Profil PT Geoservices, Konsultan Pertambangan Asal Indonesia

PT Geoservices didirikan pada tahun 1971 sebagai perusahaan yang menawarkan layanan kepada industri pertambangan.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 11 Jan 2023, 09:31 WIB
Diterbitkan 11 Jan 2023, 09:31 WIB
PT Geoservices
PT Geoservices (Sumber: www.geoservices.co.id)

Liputan6.com, Jakarta Indonesia sebagai salah satu negara dengan cadangan energi fosil yang melimpah merupakan ladang bisnis yang subur bagi perusahaan tambang. PT Geoservices menjadi salah satu perusahaan yang memanfaatkan kekayaan alam Indonesia tersebut. Peran PT Geoservices cukup penting dalam ketersediaan bahan baku pembuatan sumber energi fosil di dunia.

Berawal dari layanan pengambilan sampel lapangan dan analisis kimia untuk industri mineral, PT Geoservices kini telah mendiversifikasi layanannya. Mendiversifikasi layanan bisnis yang dilakukan, memungkinkan perusahaan memperluas klien yang bekerjasama dengannya.

 PT Geoservices kini telah mempekerjakan lebih dari 1500 orang pegawai. Dengan demikian, perusahaan juga turut mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Berikut ulasan Liputan6.com tentang kegiatan usaha yang dilakukan PT Geoservices dilansir dari laman resmi perusahaan, Rabu (11/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kegiatan Usaha PT Geoservices

Kegiatan Usaha PT Geoservices  (Sumber: www.geoservices.co.id)
Kegiatan Usaha PT Geoservices (Sumber: www.geoservices.co.id)

PT Geoservices didirikan pada tahun 1971 sebagai perusahaan yang menawarkan layanan kepada industri pertambangan. Layanan yang disediakan pada awal pendirian perusahaan adalah pengambilan sampel lapangan dan analisis kimia untuk industri mineral. Kini PT Geoservices berkembang menjadi perusahaan jasa eksplorasi yang terintegrasi penuh. 

PT Geoservices merupakan perusahaan dengan badan hukum perseroan terbatas (Persero) yang sahamnya 100 persen dimiliki oleh dua pengusaha asal Indonesia bernama Durban L. Ardjo dan H.L. Ong. kedua pengusahaa tersebut hingga kini masih  aktif terlibat dalam manajemen perusahaan.

PT Geoservices mempekerjakan lebih dari 1500 orang karyawan, beberapa di antaranya adalah ahli dalam bidang khusus dari sejumlah negara asing. Layanan yang disediakan meliputi survei pemetaan, geologi, geofisika, pengukuran lubang, pengeboran lubang bor, analisis laboratorium, dan pengawasan kargo untuk kuantitas dan kualitas. Dengan begitu, perusahaan memiliki basis keahlian yang solid.

Dari mulanya yang hanya menyediakan layanan pengambilan sampel lapangan dan analisis kimia untuk industri mineral, PT Geoservices mendiversifikasi layanannya mencakup semua aspek eksplorasi dan pengembangan industri minyak, gas, batubara, mineral, dan panas bumi Indonesia. Dengan diversifikasi layanan yang dilakukan, perusahaan juga memperluas jangkauan kliennya.

PT Geoservices menjadi perusahaan yang dapat melayani semua kebutuhan eksplorasi dan analisis untuk setiap sektor industri. Perusahaan juga secara berkala memperluas jangkauan orasinya dengan mendirikan beberapa kantor capang di berbagai wilayah di Nusantara. Dari kantor pertama yang berbasis di Bandung, kini perusahaan telah memiliki kantor cabang di Jakarta dan Singapura. 

Perusahaan juga mendirikan kantor di  lokasi penting lainnya, seperti Samarinda, Kalimantan Timur; Balikpapan, Kalimantan Timur; Banjarbaru, Kalimantan Selatan; Tarakan, Kalimantan Utara; Pekanbaru, Riau; dan Kendari,Sulawesi Tenggara. Pendiriann kantor jabang di berbagai wilayah ini bertujuan untuk memberikan layanan terbaik bagi klien yang bekerjasama dengan PT Geoservices. Sesuai dengan filosofi perusahaan "Pelayanan Prima Dengan Integritas Profesional Tinggi".


Kiprah PT Geoservices

Kiprah PT Geoservices
Kiprah PT Geoservices (Sumber: www.geoservices.co.id)

PT Geoservices dikenal secara internasional sebagai perusahaan dengan keahlian dan kehandalan di semua bidang kegiatannya. Pertumbuhan skala bisnis dan reputasi perusahaan berakar pada keunggulan karyawannya. Landasan keunggulan ini adalah komitmen jangka panjang untuk pengembangan keterampilan dan pengetahuan para karyawannya. 

Perusahaan memberikan pelatihan di luar negeri bagi karyawan lokal. Perusahaan juga memberikan kesempatan pada karyawan untuk berinteraksi dengan konsultan ekspatriat yang pindah ke Indonesia untuk periode waktu yang berbeda-beda. Perusahaan berharap interaksi ini dapat memberikan insight baru bagi para karyawan.

PT Geoservices mengadakan perjanjian Joint Venture atau Bantuan Teknis dengan perusahaan asing yang memiliki reputasi sebagai perusahaan unggulan di bidangnya untuk memfasilitasi pertukaran teknologi. Kombinasi personel berpengalaman, instrumentasi modern, pelatihan staf ekstensif, dan prosedur kontrol kualitas yang ketat telah membuat layanan yang disediakan oleh perusahaan dapat diterima oleh berbagai klien di seluruh dunia. Hal ini menjadi bentuk dedikasi untuk mempertahankan standar tinggi di Indonesia yang diakui secara internasional.


Bidang Keahlian PT Geoservices

Bidang Keahlian PT Geoservices
Bidang Keahlian PT Geoservices (Sumber: www.geoservices.co.id)

Seperti sudah disinggung sebelumnya, PT Geoservices merupakan perusahaan jasa eksplorasi yang terintegrasi penuh. Layanan yang disediakan berupa Layanan yang disediakan meliputi survei pemetaan, geologi, geofisika, pengukuran lubang, pengeboran lubang bor, analisis laboratorium, dan pengawasan kargo untuk kuantitas dan kualitas.

PT Geoservices mengoperasikan 48 laboratorium yang berlokasi di berbagai wilayah di Indonesia. Perusahaan membagi laboratoriumnya ke dalam empat bidang, yaitu coal laboratory terdiri dari 40 unit, mineral laboratory terdiri dari 5 unit, geological laboratory terdiri dari 2 unit, dan environment laboratory terdiri dari 1 unit. 

Coal laboratory didirikan pada 1982 berdasarkan Perjanjian Bantuan Teknis dengan Australian Coal Industrial Research Laboratory (ACIRL). Staf Indonesia yang sangat terlatih dan berpengalaman melakukan semua pekerjaan dalam rangkap dua, sesuai dengan standar yang diterima secara internasional: ASTM, British Standard (BS), dan International Standards (ISO), yang merupakan awal dari laboratorium batubara Geoservices.

Saat ini, Kontrol Kualitas dikelola dengan analisis harian sampel standar, yang hasilnya disajikan sebagai "bagan rentang", dan dengan berpartisipasi dalam program pengujian "round robin" reguler. Balikpapan, Banjarbaru, Samarinda, dan NPLCT terakreditasi ISO 17025.

Mineral laboratory didirikan kembali pada tahun 2007 di Cikarang dengan tujuan khusus untuk menyediakan metode analisis terkini untuk Industri Mineral dan Pertambangan. Laboratorium ini mempertahankan sertifikasi ISO 17025, ISO 9001 dan ISO 45001. Laboratorium GeoAssay terdiri dari empat fasilitas laboratorium (Mineral, Metalurgi, Geoteknik dan Mineralogi) dengan kemampuan analitis bersama.

Geological laboratory memiliki lingkup kerja yang meliputi analisis biostratigrafi, analisis geokimia, deskripsi batuan dan sedimentologi, analisis inti, serta analisis PVT. dengen epe yang dikerjakan divisi geologi, perusahaan  memperoleh basis keahlian yang solid yang mencakup semua aspek eksplorasi dan pengembangan Industri Minyak.

Environment laboratory PT Geoservices berlokasi strategis di Bandung (Jawa Barat) dan Balikpapan (Kalimantan Timur) untuk melayani seluruh Indonesia dan daerah sekitarnya juga. Laboratorium ini bertugas memberikan layanan laboratorium okupasi dan lingkungan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya