7 Fakta Perihal Keriput yang Perlu Anda Tahu

Ada banyak alasan di balik munculnya keriput dan mungkin Anda tak mengetahuinya. Apa saja?

oleh Melly Febrida diperbarui 26 Nov 2013, 10:30 WIB
Diterbitkan 26 Nov 2013, 10:30 WIB
wajah-keriput-131124b.jpg
Keriput merupakan bagian dari proses penuaan dan tak ada satu pun orang yang bisa lolos darinya. Tapi, jika orang itu melakukan perawatan kulit dengan benar, mungkin bisa menundanya dan tetap terlihat awet muda.

Ada banyak alasan di balik munculnya keriput dan mungkin Anda tak mengetahuinya. Berikut sejumlah fakta tentang keriput yang belum banyak diketahui orang seperti dikutip Magforwomen, Senin (25/11/2013):

1. Keriput genetik

stres-131114c.jpg


Banyak orang yang berpikir, polusi udara, sinar matahari, dan stres menjadi penyebab satu-satunya munculnya keriput. Namun, pendapat di atas tak sepenuhnya benar. Ada faktor genetik yang ikut andil di dalamnya.

Anda cenderung memiliki kerutan yang sama serta kedalaman keriput seperti kakek nenek Anda, orangtua ataupun bibi. Jika Anda sudah berkeriput, lihatlah foto leluhur Anda. Mungkin Anda akan menemukan kesamaan dan bisa menunda timbulnya keriput apabila menemukan perawatan yang tepat. Tapi, konsultasikan ke dokter kulit jika ingin pengobatan yang tepat untuk keriput.

2. Makan berlebih

hamil-susah-tidur-131107b.jpg


Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit menyebabkan keriput sedini mungkin. Ketika orang obesitas memutuskan menjalani diet, ia cenderung mengurangi makanannya sehingga membuat kulitnya kendur.Orang-orang yang seperti ini berat badannya bisa turun karena diet.

Naik turunnya berat badan membuat munculnya kerutan di paha, pinggang, dada, lengan, dan leher.

Di sisi lain , orang yang makan sangat sedikit cenderung mengeringkan kulit mereka. Tubuh jadi mendapat sedikit nutrisi sehingga menyebabkan keriput di sekitar mata , leher, tangan, dan kaki.

3. Pengemudi rentan dengan keriput

minum-vitamin-130911-b.jpg


Pengemudi bisa menghadapi banyak stres saat mengemudi dan mungkin juga terkena sinar matahari yang bebahaya.

Orang tersebut bisa tegang terus menerus dan terkena sinar matahari berlebih sehingga menyebabkan keriput. Cara terbaik adalah menerapkan losion tabir surya atau toner untuk kulit sehat agar terhindar dari wajah keriput.

4. Kebiasaan makan yang sebabkan keriput

makanan-sehat-131118-c.jpg


Terlalu banyak makan junk food bisa menyebabkan kulit kekurangan nutrisi tertentu yang menyebabkan kerusakan kulit. Dan ini juga menyebabkan kulit keriput. Anda perlu menambahkan buah segar, jus, sayuran berdaun hijau di dalam diet Anda.

Hindari minum alkohol dan tetap minum banyak air agar kulit Anda sehat.

5. Vitamin alami buat keriput

120206amanal-setir.jpg


Setelah Anda melihat ada kerutan di wajah, dada, atau tangan, Anda cenderung membeli krim antiaging dan losion agar Anda bisa menyembunyikan keriput Anda.

Sebaiknya, mulailah makan makanan yang kaya Vitamin A dan C karena bagus untuk kulit. Minum limun, jus jeruk, atau jus jeruk lainnya secara teratur dan lihat perbedaannya dalam satu bulan.

6. Pola tidur menambah keriput

anak-makan-mie-131114b.jpg


Cara Anda tidur akan memutuskan jenis keriput yang akan muncul ketika Anda tua. Jika Anda cenderung tidur di satu sisi tertentu, maka kulit di sisi tersebut cenderung lebih kendur dan keriput.

Meskipun wajah tak menunjukkan perbedaan besar, tapi keriput akan muncul lebih cepat di sisi yang Anda pilih saat tidur.

7. Cemas dan stres munculkan keriput

keriput-131029b.jpg


Cemas dengan pekerjaan atau masalah dalam kehidupan pribadi Anda menyebabkan kulit Anda kusut di semua bagian. Jadi cobalah tetap bahagia dan mencitai hidup Anda.

(Mel/*)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya