Heboh Roti Aoka Diduga Mengandung Pengawet Kosmetik, Komisi IX DPR RI: Masyarakat Berhak Dapat Kejelasan

Menurut Anggota Komisi IX DPR RI Edy Wuryanto, masyarakat perlu tahu kejelasan soal isu roti Aoka.

oleh Ade Nasihudin Al Ansori diperbarui 23 Jul 2024, 10:08 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2024, 10:08 WIB
Heboh Roti Aoka Diduga Mengandung Pengawet Kosmetik, Komisi IX DPR RI: Masyarakat Berhak Dapat Kejelasan
Heboh Roti Aoka Diduga Mengandung Pengawet Kosmetik, Komisi IX DPR RI: Masyarakat Berhak Dapat Kejelasan. Foto: Staf Edy Wuryanto.

Liputan6.com, Jakarta Desas-desus soal roti Aoka mengandung pengawet kosmetik sodium dehydroacetate sedang ramai diperbincangkan.

Konon, bahan pengawet ini mampu membuat roti tidak berjamur meski melewati masa kedaluwarsa. Hal ini membawa kekhawatiran di tengah masyarakat terutama yang gemar mengonsumsi roti tersebut.

Terkait hal ini, Anggota Komisi IX DPR RI Edy Wuryanto memberi tanggapan. Menurutnya, munculnya isu roti Aoka adalah bentuk dari fungsi pelibatan masyarakat dalam menjaga keamanan pangan. Ini sesuai dengan Pasal 76 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 86 Tahun 2019 tentang Keamanan Pangan.

Dalam pasal itu tertulis, masyarakat dapat berperan serta dalam mengampanyekan keamanan pangan. Baik melalui media cetak atau media elektronik dan bertanggung jawab terhadap kebenaran informasi yang disampaikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Ini artinya masyarakat peduli dengan keamanan makanan yang dikonsumsinya. Tinggal langkah selanjutnya adalah memberikan kejelasan apakah laporan itu benar atau tidak,” tutur Edy dalam keterangan pers yang diterima Health Liputan6.com, Selasa (23/7/2024).

Politisi PDI Perjuangan itu menambahkan, PP 86/2019 juga mengatur bahwa aduan dari masyarakat ini ditanggapi oleh pemerintah. Ini sekaligus memberikan kejelasan apakah pangan tersebut aman atau tidak.

“Jangan dibiarkan masyarakat berlarut-larut bingung apakah roti ini aman atau tidak. Selain itu jika tidak kunjung diumumkan, juga merugikan pelaku usaha yang bersangkutan karena bisa jadi kehilangan kepercayaan konsumennya,” kata Edy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


BPOM Perlu Segera Klarifikasi

Roti Aoka (Foto: Tangkapan Layar Laman PT Indonesia Bakery Family)
Roti Aoka (Foto: Tangkapan Layar Laman PT Indonesia Bakery Family)

Sebelumnya, produsen roti yang diduga mengandung pengawet kosmetik itu telah membantah tudingan yang mengarah kepadanya. Alasannya, produk sudah mendapatkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Untuk itu, Edy meminta BPOM sebaiknya segera memberikan klarifikasi terhadap hal ini.

Dalam Pasal 34 Ayat (2) PP 86/2019 dijelaskan bahwa izin edar ini didapatkan dari hasil penilaian pangan, mutu, dan gizi pangan olahan yang diterbitkan oleh Kepala Badan, dalam hal ini Kepala BPOM.

“Hal ini sangat penting agar isu tersebut tidak menjadi polemik dan memastikan masyarakat tidak menjadi takut mengkonsumsi produk-produk lainnya,” ujar legislator dari Dapil Jawa Tengah III ini.


Pesan untuk Produsen Makanan

Roti Aoka varian Roti Panggang Isian Rasa Bluberi tercantum lolos uji BPOM (Tangkapan Layar Laman BPOM)
Roti Aoka varian Roti Panggang Isian Rasa Bluberi tercantum lolos uji BPOM (Tangkapan Layar Laman CekBPOM)

Edy juga mengingatkan kepada produsen pangan agar terus menjaga keamanan dan kualitas mutu produknya.

Caranya dengan menggunakan bahan sesuai dengan yang tertera dalam label dan tidak memberikan bahan tambahan yang membahayakan atau melebihi ambang batas.

“Ekosistem keamanan pangan ini harus diciptakan oleh seluruh pihak untuk melindungi masyarakat Indonesia,” kata Edy.


Kata Produsen Roti Aoka

Sebelumnya, roti Aoka yang dikenal murah dan mudah didapat di warung sederhana disebut-sebut mengandung bahan pengawet kosmetik.

Hal ini telah dibantah oleh produsen yakni PT Indonesia Bakery Family (PT IBF). Head Legal, Kemas Ahmad Yani menegaskan bahwa kabar produk roti Aoka yang diproduksi tidak mengandung bahan sebagaimana yang diberitakan tersebut.

“Berita menyesatkan ini sengaja ditiupkan oleh beberapa pihak karena ada upaya menjatuhkan produk roti Aoka dengan cara persaingan yang tidak sehat,” ucap Ahmad.

Dia juga menegaskan bahwa produk roti Aoka sudah melalui pengujian oleh BPOM RI. Pihaknya juga telah mendapatkan izin edar untuk seluruh variannya sebagaimana tercantum dalam kemasan produk.

“Seluruh produk roti Aoka tidak mengandung sodium dehydroacetate dan masa kedaluwarsa bukan enam bulan,” ucapnya mengutip dari Antara.

Infografis Journal_ Sisa Makanan Jadi Sampah Dominan di Indonesia
Infografis Journal_ Sisa Makanan Jadi Sampah Dominan di Indonesia (Liputan6.com/Abdillah).
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya