Alunan Musik Rebana Sambut Kedatangan Paus Fransiskus di Masjid Istiqlal

Pesan perdamaian menjadi fokus dalam kunjungan Paus Fransiskus ke Masjid Istiqlal.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 05 Sep 2024, 09:27 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2024, 09:26 WIB
Ilustrasi Masjid Istiqlal. (Liputan6.com/Benedikta Miranti)
Ilustrasi Masjid Istiqlal. (Liputan6.com/Benedikta Miranti)

Liputan6.com, Jakarta - Pemimpin Gereja Katolik Sedunia sekaligus Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus telah tiba di Masjid Istiqlal, Jakarta, sekitar pukul 09.05 WIB.

Setibanya di Masjid Istiqlal, Paus Vatikan ke-266 itu langsung disambut oleh Imam Besar Nasaruddin Umar.

"Selamat datang, selamat datang di Masjid Istiqlal. Penuh damai, penuh kasih, penuh kasih sayang," demikian bunyi nyanyian dan musik rebana yang menyambut kedatangannya.

Adapun sejumlah perwakilan pemerintahan seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Investasi Indonesia merangkap Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Rosan Roeslani dan Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi turut hadir dalam kesempatan tersebut.

Sementara tokoh lain yang juga hadir adalah Mantan Presiden RI Jusuf Kalla, mantan Menteri Agama Indonesia Quraish Shihab, mantan Menteri Luar Negeri Alwi Shihab, hingga mantan Ibu Negara Indonesia Sinta Nuriyah.

Di Masjid Istiqlal, Paus Fransiskus akan menyusuri "Terowongan Silaturahmi", yang menyambungkan masjid dengan Gereja Katedral.

Sebelumnya, Nasaruddin mengatakan bahwa Paus Fransiskus sangat terkesan dengan terowongan itu.

"Karena ini kan terowongan toleransi pertama di dunia ya, dan lengkap dengan simbol-simbolnya yang sangat artistik, beliau sangat terkesan ingin mengunjungi masuk ke dalamnya," kata Nasaruddin di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (4/9/2024).

Adapun pertemuan Paus Fransiskus dengan tokoh agama di Masjid Istiqlal menyorot isu toleransi dan perdamaian antar umat beragama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Agenda Selanjutnya

Di Katedral Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga, Paus Fransiskus Bertemu dengan Para Anggota Komunitas Katolik
Pastor Paroki Gereja Katedral Jakarta, Hani Rudi Hartoko mengatakan agenda pertama yang dilakukan adalah pertemuan dengan uskup, para Imam, kaum religius dan katekis. (Tiziana FABI/AFP)

Usai menghadiri agenda di Masjid Istiqlal, Paus Fransiskus dijadwalkan akan berkunjung ke kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI). Di sana, ia akan bertemu dengan anak-anak Penerima Manfaat Organisasi Amal.

Agendanya dilanjutkan dengan memimpin Misa Akbar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) yang akan dimulai pada pukul 17.00. Misa akan dihadiri sekitar 86 ribu umat Katolik. 

 

Infografis Kilas Balik Kunjungan Paus ke Indonesia. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Kilas Balik Kunjungan Paus ke Indonesia. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya