Mengapa Timbul Rasa Sakit Saat Menstruasi? Ini Penjelasannya!

Apabila nyeri yang dirasakan nggak kunjung mereda setelah melakukan berbagai cara, ada baiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

oleh stella maris pada 06 Jul 2022, 01:24 WIB
Diperbarui 06 Jul 2022, 01:27 WIB
Gambar Ilustrasi Wanita Mengalami Kram Perut Saat Menstruasi
Sumber : Freepik

Liputan6.com, Jakarta Setiap bulan, normalnya wanita akan mengalami menstruasi atau haid. Meski tanggal menstruasi tak melulu sama di setiap bulan, namun 'efek' menstruasi hampir selalu sama. 

Mulai dari nyerinya payudara, nafsu makan meningkat, hingga nyeri di area perut yang kadang kerap mengganggu aktivitas. Kamu pernah mengalaminya? 

Ternyata diketahui, rasa nyeri ini diakibatkan oleh adanya kontraksi pada dinding rahim yang menekan pembuluh darah. Ketika pembuluh darah pada rahim tertekan, suplai darah dan suplai oksigen akan terpotong. Tanpa adanya suplai oksigen, jaringan yang ada di rahim akan melepaskan senyawa yang memicu timbulnya rasa sakit.

Laman NHS seperti dikutip laman Merdeka menjelaskan bahwa selama asa haid tubuh juga akan memproduksi prostaglandin. Prostaglandin memicu otot rahim untuk berkontraksi lebih banyak sehingga menambah rasa sakit yang Anda alami. Seringkali rasa nyeri tersebut menghalangi Anda dalam melakukan aktivitas. 

Lantas apa yang harus dilakukan ketika nyeri kerap menghampiri ketika masa menstruasi? Ada beberapa tips yang bisa kamu coba, yaitu: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Kompres

Mengompres perut dengan menggunakan air hangat akan membantu melancarkan peredaran darah dan mengurangi rasa sakit akibat menstruasi. Kamu dapat memasukkan air hangat ke dalam botol. Kemudian lapisi botol dengan handuk tipis dan letakkan di bagian yang terasa nyeri. 


2. Mandi Air Hangat

Mandi dengan menggunakan air hangat dapat membantu tubuhmu jadi lebih rileks. Dilansir dari situs Doctors of Osteopathic Medicine, air hangat dapat membantu melancarkan aliran darah ke daerah panggul dan mengendurkan otot yang kram.

 


3. Olahraga

Kamu mungkin hanya ingin rebahan saja ketika mengalami rasa nyeri. Namun, olahraga secara rutin dapat mengurangi rasa sakit yang dialami. Kamu bisa mencoba untuk melakukan yoga, pilates, berenang, jalan kaki, ataupun bersepeda santai 


4. Minum Air Putih

Konsumsi air putih selama masa haid sangat dianjurkan. Hal ini dikarenakan air putih dapat mencegah dehidrasi, mengatasi kram perut, dan melancarkan aliran darah.

 


5. Minum Teh Herbal

Selain itu, kamu juga  bisa mengonsumsi teh untuk membantu meringankan rasa nyeri akibat haid. Teh memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi kembung akibat menstruasi. Kamu bisa mencampurkan teh dengan bahan lain, seperti madu dan kayu manis.

Apabila nyeri yang dirasakan nggak kunjung mereda setelah melakukan berbagai cara, ada baiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Pilihlah dokter berpengalaman dan berasal dari rumah sakit yang memiliki dukungan fasilitas medis lengkap dan terkini, serta memberikan pelayanan terpadu, untuk perawatan kesehatanmu. 

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya