Risiko Jika Mudik Bawa Anabul, Bisa Stres Berat hingga Muncul Masalah Fisiologis

Dokter hewan beberkan risikonya jika memilik mudik bawa anabul seperti kucing. Apalagi jika membawa dengan motor untuk perjalanan yang cukup jauh.

oleh Diviya Agatha diperbarui 22 Apr 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 22 Apr 2023, 18:00 WIB
Viral Mudik Lebaran Idul Fitri 2023 Bawa Anabul Gunakan Motor
Viral Mudik Lebaran Idul Fitri 2023 Bawa Anabul Gunakan Motor. (Sumber: Twitter/TxtSerang)

Liputan6.com, Jakarta Mudik jadi aktivitas khas saat Lebaran Idul Fitri. Namun, ada yang berbeda pada musim mudik Lebaran kali ini lantaran video mudik bawa anabul (anak bulu) yakni kucing viral di media sosial.

Dari beberapa video viral, terlihat beberapa pemudik yang menggunakan motor membawa kucing mereka untuk ikut mudik. Perjalanan mudik bawa kucing itu ditempuh untuk jarak yang sangat jauh, bahkan beda pulau.

Dokter hewan Nur Purba Priambada yang aktif membuat cuitan di Twitter melalui akun @piyopikavet mengungkapkan bahwa sebenarnya ada risiko jika Anda memilih mudik bawa hewan peliharaan seperti kucing.

Menurut pria yang akrab disapa Purbo tersebut, membawa kucing saat mudik dapat membuatnya tersiksa sepanjang perjalanan. Apalagi jika mudik dengan motor dilakukan dengan menempuh perjalanan jauh.

"Kasian kucingnya tersiksa sepanjang perjalanan dikekep kaya gitu, kena angin-panas-bising-asap. Mana jauh dan lama," ujar Purbo mengutip cuitan yang dibuatnya pada Jumat, 21 April 2023.

Risiko Stres Berat pada Anabul Jika Dibawa Mudik

Purbo mengungkapkan bahwa akan lebih baik jikalau anabul tersebut dititipkan saja di tempat penitipan hewan ketimbang harus ikut mudik. Mengingat kucing bisa merasa stres berat lewat perjalanan panjang itu.

Meski dibawa menggunakan mobil pun, menurut Purbo, kucing masih bisa merasakan stres berat akibat perjalanan panjang mudik.

"Sebaiknya kalo mudik, piaraannya dititipin aja. Karena sekalipun dibawa pake mobil dengan kandang transport yg okepun, mereka tetap akan stress berat," kata Purbo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Risiko Anabul Alami Masalah Fisiologis dan Psikologis

Viral Mudik Lebaran Idul Fitri 2023 Bawa Anabul Gunakan Motor.
Viral Mudik Lebaran Idul Fitri 2023 Bawa Anabul Gunakan Motor. (Sumber: TikTok/rara_mw)

Melihat cuitan milik Purbo, ternyata ada warganet yang tidak setuju. Menurut salah seorang warganet, anabul bisa lebih stres jika dititipkan pada tempat penitipan hewan dalam waktu yang lama.

"Personally aku nggak setuju. Aku bawa semua kucingku pas mudik (4 ekor) karena justru lebih kasian kalo mereka dikandangin selama 2 minggu di tempat penitipan. Iya, mereka stress selama perjalanan, tapi toh cuma sebentar. Waktu di rumah mbah langsung bebas lari2," tulis seorang warganet.

Purbo menjawab bahwasanya membawa anabul saat mudik bukan berkaitan dengan masalah personal. Sebab, hewan bisa mengalami masalah fisiologis dan psikologis dalam waktu yang bersamaan.

"Saya si bukan masalah personal, ini masalah fisiologis dan psikologis si hewan. Bisa jadi ada hewan yg terbiasa dengan rutinitas perjalanan," ujar Purbo.

"Ada jg yg sebetulnya ga keliatan kalo bermasalah. Lebih2 kalo dibawa pake motor gitu kan," sambungnya.


Bawa Anabul Mudik dengan Bius Justru Berbahaya

mudik lebaran bareng anabul
Video yang diunggah akun TikTok @rara_mw itu memperlihatkan perjalanan mudik menggunakan sepeda motor bersama anabul peliharaan berbulu abu-abu. Foto: tangkapan layar TikTok @rara_mw.

Dalam cuitan berbeda, warganet lainnya mengungkapkan bahwa saat harus benar-benar membawa anabul ikut mudik pun biasanya ada prosedur tersendiri yakni dengan membiusnya lebih dulu.

"Solusi lain kalau bener-bener emang harus bawa anabul mudik adalah dg cara dibius. Pernah disaranin begini sama vet. Jadi dari jauh-jauh hari udah konsultasi sama vet terus bikin janji," tulis warganet yang berbeda.

Namun, purbo pun mengingatkan bahwa hewan yang dibius agar bisa ikut perjalanan jauh seperti mudik dengan pesawat juga berbahaya.

"Justru sebaiknya tidak dibius dan harus sadar selama perjalanan, karena nanti kalo terbius bisa terbentur, muntah dalam posisi yg salah, halusinasi pasca pembiusan dan lain-lain," kata Purbo.


Viral Mudik Bawa Kucing dengan Motor

Viral Mudik Lebaran Bawa Anabul, Dokter Hewan Sarankan Lebih Baik Dititip Tak Usah Ikut.
Viral Mudik Lebaran Bawa Anabul, Dokter Hewan Sarankan Lebih Baik Dititip Tak Usah Ikut. (Sumber: Twitter/piyopikavet)

Seperti diketahui, media sosial diramaikan dengan fenomena mudik Lebaran Idul Fitri 2023 dengan membawa anabul. Salah satu video viral mudik bawa anabul dicuit oleh pemilik akun Twitter @TxtSerang.

"Toloongg ini lucu bgtt mengnyaa ngerangkul muluu," tulis keterangan akun @TxtSerang mengutip cuitan video anabul dibawa mudik.

"Rombongan Pemudik yang melintas di Kota Serang dari Tangerang menuju Palembang. Kamis 20/4. Siapa yg ngeliat mengnya langsung di lampu merah pisang mas?" tambahnya.

Selain itu, pemilik akun TikTok @rara_mw turut mengunggah video viral serupa. Ia diketahui membawa anabul miliknya untuk ikut mudik melintasi lima kabupaten di Sulawesi Selatan.

"Mudik bareng majikan (kucing peliharaan) lintas 5 kabupaten," tulis Rara sambil menyertakan video kucingnya yang dibawa menggunakan motor untuk mudik.

Infografis Aturan THR
Infografis Aturan THR (liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya