6 Kunci Sukses Supaya Hubungan Langgeng Meski LDR, Wajib Dicoba

Hubungan jarak jauh dapat menjadi petualangan yang menantang dan memiliki sederet kunci sukses agar berjalan awet.

oleh Miranti diperbarui 25 Jul 2024, 11:42 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2024, 11:42 WIB
Deretan Love Language Versi Pejuang LDR, Biar Tetap Romantis Saat Jarak Memisahkan
(c) Shutterstock

Liputan6.com, Jakarta Di dunia ini, tidak semua orang bisa menjalani hubungan jarak jauh atau Long Distance Relationship (LDR). Tak sedikit yang menganggap bahwa menjalani hubungan jarak jauh sebagai tantangan yang sulit untuk dihadapi.

Namun, dengan komitmen dan strategi yang tepat, hubungan tersebut dapat tetap harmonis dan kuat. Tidak hanya cinta, tetapi komitmen yang tinggi juga sangat penting dalam menjalani hubungan jarak jauh. Jadikanlah komunikasi bukan hanya sekadar rutinitas, tetapi sebagai hal yang perlu dijalankan agar hubungan kalian berkualitas.

Selain itu terdapat serangkaian tips atau kunci sukses nan menarik yang dapat membantu kamu dan pasangan dalam menjalani hubungan jarak jauh. Berikut selengkapnya dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Kamis (25/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Komunikasi yang Teratur dan Berkualitas

Fimela - Pasangan
Ilustrasi pasangan.

Komunikasi menjadi kunci utama dalam setiap hubungan, terutama dalam hubungan jarak jauh (LDR). Pastikan kamu dan pasangan memiliki jadwal komunikasi yang teratur, baik melalui telepon, video call, atau pesan teks.

Selain frekuensi, kualitas komunikasi juga sangat penting. Cobalah untuk berbicara tentang hal-hal yang mendalam dan berarti, bukan hanya percakapan sehari-hari yang dangkal.

 


2. Tetapkan Tujuan dan Harapan yang Jelas

ilustrasi Pacar, pasangan, bahagia, dekat, LDR
Pacar, pasangan, bahagia, dekat, LDR (Sumber/ freepik)

Selanjutnya, tetapkan tujuan dan harapan yang jelas dalam hubungan kamu. Diskusikan apa yang kamu harapkan dari hubungan ini dan bagaimana kamu melihat masa depan bersama.

Apakah ada rencana untuk bertemu secara rutin? Apakah ada batas waktu untuk menjalani LDR sebelum salah satu dari kamu pindah? Menetapkan harapan yang jelas akan membantu mengurangi ketidakpastian dan memberikan arah dalam hubungan kamu.


3. Berikan Kejutan dan Hadiah Kecil

Ilustrasi pacar berulang tahun
Ilustrasi pacar berulang tahun. (Image by Freepik)

Selain itu, berikan kejutan dan hadiah kecil kepada pasangan meskipun terpisah oleh jarak. Kirimkan surat cinta, paket kejutan, atau bahkan pesan suara yang manis. Hal-hal kecil ini dapat membuat pasangan merasa istimewa, dihargai, dan diingat, serta memperkuat ikatan emosional kamu.


4. Jaga Kepercayaan dan Kesetiaan

Ilustrasi pasangan setia
Ilustrasi pasangan setia. (Image by freepik)

Kepercayaan adalah pondasi setiap hubungan, dan hal ini menjadi semakin penting dalam hubungan jarak jauh. Jaga kepercayaan satu sama lain dengan tetap jujur dan terbuka.

Hindari situasi yang bisa menimbulkan kecurigaan atau ketidakpercayaan. Dan yang tak kalah penting, kesetiaan harus dijaga dengan tidak tergoda untuk mencari perhatian dari orang lain.

 


5. Tetap Komunikasi

Ekspresikan Rasa Rindu Kepada Pasangan
Ilustrasi Hubungan LDR Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Teknologi modern menawarkan berbagai cara untuk tetap terhubung dengan pasangan kamu. Manfaatkan aplikasi video call, pesan instan, dan media sosial untuk tetap berkomunikasi. Kamu juga bisa bermain game online bersama atau menonton film secara bersamaan melalui layanan streaming. Teknologi dapat membantu kamu merasa lebih dekat meskipun terpisah oleh jarak.


7. Jadwalkan Kunjungan Secara Berkala

LDR
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Usahakan untuk merencanakan kunjungan fisik secara teratur. meski selama ini kamu cukup berhasil membina hubungan jarak jauh dengannya. Menyambut kedatangan satu sama lain dapat memberikan waktu kualitas bersama dan memberikan dorongan emosional yang kuat.

Menjalani hubungan jarak jauh memang tidak mudah, tetapi dengan usaha dan komitmen yang kuat, kamu dan pasangan bisa melewati tantangan ini bersama-sama. Selalu ingat, apapun bentuk hubunganmu ini adalah milik bersama seharusnya berjuang bersama bukan sendiri-sendiri. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya