Viral Pasien Telantar di Puskesmas Negeri Lama Sumatera Utara, Kini Sudah Meninggal Dunia

Dua hari lalu, video viral menunjukkan seorang perempuan menangis sambil berteriak tak ada yang menangani ayahnya di depan Puskesmas Negeri Lama, Sumatera Utara. Kini, pasien dikabarkan sudah meninggal dunia

oleh Diviya Agatha diperbarui 20 Apr 2023, 16:00 WIB
Diterbitkan 20 Apr 2023, 16:00 WIB
Viral Pasien Terlantar di Puskesmas Negeri Lama Sumatera Utara
Viral Pasien Telantar di Puskesmas Negeri Lama Sumatera Utara, Kini Sudah Meninggal Dunia (Sumber: TikTok/famarcll)

Liputan6.com, Jakarta Dua hari lalu, sebuah video viral menunjukkan seorang anak perempuan menangis sambil berteriak di depan Puskesmas Negeri Lama, Rantau Prapat, Labuhanbatu, Sumatera Utara.

Anak perempuan itu nampak sangat marah lantaran tidak ada satu pun dokter muncul untuk menangani ayahnya yang merintih kesakitan di dalam ambulans.

Kini, kabar duka menghampiri. Ayah dari anak perempuan yang mengamuk di Puskesmas Negeri Lama tersebut sudah meninggal dunia. Kabar itu disampaikan melalui video terbaru yang diunggah di media sosial.

"Semoga aku bisa sekuat bapak ya," tulis anak perempuan yang sempat mengamuk di Puskesmas Negeri Lama melalui unggahan terbarunya pada akun TikTok @famarcll, Kamis (20/4/2023).

Dalam video singkat itu, terlihat sang ayah sudah menutup mata di dalam sebuah peti berwarna putih. Anak perempuan yang bersangkutan juga terlihat menangis di samping jenazah ayahnya.

Belum Ada Respons dari Puskesmas Negeri Lama

Hingga saat ini, Puskesmas Negeri Lama, Sumatera Utara belum memberikan respons apapun. Belum ada pernyataan yang disampaikan oleh pihak puskesmas hingga kabar pasien terlantar tersebut mencuat ke publik.

Namun, beberapa warganet yang mengetahui viralnya kabar pasien terlantar di Puskesmas Negeri Lama sudah memberikan ulasan buruk pada laman Google.

"Seorang dokter harus tulus bekerja sesuai sumpahnya, bukan sesuai jam bayarannya. Karena tidak ada ditulis sesuai bayaran, tapi untuk perikemanusiaan. Kalau tidak bisa tunaikan sumpah, tidak usah jadi dokter," tulis seorang warganet sambil memberikan bintang satu untuk Puskesmas Negeri Lama di Google.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Warganet Ucap Duka Cita untuk Anak Perempuan yang Viral

Viral Pasien Terlantar di Puskesmas Negeri Lama Sumatera Utara
Viral Pasien Terlantar di Puskesmas Negeri Lama Sumatera Utara, Kini Sudah Meninggal Dunia (Sumber: TikTok/famarcll)

Usai video ayahnya yang meninggal dunia diunggah oleh sang anak pagi tadi, banyak warganet menyampaikan ungkapan duka cita pada kolom komentar.

"Bapak kakak orang baik, ramah. Aku juga masih gak percaya karena sering jumpa sama tulang ini kalau lagi jaga di posko. Turut berduka cita ya kak," tulis seorang warganet pemilik akun @h***a.

"Semangat ya kak. Jadi teringat alm bapakku," tulis akun @p***g.

"Turut berduka cita ya kakak sayang, semoga bapak tenang di sana" ujar pemilik akun TikTok @r***7.

Ada pula warganet yang menyayangkan lantaran tidak ada dokter di puskesmas tersebut. Pasalnya, masih ada kemungkinan sang ayah bisa selamat.

"Yang sabar ya kak. Andai di puskesmas ada dokter, kemungkinan bisa diselamatkan," tulis akun @e***m.


Awal Mula Video Viral Anak Ngamuk Ayahnya Terlantar

Viral Luapan Emosi Anak Tak Ada Dokter di Puskesmas Negeri Lama, Sumatera Utara Tangani Ayahnya
Viral Luapan Emosi Anak Tak Ada Dokter di Puskesmas Negeri Lama, Sumatera Utara Tangani Ayahnya, Rintihannya Bikin Miris. (Sumber: TikTok/famarcll)

Sebelumnya, video seorang anak perempuan berteriak sambil menangis di depan Puskesmas Negeri Lama, Rantau Prapat, Labuhanbatu, Sumatera Utara viral di media sosial.

Pasalnya, anak perempuan yang bersangkutan sudah satu jam menunggu dokter demi menangani ayahnya. Namun, tak ada satupun dokter yang kunjung tiba.

"Kalian tahu di sini? Ini di Negeri lama, di Negeri Lama Sumatera Utara, enggak ada dokter. Tengok bapakku satu jam sudah enggak ditolong sama dokter," ujar wanita pemilik akun TikTok @famarcll melalui unggahannya Selasa, 19 April 2023.

"Ini di puskesmas. Di mana-mana enggak ada dokter. Enggak ada yang mau ngirim ke sini dokter," sambungnya yang masih menyaksikan sang ayah berada di dalam mobil ambulans.


Warganet Miris Dengar Rintihan Pasien di Sumut

Viral Luapan Emosi Anak Tak Ada Dokter di Puskesmas Negeri Lama, Sumatera Utara Tangani Ayahnya
Viral Luapan Emosi Anak Tak Ada Dokter di Puskesmas Negeri Lama, Sumatera Utara Tangani Ayahnya, Rintihannya Bikin Miris. (Sumber: TikTok/famarcll)

Menyaksikan video tersebut, banyak warganet merasa miris. Hal ini lantaran suara pasien atau ayah dari anak perempuan yang berada di Puskesmas Negeri Lama itu terdengar pada latar video.

"Gak tega dengar rintihan bapaknya. Gimana keadaan bapaknya sekarang dek," tulis pemilik akun TikTok @l***u.

"Sakitnya hati sampai ke sini," ujar akun @n***j.

"Ya Allah rintihan bapaknya, gak tega. Inget bapakku," kata pemilik akun f***a.

"Gak kebayang gimana perasaan kalian. Semoga baik-baik saja bapaknya. Amin," sambung warganet lainnya.

"Ya Allah kasihan mendengar rintihan bapaknya," kata akun @h***n ikut menimpali.

"Haduh kasihan sekali. Pernah ngerasain. Keponakanku dibiarkan begitu saja. Pas viral baru dikasih ruangan VIP," tulis akun @a***i.

Infografis Gejala Covid-19 Arcturus dan Potensi Penyebaran Cepat. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Gejala Covid-19 Arcturus dan Potensi Penyebaran Cepat. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya