Data Kematian COVID-19 Dirapikan, Penanganan Pandemi Terkendala?

Data kematian COVID-19 sedang dirapikan, penanganan pandemi nanti terkendala atau tidak?

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 12 Agu 2021, 18:18 WIB
Diterbitkan 12 Agu 2021, 18:17 WIB
FOTO: Sebagian Lahan TPU Bambu Apus Digunakan Untuk Pemakaman Jenazah dengan Protokol COVID-19
Petugas membawa peti berisi jenazah yang akan dimakamkan dengan protokol COVID-19 di TPU Bambu Apus, Jakarta, Jumat (22/1/2021). Sejak dibuka Kamis (21/1) kemarin hingga hari ini, tercatat sekitar 35 jenazah dimakamkan dengan protokol COVID-19 di TPU Bambu Apus. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah sedang merapikan data kematian COVID-19 untuk digunakan kembali masuk penilaian indikator level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Ini karena ada temuan input data berupa akumulasi angka kematian beberapa minggu sebelumnya, sehingga tidak bersifat aktual. 

Lantas apakah perbaikan data kematian COVID-19 mengganggu penanganan pandemi nanti? Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi menjawab, perbaikan data kematian ini berupaya memberi gambaran kondisi nyata di lapangan.

"Justru ini memberikan kondisi yang lebih nyata," terang Nadia kepada Health Liputan6.com melalui pesan singkat pada Kamis, 12 Agustus 2021.

Adanya data kematian akibat Corona COVID-19 yang tidak realtime bisa menimbulkan distorsi (penyimpangan) dalam proses analisis suatu daerah. Perbaikan data dengan cara memilah data kematian realtime hari itu dengan akumulasi data kematian hari-hari sebelumnya.

"Kalau ditanya kapan (perbaikan data kematian COVID-19) selesai? Segera mungkin ya. Nanti pasti akan diinfokan (lagi)," imbuh Nadia.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Benahi Data Kematian COVID-19 demi Peroleh Angka Valid

FOTO: Lokasi Pemakaman dengan Protokol COVID-19 di TPU Srengseng Sawah Hampir Penuh
Petugas merapikan nisan makam jenazah dengan protokol COVID-19 di TPU Srengseng Sawah, Jakarta, Kamis (21/1/2021). Sebagian lahan TPU Srengseng Sawah dijadikan pemakaman jenazah Covid-19 sejak Selasa (12/1) lalu, dengan kapasitas 564 petak makam kini nyaris penuh. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pemerintah juga berusaha bertindak cepat untuk membenahi data kematian COVID-19 demi memeroleh gambaran angka yang valid, sehingga hasil penilaian daerah makin akurat.

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate menegaskan, sudah menjadi komitmen Pemerintah melakukan pengawasan dan perbaikan jika ditemukan adanya kekurangan. 

"Bekerja sama dengan pemerintah daerah dan elemen-elemen terkait, pemerintah pusat terus berusaha memperbaiki teknis pendataan dan meningkatkan kualitas data," tegasnya melalui pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com hari ini.

"Ini untuk mengetahui dengan lebih pasti kondisi pandemi di Indonesia."

Selama perbaikan data kematian COVID-19 dilakukan, Pemerintah menggunakan indikator lain untuk penilaian sementara waktu ini.

"Seperti diungkapkan Juru Bicara Menko Marves Jodi Mahardi kemarin (11/8/2021), indikator lain misalnya, tingkat pemanfaatan tempat tidur, kasus konfirmasi, perawatan di rumah sakit, pelacakan (tracing), pemeriksaan (testing), dan kondisi sosio ekonomi masyarakat," lanjut Plate.


Infografis 10 Tips Aman Bersepeda di Tengah Pandemi

Infografis 10 Tips Aman Bersepeda di Tengah Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 10 Tips Aman Bersepeda di Tengah Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya