8 Bahasa Tubuh Ini Buat Kamu Lebih Percaya Diri, Patut Dicoba

8 bahasa tubuh yang dapat membuatmu terlihat percaya diri

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 11 Jul 2023, 15:45 WIB
Diterbitkan 11 Jul 2023, 15:45 WIB
Ilustrasi diri sendiri, percaya diri
Ilustrasi diri sendiri, percaya diri. (Photo by Moose Photos: https://www.pexels.com/photo/woman-wearing-blue-shawl-lapel-suit-jacket-1036622/)

Liputan6.com, Jakarta Bahasa tubuh adalah alat komunikasi yang kuat dan efektif dalam menyampaikan pesan secara halus. Saat kita berhasil menggabungkannya dengan baik, bahasa tubuh bisa menjadi lebih kuat daripada kata-kata. Dalam situasi seperti kencan atau wawancara kerja, memperhatikan bahasa tubuh kita dapat membantu menciptakan kesan yang positif dan meningkatkan kepercayaan diri. 

Jika Anda ingin meningkatkan kepercayaan diri dan kesan yang Anda berikan kepada orang lain? Salah satu cara yang efektif untuk mencapai hal ini adalah melalui bahasa tubuh yang kuat. Bahasa tubuh adalah alat komunikasi yang tidak menggunakan kata-kata, namun dapat menyampaikan pesan dengan jelas dan halus. 

Dari kontak mata yang tepat hingga postur tubuh yang tegak, terdapat panduan yang bisa diikuti untuk memancarkan kepercayaan diri yang positif dan meningkatkan kesan Anda di berbagai situasi, seperti kencan atau wawancara kerja. Dengan memperhatikan bahasa tubuh Anda, Anda dapat menciptakan kesan yang lebih baik dalam interaksi sosial Anda.

Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari Bright Side, 8 bahasa tubuh yang dapat membuatmu terlihat percaya diri, pada Selasa (11/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Kontak mata yang membangun kepercayaan

ilustrasi bahasa tubuh
sumber: brightside.me

Kontak mata adalah salah satu elemen terpenting dalam bahasa tubuh saat berinteraksi dengan orang lain. Mempertahankan kontak mata yang tepat menunjukkan kejujuran, perhatian, dan kesiapan untuk mendengarkan. Saat Anda berbicara dengan seseorang, usahakan untuk menjaga kontak mata secara wajar, menunjukkan kepercayaan diri dan ketulusan. Hindari terlihat terlalu penasaran atau mencoba terlalu keras, karena itu bisa memberikan kesan yang tidak diinginkan.


2. Postur tubuh yang condong ke depan

ilustrasi bahasa tubuh
sumber: brightside.me

Ketika berkomunikasi dengan orang lain, perhatikan postur tubuh Anda. Jika Anda duduk, condongkan sedikit tubuh Anda ke depan. Ini menunjukkan minat dan perhatian terhadap lawan bicara Anda. Postur ini juga menciptakan kesan kepercayaan diri dengan menghilangkan hambatan antara Anda dan lawan bicara Anda. Hindari bersandar ke belakang, karena itu menunjukkan ketidakminatan atau kurangnya perhatian.

 

3. Kepala tegak menunjukkan kepercayaan

ilustrasi bahasa tubuh
sumber: brightside.me

Kepala yang tegak saat berjalan atau berbicara menandakan kepercayaan diri dan harga diri. Ini mengirimkan pesan bahwa Anda adalah orang yang percaya diri, terbuka, dan jujur. Hindari menundukkan kepala atau berjalan dengan kepala menunduk, karena hal ini dapat memberikan kesan kurangnya kepercayaan diri atau rasa malu.

 

4. Postur tubuh yang tegak dan terbuka

ilustrasi bahasa tubuh
sumber: brightside.me

Postur tubuh yang tegak dan terbuka sangat penting untuk mencerminkan kepercayaan diri. Pastikan untuk menjaga tubuh tegak dengan mengangkat bahu dan kepala. Postur ini menunjukkan ketenangan dan kepercayaan diri. Hindari postur yang membungkuk dan tegang, dengan bahu ke depan dan kepala menunduk, karena itu mencerminkan rasa tidak aman, malu, dan gugup.


5. Tangan terlihat dan santai

ilustrasi bahasa tubuh
sumber: brightside.me

Menjaga tangan Anda terlihat dan santai sangat penting dalam menunjukkan kepercayaan diri. Menghilangkan tangan dalam saku dapat mengurangi kesan gugup, tidak aman, dan menjaga jarak dengan orang lain. Biarkan tangan Anda terlihat dan dalam posisi santai. Saat merasa percaya diri, jarak antara jari-jari tangan Anda biasanya lebih besar, dan Anda cenderung mengangkat ibu jari dan mendekatkan ujung jari Anda.

 

6. Arahkan kaki ke arah lawan bicara

ilustrasi bahasa tubuh
sumber: brightside.me

Postur dan orientasi kaki Anda juga penting saat berkomunikasi dengan orang lain. Menjaga kaki sejajar menunjukkan minat pada orang tersebut dan menciptakan kesan kepercayaan diri. Jika kaki Anda mengarah ke luar, itu bisa menjadi tanda kegugupan, ketidaknyamanan, atau kurangnya minat.


7. Tersenyumlah dengan ramah

ilustrasi bahasa tubuh
sumber: brightside.me

Senyuman yang ramah dan hangat memiliki kekuatan untuk meningkatkan simpati dan kepercayaan. Menurut penelitian, senyuman kecil yang disertai dengan sedikit peningkatan alis saat berbicara dengan seseorang dapat membangkitkan rasa simpati yang lebih besar pada lawan bicara Anda. Saat berkomunikasi, cobalah untuk menyertakan senyuman ringan yang tulus.


8. Ambil ruang Anda dengan percaya diri

ilustrasi bahasa tubuh
sumber: brightside.me

Menempati ruang yang Anda butuhkan dan merasa nyaman merupakan tanda kepercayaan diri. Jangan mengecilkan diri Anda saat merasa tidak aman atau gugup. Cobalah untuk menempati ruang secara proporsional dan dengan kepercayaan diri, sehingga orang lain dapat melihat Anda sebagai seseorang yang percaya diri dan aman.

Bahasa tubuh adalah kunci untuk mengungkapkan kepercayaan diri dengan efektif. Dengan melakukan kontak mata yang tepat, menjaga postur tubuh yang baik, serta menggunakan senyuman dan gestur tubuh yang sesuai, Anda dapat meningkatkan kesan diri yang percaya diri. Ingatlah bahwa bahasa tubuh adalah komunikasi yang kuat, dan memahami dan memperhatikan bahasa tubuh Anda dapat membantu Anda terlihat lebih percaya diri dalam berbagai situasi kehidupan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya