Makan Buah Segar Bagus buat Gigi, Kenapa Ya?

Alasannya, makanan asam akan membuat gigi goyang atau parahnya gigi menjadi berlubang.

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 24 Okt 2013, 19:30 WIB
Diterbitkan 24 Okt 2013, 19:30 WIB
tips-menjaga-gigi-sehat121231b.jpg
Anda hobi mengonsumi makanan yang mengandung asam? Segeralah ubah kebiasaan itu, dan beralihlah mengonsumi makanan penuh serat, seperti apel dan sayuran. Alasannya, makanan asam akan membuat gigi goyang atau parahnya gigi menjadi berlubang.

Ketua Ikatan Periodontologi Indonesia (IPERI) Komisariat Jakarta, Drg. Hari Sunarto Sp. Perio(K) menjelaskan, asam yang melekat di sela-sela gigi, menjadi media tumbuhnya bakteri, dan menyebabkan terjadinya plak.

"Bila plak muncul, akan menyebabkan gigi menjadi goyang dan parahnya ada yang berlubang. Maka itu, hindari terlalu sering mengonsumsi makanan asam," kata Drg. Hari Sunarto dalam acara `Pasta Gigi yang Tepat Bisa Memberikan Perlindungan Terhadap Bakteri dan Plak Penyebab Penyakit Gusi` di Pepsodent Dental Expert Center, Gandaria City, Jakarta, Kamis (24/10/2013).

Dilanjut Hari Sunarto, mengubah pola makan sederhana seperti ini akan menjadikan gigi selalu sehat, sampai orang tersebut berusia dewasa. Namun bila pola itu salah, maka kesehatan gigi serius akan segera mengancam.

Buah seperti apel, pear, dan sayuran sangat bagus untuk kesehatan gigi, karena mengandung banyak serat dan air. Bila dikunyah menggunakan gigi yang ada di sebelah kanan dan kiri, akan membuat air yang ada di dalam makanan keluar, dan membahasi gigi.

"Intinya, bila pola makan bagus, Insya Allah giginya akan bagus pula," tutup Hari.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya