Mundur dari Pilpres AS 2024, Joe Biden Dukung Kamala Harris Melawan Donald Trump

Usai menyataan mundur dari Pilpres AS 2024, Joe Biden langsung memberikan dukungan pada Kamala Harris untuk mengalahkan Donald Trump.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 22 Jul 2024, 02:31 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2024, 02:26 WIB
Joe Biden dan Kamala Harris
Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Partai Demokrat, Joe Biden dan Kamala Harris melepaskan masker saat berbicara di atas podium di Alexis Dupont High School di Wilmington, Rabu (12/8/2020). Keduanya tampil perdana di depan publik sebagai pasangan capres-cawapres. (AP Photo/Carolyn Kaster)

Liputan6.com, Washington D.C - Usai mundur dari pemilihan presiden (Pilpres AS), Joe Biden mengumumkan bahwa ia mendukung Kamala Harris untuk maju menjadi calon presiden dari Partai Demokrat.

"Hari ini saya ingin memberikan dukungan penuh dan dukungan kepada Kamala untuk menjadi calon dari partai kita tahun ini. Saatnya bersatu dan mengalahkan Donald Trump. Mari kita lakukan," kata Joe Biden di akun X.

Berikut ini adalah isi lengkap pernyataan Joe Biden yang memutuskan mundur dari Pilpres AS 2024:

 

Rekan-rekan warga Amerika Serikat, selama tiga setengah tahun terakhir, kita telah membuat kemajuan besar sebagai sebuah negara. Saat ini, Amerika Serikat menjadi negara dengan ekonomi terkuat di dunia. Kita telah membuat investasi bersejarah dalam membangun kembali negara kita, menurunkan biaya obat resep untuk para manula, dan memperluas perawatan kesehatan yang terjangkau bagi sejumlah besar warga AS.

Kita telah menyediakan perawatan yang sangat dibutuhkan bagi sejuta veteran yang terpapar zat-zat beracun. Mengesahkan undang-undang keselamatan senjata pertama dalam 30 tahun. Menunjuk wanita Afrika-Amerika pertama ke Mahkamah Agung. Dan mengesahkan undang-undang iklim paling signifikan dalam sejarah dunia. AS tidak pernah berada dalam posisi yang lebih baik daripada saat ini.

Saya tahu semua ini tidak akan mungkin terjadi tanpa Anda, wahai rakyat AS. Bersama-sama, kita berhasil mengatasi pandemi yang terjadi dalam abad ini dan krisis ekonomi terburuk. Kita telah melindungi dan melestarikan demokrasi kita. Dan kita telah menghidupkan kembali dan memperkuat aliansi di seluruh dunia.

Merupakan kehormatan terbesar dalam hidup saya untuk menjabat sebagai Presiden AS. Dan meskipun saya berniat untuk mencalonkan diri kembali, saya yakin bahwa demi kepentingan terbaik partai dan negara ini, saya harus mengundurkan diri dan memilih fokus untuk memenuhi tugas saya sebagai presiden selama sisa masa jabatan.

Saya akan berbicara kepada publik ini minggu ini lebih rinci tentang keputusan saya. Untuk saat ini, izinkan saya menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua orang yang telah bekerja keras untuk melihat saya terpilih kembali.

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Wakil Presiden AS Kamala Harris karena telah menjadi mitra yang luar biasa. Dan izinkan saya menyampaikan penghargaan yang tulus kepada rakyat AS atas kepercayaan dan keyakinan yang telah Anda berikan kepada saya.

Saya percaya dan selalu saya yakini. Bahwa tidak ada yang tidak dapat dilakukan AS jika kita melakukannya bersama-sama. Kita hanya perlu mengingat bahwa kita adalah Amerika Serikat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Infografis Covid-19 Isu Panas Debat Capres Joe Biden Vs Donald Trump. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Covid-19 Isu Panas Debat Capres Joe Biden Vs Donald Trump. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya