Selain Bikin Lezat, Ini 5 Manfaat Hebat Bawang Merah

Selain bisa membuat makanan jadi lezat, bawang merah juga bermanfaat bagi kesehatan.

oleh Liputan6.com diperbarui 02 Agu 2018, 07:00 WIB
Diterbitkan 02 Agu 2018, 07:00 WIB
Bawang Merah (iStockphoto)
Tak cuma nikmat, bawang merah juga punya manfaat bagi kesehatan. (Foto: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Bawang merah menjadi salah satu bumbu wajib saat memasak. Hampir semua masakan menggunakan bahan ini untuk menyedapkan makanan. 

Selain bisa membuat makanan jadi lezat, bawang merah juga bermanfaat bagi kesehatan. Seperti dilansir laman Health, Rabu (1/8/2018)

1. Kaya antioksidan

Bawang merah mengandung vitamin C, folat, kalium dan mangan. Di dalamnya juga ada senyawa antiinflamasi yang kuat.

2. Meningkatkan kepadatan tulang

Dalam penelitian yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition, peneliti melihat seberapa sering orang Italia dan Swiss mengonsumsi bawang merah, bawang putih dan sayuran. Hasilnya orang yang mengonsumsi lebih banyak bawang merah, risiko terkena kanker semakin rendah .

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Melancarkan sistem pencernaan

Harga Bawang Merah Melonjak Menyusul Beras
Bawang merah. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

 

Bawang merah kaya akan inulin, sejenis serat yang bertindak sebagai prebiotik. Inulin juga membantu mencegah sembelit, memperbaiki regulasi gula darah dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

4. Membantu menurunkan kolestrol

Sebuah penelitian menunjukan wanita yang kelebihan berat badan dengan polycystic ovary syndrome (PCOS). Mereka terbagi dalam dalam dua kelompok, ada yang diminta mengonsumsi banyak bawang merah, kelompok kedua diminta sedikit konsumsi bawang merah. Hasilnya orang yang mengonsumsi banyak merah, tingkat kolesterol jahat turun.

5. Manfaat lebih kombinasi bawang dan tomat

Para ilmuwan percaya bahwa senyawa sulfur dalam bawang meningkatkan penyerapan likopen, antioksidan pada tomat terkait dengan perlindungan terhadap kanker dan penyakit jantung, serta kesehatan otak, tulang, dan mata. Anda dapat mengkonsumsinya lewat kombinasi yang lezat di omelet, salad, sop, dan tumis.

 

 

Penulis: Nita Utami

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya