Negara-negara di Kepulauan Pasifik Alami Lonjakan Perdagangan Narkoba Global

Negara di kawasan Pasifik seperti Fiji dan Tonga masuk dalam rute perdagangan narkoba dari kartel internasional.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 09 Okt 2024, 17:03 WIB
Diterbitkan 09 Okt 2024, 17:03 WIB
Ilustrasi negara-negara Kepulauan Pasifik.
Ilustrasi negara-negara Kepulauan Pasifik.

Liputan6.com, Nuku'alofa - Lonjakan narkoba melanda wilayah Pasifik Selatan. Dilaporkan, kartel dan triad menggunakan negara-negara kepulauan tersebut untuk menyalurkan narkotika ke seluruh dunia, kata pejabat tinggi kepolisian dan Perserikatan Bangsa Bangsa kepada AFP.

Kepulauan Pasifik seperti Fiji dan Tonga berada di persimpangan rute perdagangan yang sebagian besar tidak dipatroli.

Lalu wilayah ini digunakan untuk memindahkan kokain dari Amerika Latin dan metamfetamin dan opioid dari Asia, dikutip dari laman Japan Today, Rabu (9/10/2024).

Kargo gelap ini semakin banyak beredar ke tangan lokal, yang memicu kecanduan narkoba di komunitas-komunitas yang sebelumnya jarang terjadi kejahatan serius.

"Kami adalah korban dari lokasi geografis kami. Titik transit yang ideal bagi kapal-kapal yang menyeberangi Pasifik," kata Komisaris Polisi Tonga Shane McLennan kepada AFP.

"Kami memiliki wilayah laut yang sangat luas, dan kami memiliki 176 pulau yang, pada umumnya tidak terlindungi."

Bongkahan-bongkahan narkoba diturunkan selama singgah di pelabuhan-pelabuhan pulau Pasifik yang sepi.

"Informasi yang kami terima adalah zat-zat terlarang masuk melalui kargo umum yang dikirim melalui Tonga," kata McLennan.

"Saat ini sebagian besar adalah metamfetamin."

Penggunaan metamfetamin telah merajalela di Tonga -- negara yang sangat beragama Kristen dengan 105.000 penduduk -- sehingga Indeks Kejahatan Terorganisir Global menyamakannya dengan "wabah".

"Ini menjadi masalah," kata sopir taksi Latimuli Taliauli (39) kepada AFP saat ia menunggu seorang penumpang di pasar Talamahu yang kumuh di ibu kota Tonga, Nuku'alofa.

"Ada beberapa orang yang berjalan di sekitar sini yang terluka karena metamfetamin," tambahnya, sambil menunjuk seorang pria yang tampak acak-acakan di antara deretan sayuran dan kerajinan tangan lokal.

 

Data Penguna Narkoba di Negar Pasifik

Ilustrasi Narkoba (RenoBeranger/ Pixabay)
Ilustrasi Narkoba (RenoBeranger/ Pixabay)

Data tentang penggunaan narkoba, kecanduan, dan kejahatan langka atau bahkan tidak ada di banyak negara berkembang di Pasifik.

Namun, catatan pengadilan menunjukkan sistem hukum Tonga dipenuhi oleh pengguna dan pengedar narkoba, mulai dari pekerja bangunan dan mekanik hingga akuntan dan guru.---Seorang pencuri remaja dan seorang kaki tangannya yang berusia 20 tahun muncul di pengadilan tahun ini karena menggeledah Museum Nasional Tonga dan mencuri puluhan artefak berharga, menurut laporan vonis yang diperoleh AFP.

Narkoban ini diperjualbelikan untuk mendapatkan satu gram metamfetamin, menurut laporan tersebut, yang nilainya hanya USD 100.

Penggerebekan baru-baru ini mengisyaratkan besarnya apa yang disebut "jalan raya narkoba Pasifik".

 

4 Ton Metamfetamin Disita di Fiji

Ilustrasi Narkoba (Istimewa)
Ilustrasi Narkoba (Istimewa)

Empat ton metamfetamin disita di Fiji tahun ini, disembunyikan dalam paket plastik berlabel "perekat ubin universal".

Hal ini menempatkan Fiji -- negara yang lebih dikenal sebagai negara yang lebih dikenal sebagai negara pariwisata daripada perdagangan narkoba -- setara dengan penyitaan terbesar yang dilaporkan di pusat-pusat metamfetamin global seperti Thailand atau Hong Kong.

Kokain mulai beredar di negara-negara kepulauan Pasifik setidaknya 20 tahun lalu, saat kartel Amerika Latin berupaya memenuhi keinginan Australia akan obat-obatan terlarang.L

Infografis Artis Terjerat Kasus Narkoba
Infografis Artis Terjerat Kasus Narkoba (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya