Desa Kecil di India Dukung Kamala Harris Jadi Capres AS, Ini Alasannya

Penduduk di sebuah desa yang ada di India kompak merayakan dan mendoakan agar Kamala Harris maju sebagai capres di pemilu AS 2024.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 26 Jul 2024, 07:00 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2024, 07:00 WIB
Spanduk bergambarkan Kamala Harris di Desa Thulasendrapuram, India. (AP/Aijaz Rahi)
Spanduk bergambarkan Kamala Harris di Desa Thulasendrapuram, India. (AP/Aijaz Rahi)

Liputan6.com, New Delhi - Thulasendrapuram, sebuah desa kecil yang jaraknya sekitar 300 km dari kota Chennai di India selatan (sebelumnya Madras) dan 14.000 km dari Washington D.C, adalah tempat kampung dari kakek dan nenek dari pihak ibu Kamala Harris.

Pusat desa itu kini dengan bangganya memasang spanduk-spanduk berukuran besar bergambar Harris.

Berbagai perayaan mulai dari doa khusus yang dipanjatkan kepada dewa setempat atas keberhasilannya, nama Ibu Harris dan kakek dari pihak ibu ada dalam daftar donatur untuk kuil desa dan permen dibagikan.

Penduduk desa telah mengamati dengan cermat pemilihan presiden (pilpres) AS setelah pengunduran diri Joe Biden dan kemungkinan naiknya Harris sebagai calon presiden Amerika Serikat (AS).

"Bukanlah hal yang mudah untuk mencapai prestasi yang diraihnya di negara paling kuat di dunia," kata Krishnamurthi, pensiunan manajer bank, seperti dilansir BBC, Jumat (26/7/2024). 

"Kami sangat bangga padanya. Dulu orang India diperintah oleh orang asing, sekarang orang India memimpin negara-negara kuat."

Ada pula rasa bangga, terutama di kalangan perempuan. Mereka memandang Harris sebagai salah satu dari mereka, simbol dari apa yang mungkin dilakukan perempuan di mana pun.

"Semua orang mengenalnya, bahkan anak-anak. ‘Adikku, ibuku’ – begitulah cara mereka memanggilnya," kata Arulmozhi Sudhakar, perwakilan badan desa setempat.

"Kami senang dia tidak melupakan asal usulnya dan kami mengungkapkan kebahagiaan kami."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sama Seperti Saat Menjabat Jadi Wapres

Joe Biden dan Kamala Harris Resmi Pimpin Amerika Serikat
Wakil Presiden AS terpilih Kamala Harris saat dilantik oleh Hakim Agung Sonia Sotomayor di US Capitol di Washington, Rabu (20/1/2021). Kamala Harris datang menghadiri pelantikan didampingi sang suami Doug Emhoff. (AP Photo/Andrew Harnik)

Kegembiraan ini mengingatkan bagaimana penduduk desa turun ke jalan membawa kembang api, poster, dan kalender ketika Harris menjadi wakil presiden.

Ada pesta bersama di mana ratusan orang menikmati hidangan tradisional India Selatan seperti sambar dan idli yang, menurut salah satu kerabat Harris, merupakan salah satu makanan favoritnya untuk disantap.

Harris adalah putri Shyamala Gopalan, seorang peneliti kanker payudara, yang berasal dari negara bagian Tamil Nadu di bagian selatan, sebelum pindah ke AS pada tahun 1958. Orang tua Gopalan berasal dari Thulasendrapuram.

"Ibu saya, Shyamala, datang ke AS dari India sendirian pada usia 19 tahun. Dia adalah sosok yang berpengaruh – seorang ilmuwan, aktivis hak-hak sipil, dan seorang ibu yang menanamkan rasa bangga pada kedua putrinya," kata Harris dalam sebuah unggahannya.


Asal-usul Kamala Harris

Kamala Harris
Tapi, Kamala belum tentu mendapatkan tiket calon presiden dari partai Demokrat. Partai Demokrat baru menggelar konvensi, untuk menentukan capres mereka pada Agustus nanti. (AP Photo/Alex Brandon)

Harris mengunjungi Chennai bersama saudara perempuannya Maya setelah ibu mereka meninggal dan membenamkan abunya di laut sesuai dengan tradisi Hindu, menurut laporan di surat kabar The Hindu.

Harris berasal dari keluarga berprestasi. Paman dari pihak ibu, Gopalan Balachandran, adalah seorang akademisi. Kakeknya, PV Gopalan, menjadi birokrat India dan ahli dalam pemukiman kembali pengungsi.

Ia juga menjabat sebagai penasihat presiden pertama Zambia pada tahun 1960an.

"Dia [Kamala] telah menjadi tokoh terkemuka selama beberapa waktu sekarang. Ini bukanlah kejutan besar. Hal seperti ini sudah terjadi selama bertahun-tahun," kata R Rajaraman, seorang profesor emeritus fisika teoretis di Universitas Jawaharlal Nehru di Delhi dan teman sekelas ibu Harris.

Prof Rajaraman mengatakan dia kehilangan kontak dengan Shyamala tetapi bertemu dengannya lagi pada pertengahan tahun 1970an ketika dia melakukan perjalanan ke Berkeley di Amerika.

"Shyamala ada di sana. Dia memberiku secangkir teh. Kedua anak ini [Kamala dan saudara perempuannya Maya] ada di sana. Mereka tidak memperhatikan," kenangnya.

"Keduanya giat. Ada hal positif dalam diri ibunya, begitu pula di Kamala."


Warga Desa Nantikan Kemenangan Kamala Harris

Kamala Harris
Harris sendiri merasa tersanjung, usai mendapat dukungan Biden. (AP Photo/Alex Brandon)

Di Thulasendrapuram, penduduk desa menantikan pengumuman pencalonannya dalam waktu dekat.

"Chithi Kamala [bahasa Tamil untuk adik perempuan ibu] Sarala mengunjungi kuil ini secara teratur. Pada tahun 2014 dia menyumbangkan 5.000 rupee ($60; £46) atas nama Kamala Harris,” kata Natarajan, pendeta kuil.

Natarajan yakin doa mereka akan membantu Harris memenangkan pemilu.

Penduduk desa mengatakan mereka mungkin berada ribuan mil jauhnya dari Amerika, namun mereka merasa terhubung dengan perjalanannya. Mereka berharap dia akan mengunjungi mereka suatu hari nanti atau desa tersebut akan disebutkan dalam pidatonya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya