23/6) dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol menaiki kapal induk tersebut pada hari Selasa (25/6) – presiden Korea Selatan pertama yang menaiki kapal induk AS sejak tahun 1994.

Yoon mengatakan kepada pasukan Amerika dan Korea Selatan di kapal induk tersebut bahwa aliansi negara mereka adalah yang terbesar di dunia dan dapat mengalahkan musuh mana pun. Dia mengatakan kapal induk AS akan berangkat pada hari Rabu (26/6) untuk mengikuti latihan Korea Selatan-AS-Jepang, yang dijuluki "Freedom Edge".

Pelatihan ini bertujuan untuk mempertajam respons gabungan negara-negara tersebut di berbagai bidang operasi, termasuk udara, laut, dan dunia maya.

Wakil Menteri Pertahanan Korea Utara, Kim Kang Il, pada hari Senin (25/6) menyebut pengerahan kapal induk AS "sembrono" dan "berbahaya".

Korea Utara sebelumnya telah mengadakan latihan besar-besaran antara AS dan Korea Selatan sebagai latihan invasi dan bereaksi dengan uji coba rudal.

Para pejabat Seoul mengatakan pelatihan Korea Selatan-AS-Jepang yang akan datang dimaksudkan untuk memperkuat kemampuan respons ketiga negara terhadap ancaman nuklir Korea Utara yang terus berkembang pada saat Korea Utara sedang meningkatkan kemitraan militernya dengan Rusia.

Dalam pertemuan puncak di Pyongyang pekan lalu, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Rusia Vladimir Putin menandatangani perjanjian yang mengharuskan masing-masing negara memberikan bantuan jika diserang dan berjanji untuk meningkatkan kerja sama lainnya. Para pengamat mengatakan perjanjian tersebut mewakili hubungan terkuat antara kedua negara sejak berakhirnya Perang Dingin.

Amerika Serikat dan mitra-mitranya yakin Korea Utara telah menyediakan senjata konvensional yang sangat dibutuhkan Rusia untuk perang di Ukraina dengan imbalan bantuan militer dan ekonomi.

 


Peluncuran Pertama Sejak Supervisi Kim Jong

Kim Jong Un Memandu Langsung Latihan Penembakan Peluncur Roket Ganda Super
Foto-foto yang dirilis oleh media pemerintah menunjukkan Kim menyaksikan dari kejauhan setidaknya 18 proyektil yang melayang setelah ditembakkan dari truk peluncur. (STR / KCNA VIA KNS / AFP)

Peluncuran rudal terbaru Korea Utara ini dilaporkan sebagai demonstrasi senjata pertama sejak Kim Jong Un pada tanggal 30 Mei mengawasi penembakan beberapa peluncur roket berkemampuan nuklir, untuk mensimulasikan serangan pendahuluan terhadap Korea Selatan. Latihan tersebut dilakukan beberapa hari setelah upaya Korea Utara untuk menempatkan satelit mata-mata keduanya ke orbit berakhir dengan kegagalan, dan roket yang membawa satelit tersebut meledak di udara segera setelah lepas landas.

Sejak tahun 2022, Korea Utara telah secara tajam meningkatkan laju uji coba senjata untuk meningkatkan kemampuan serangan nuklirnya guna mengatasi apa yang mereka sebut sebagai ancaman militer AS yang semakin besar.

Para pakar asing mengatakan Korea Utara pada akhirnya bermaksud menggunakan persenjataan nuklirnya yang lebih besar untuk merebut konsesi yang lebih besar dari AS ketika diplomasi dilanjutkan.

Infografis Misteri Senjata Biologis Korea Utara
Infografis Misteri Senjata Biologis Korea Utara
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya