Next Generation Innovations, 3 Mahasiswa Raih Beasiswa di Kompetisi Pelajar Internasional

Next Generation Innovations merupakan kompetisi pelajar internasional yang digagas oleh Study Group untuk pertama kalinya.

oleh Tim Global diperbarui 09 Agu 2024, 08:48 WIB
Diterbitkan 08 Agu 2024, 17:54 WIB
Kompetisi pelajar internasional Next Generation Innovations. (Liputan6.com/ ist)
Kompetisi pelajar internasional Next Generation Innovations. (Liputan6.com/ ist)

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak tiga pelajar berhasil dinobatkan sebagai penerima beasiswa senilai lebih dari RM127.300 atau setara Rp444,7 juta (kurs Rp3.494) setelah berhasil maju sebagai pemenang dalam kompetisi pelajar internasional Next Generation Innovations.

Kompetisi ini diselenggarakan oleh spesialis pendidikan internasional terkemuka, Study Group, di Sunway Pyramid dengan melibatkan 8 siswa yang berasal dari berbagai sekolah menengah atas di seluruh Asia Tenggara.

Next Generation Innovations merupakan kompetisi pelajar internasional yang digagas oleh Study Group untuk pertama kalinya, yang bertujuan untuk membuka peluang bagi calon sarjana masa depan yang berambisi mendapatkan beasiswa guna melanjutkan karier akademis mereka ke jenjang yang lebih tinggi.

Pada kompetisi tersebut, para mahasiswa diminta untuk membuat proposal proyek sepanjang 5.000 kata yang menunjukkan bagaimana mereka berencana menggunakan pendidikan mereka untuk membuat perubahan di dunia. Proyek-proyek ini mencakup berbagai topik, mulai dari teknik hingga ilmu kesehatan dan bisnis.

Stephanie Jane dinobatkan sebagai juara Next Generation Innovations. Ia menyebut hal ini seperti mimpi yang menjadi kenyataan.

"Saya sangat gembira dapat menggunakan beasiswa ini untuk melanjutkan kuliah asasi internasional saya di Universitas Sheffield pada September 2024," ujarnya.

Dengan didapatkannya beasiswa ini, Stephanie akan mengikuti International Foundation Year di University of Sheffield International College milik Study Group pada bulan September mendatang, sebelum kemudian melanjutkan ke tahun pertama ia berkuliah Hukum di University of Sheffield pada tahun 2025.

Proyek berikutnya yang masuk dalam kategori juara kedua berjudul Superheroes Need Saving Too: Innovative Dual-Chip Tracker and a Cross-Border Protection System for Overseas Workers, oleh Crescia San Angel dari Filipina yang secara kreatif menggabungkan teknik modern dengan advokasi untuk memberikan perlindungan pekerja asing di luar negeri.

Crescia akan memasuki International Foundation Year pada bulan November mendatang di University of Sheffield International College milik Study Group, untuk melanjutkan ke tahun pertamanya di bidang Hubungan Internasional di Durham University pada 2025.

Proyek ketiga berjudul Pangéstu, oleh Vanessa Shannon Suryandi dari Indonesia, yang menginspirasi dunia kesehatan dengan pendekatan inovatif untuk merevitalisasi pariwisata kesehatan di Indonesia secara etis.

Vanessa akan memasuki International Foundation Year di University of Sheffield International College milik Study Group pada September mendatang, untuk melanjutkan studi Bisnis tahun pertamanya di University of Sheffield pada tahun 2025.

Next Generation Innovations merupakan platform baru yang berfungsi untuk membuka lebih banyak peluang bagi mahasiswa tingkat sarjana untuk mengakses peluang akademis berkualitas tinggi secara global.

Kompetisi pelajar internasional telah lama menciptakan ruang bagi mahasiswa untuk terhubung dengan rekan-rekan mereka serta mentor dari berbagai belahan dunia untuk memperluas perspektif dan jaringan mereka secara keseluruhan. Dengan menghadirkan peluang ini kepada para mahasiswa, Study Group ingin menumbuhkan pentingnya aksesibilitas terhadap pendidikan tinggi.

Kompetisi ini resmi diluncurkan pada 22 April 2024, dan para mahasiswa diharuskan untuk menyerahkan proposal proyek mereka paling lambat 30 Juni 2024. Panel juri, yang meliputi para profesor dan pakar industri, memilih 8 finalis yang disponsori ke Malaysia untuk menghadiri babak grand final.

Di sana, para finalis menyampaikan ide-ide mereka dalam presentasi selama 15 menit yang diikuti dengan sesi tanya jawab yang menarik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya