Vape dan Power Bank Meledak Dikira Bom di Pesawat, 236 Orang Gagal Terbang dan Dievakuasi

Penumpang EasyJet yang ketakutan berteriak "bom" setelah vape dan power bank meledak dalam penerbangan menuju Inggris.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 23 Sep 2024, 16:16 WIB
Diterbitkan 23 Sep 2024, 16:16 WIB
Ilustrasi kecelakaan pesawat, pesawat jatuh. (macrovector/Freepik)
Ilustrasi kecelakaan pesawat, pesawat jatuh. (macrovector/Freepik)

Liputan6.com, Kreta - Penumpang pesawat EasyJet panik berteriak "bom" saat mereka dievakuasi dari penerbangan yang akan berangkat ke London, Inggris setelah terjadi kebakaran dari dalam tas belum lama ini.

Laporan Mirror.co.uk yang dikutip Senin (23/9/2024) menyebut pesawat yang membawa 236 orang itu bersiap lepas landas dari Bandara Heraklion di Kreta Yunani menuju Gatwick, Inggris ketika sebuah tas yang dikatakan berisi vape dan power bank tiba-tiba meledak. Asap pekat memenuhi kabin saat semua penumpang dievakuasi dari penerbangan EZY8216.

Seorang penumpang yang panik mengatakan kepada MailOnline bahwa mereka mendengar orang-orang berteriak "bom" saat mereka bergegas turun dari pesawat, saat parasut darurat diluncurkan dari pintu masuk. Yang lain mengatakan mereka mendengar seseorang bertanya: "apa itu, apa itu?" Beberapa detik kemudian, ledakan terjadi.

Seorang sumber mengatakan kepada The Sun: "Itu adalah pemandangan yang dramatis tetapi staf tetap tenang dan semua orang sangat bersyukur kebakaran tidak terjadi di ketinggian 30.000 kaki. Itu tidak perlu dipikirkan."

Dalam surat kepada staf, Direktur Operasi Penerbangan EasyJet Bart Prudon mengatakan kebakaran itu disebabkan oleh kebakaran di tas penumpang. Ia menulis: “Awak pesawat kami segera mengikuti prosedur, yang meliputi evakuasi pesawat, penggunaan alat pemadam kebakaran, dan menghubungi layanan pemadam kebakaran bandara. Layanan medis disediakan untuk pelanggan dan awak pesawat kami.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada awak pesawat kami yang merespons dengan cepat dan semua orang yang mendukung operasi selama insiden ini. Kami memahami bahwa kejadian seperti ini dapat berdampak pada rekan kerja kami dan kami di sini untuk mendukung Anda juga jika Anda membutuhkannya."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Evakuasi Sesuai Prosedur

Ilustrasi Pesawat Terbang
Ilustrasi pesawat terbang. (Pixabay/qimono)

Dalam pernyataan yang dibagikan kepada Mirror, maskapai tersebut mengatakan: “easyJet dapat mengonfirmasi bahwa penerbangan EZY8216 dari Heraklion (Yunani) ke London Gatwick dievakuasi selama proses naik pesawat sebelum keberangkatan pada 17 September, karena kebakaran di tas kabin penumpang. Petugas pemadam kebakaran mendatangi pesawat dan awak kabin mengevakuasi pesawat sesuai dengan prosedur.

“Pelanggan dirawat di terminal sementara pesawat pengganti dan awak pesawat diatur untuk menerbangkan pelanggan pulang di hari yang sama. Keselamatan adalah prioritas utama kami.”

Infografis 7 Insiden Fatal Pesawat Boeing
Infografis 7 Insiden Fatal Pesawat Boeing. (Liputan6.com/Putri Astrian Surahman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya