Sontek Cara Jitu Mudah Mengingat

Membaca dengan keras hal yang ingin diingat lebih ampuh dibandingkan membaca secara diam.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 28 Des 2015, 19:29 WIB
Diterbitkan 28 Des 2015, 19:29 WIB
3 Langkah Agar Bisa Membaca Satu Buku Sehari
Ingin baca buku lebih banyak? Kamu paling enggak harus bisa membaca satu buku setiap hari.

Liputan6.com, London - Pernah merasa sulit mengingat sesuatu? Coba baca keras hal yang ingin Anda ingat. Misalnya saat membaca koran dan ingin mengingat nama seseorang yang tercantum di dalamnya coba baca lalu ucapkan dengan keras.

Sebuah studi dari Montreal University, Kanada ungkapkan membaca dengan keras hal yang ingin diingat lebih ampuh dibandingkan membaca secara diam.

Hasil tersebut didapatkan setelah peneliti melakukan riset terhadap 44 partisipan yang membaca di layar. Pertama-tama mereka diminta membaca kalimat di layar di dalam hati, kemudian membaca sambil menggerakkan bibir, terakhir membaca sedikit keras kepada orang lain.

Para peneliti menemukan hasil ingatan kuat ketika membacakan hal tersebut ke orang lain diikuti membaca dengan mengeluarkan suara bagi diri sendiri.

"Fakta sederhana terkuak bahwa artikulasi tanpa membuat suara ciptakan jaringan sensorimotor yang meningkatkan kemampuan kita untuk mengingat. Tapi jika dibantu dengan bicara, ingatan makin kuat," tutur Profesor Victor Boucher.

Mengingat sesuatu sambil membacakannya dengan keras terkait dengan ekspresi verbal. Otak akan mengingat informasi itu lebih kuat karena melibatkan lebih banyak indra seperti diungkap Boucher dalam laman Daily Mail, Senin (28/11/2015).

"Semakin banyak cara kita untuk mengolah informasi, mulai dari menggerakkan bibir, berbicara dengan keras, berbicara dengan orang lain akan hal tersebut semakin mudah kita mengingatnya," ungkapnya.

Selain berbicara keras, para psikolog ungkapkan ada beberapa cara lain untuk tingkatkan ingatan mulai dari memegang makan permen karet, minum air, hingga mengingat hal-hal bodoh terkait dengan hal tersebut.

 

Baca Juga:

Mengapa Sulit Mengingat Hal yang Baru Terjadi?

Tips Mudah Mengingat Nama Orang

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya