5 Faktor yang Membuatmu Sulit Percaya Diri, Identifikasi Penyebabnya

Percaya diri adalah elemen kunci dalam mencapai kesuksesan dan kesejahteraan pribadi, tetapi sering kali, banyak orang mengalami kesulitan untuk merasa yakin terhadap kemampuan dan nilai diri mereka.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 26 Agu 2024, 16:19 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2024, 16:19 WIB
perempuan bekerja
"Foto yang menggambarkan wanita karir/diambil oleh katemangostar - www.freepik.com"

Liputan6.com, Jakarta Percaya diri adalah elemen kunci dalam mencapai kesuksesan dan kesejahteraan pribadi, tetapi sering kali, banyak orang mengalami kesulitan untuk merasa yakin terhadap kemampuan dan nilai diri mereka. Faktor-faktor yang membuat seseorang sulit percaya diri dapat sangat bervariasi, dan memahami penyebabnya adalah langkah awal untuk mengatasi masalah ini. Dengan mengenali apa yang mungkin menghambat rasa percaya diri, seseorang dapat mulai mengatasi tantangan tersebut secara lebih efektif.

Salah satu faktor utama yang dapat mempengaruhi rasa percaya diri adalah pengalaman masa lalu, termasuk kegagalan atau kritik yang diterima. Pengalaman negatif ini sering kali meninggalkan dampak emosional yang mendalam, membuat seseorang meragukan kemampuan dan potensi mereka sendiri. Selain itu, perbandingan sosial dengan orang lain, terutama dalam era media sosial saat ini, dapat memperburuk perasaan tidak percaya diri dengan menimbulkan rasa inferioritas atau ketidakcukupan.

Faktor lain yang sering kali memengaruhi rasa percaya diri adalah standar yang terlalu tinggi yang ditetapkan untuk diri sendiri atau ekspektasi yang tidak realistis. Ketika seseorang merasa tertekan untuk mencapai kesempurnaan atau memenuhi harapan yang tidak realistis, ini dapat menyebabkan perasaan tidak puas dan rendah diri. Memahami faktor-faktor ini dan bagaimana mereka mempengaruhi kepercayaan diri adalah langkah penting untuk memperbaiki pandangan diri dan membangun kepercayaan diri yang lebih sehat, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (26/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Dampak dari Lingkungan di Sekitar

Percaya diri
Perempuan percaya diri. (Foto: Freepik/benzoix)

Lingkungan tempat seseorang dibesarkan dan berkembang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan rasa percaya diri. Apabila seseorang dibesarkan dalam suasana yang sering kali memberikan kritik yang tidak membangun atau kurang memberikan dukungan, wajar jika orang tersebut merasa kesulitan untuk percaya pada diri sendiri. Ucapan atau perilaku orang-orang di sekitar dapat berfungsi sebagai suara kecil dalam pikiran yang terus-menerus meragukan kemampuan individu tersebut.


2. Seringkali Mengukur Diri Berdasarkan Orang Lain

Ilustrasi minder, kecil hati, tidak percaya diri
Ilustrasi minder, kecil hati, tidak percaya diri. (Photo by KATRIN BOLOVTSOVA from Pexels)

Di era modern ini, platform media sosial sering kali berfungsi sebagai ajang bagi individu untuk menunjukkan sisi terbaik mereka. Mengamati keberhasilan orang lain yang tampak ideal dapat menyebabkan perasaan rendah diri dan kurang percaya diri.

Perlu diingat bahwa setiap orang menjalani perjalanan hidup yang unik. Membandingkan diri secara berlebihan dengan orang lain hanya akan membuatmu merasa tidak cukup, padahal kamu juga memiliki keistimewaan yang khas.


3. Kecenderungan untuk Menjadi Terlalu Sempurna

perempuan galau
"Gambar wanita yang sedang bingung/copyright freepik.com/freepik"

Perfeksionisme memiliki dua sisi yang berbeda. Di satu sisi, sifat ini dapat mendorong untuk selalu berusaha memberikan yang terbaik. Namun, di sisi lain, jika perfeksionisme diterapkan secara berlebihan, itu dapat membuat anda terlalu kritis terhadap diri sendiri.

Ketika kamu menetapkan ekspektasi yang terlalu tinggi dan tidak dapat dicapai, sedikit saja kegagalan dapat membuatmu merasa tidak memadai. Masalah ini pun dapat menimbulkan keraguan terhadap kemampuanmu sendiri.


4. Kekhawatiran Terhadap Pendapat Orang Lain

Ilustrasi diri sendiri, percaya diri, mencintai diri sendiri
Ilustrasi diri sendiri, percaya diri, mencintai diri sendiri. (Image by senivpetro on Freepik)

Rasa takut terhadap penilaian orang lain dapat menjadi faktor yang membuatmu sulit untuk percaya pada dirimu sendiri. Mungkin kamu merasa khawatir bahwa tindakanmu tidak akan diterima atau disukai oleh orang lain, sehingga kamu terus-menerus meragukan dirimu sebelum mengambil langkah. Ingatlah bahwa tidak mungkin untuk menyenangkan semua orang. Lebih baik kamu fokus pada dirimu sendiri dan semua yang membuatmu bahagia.


5. Kurangnya Pemahaman Terhadap Diri Sendiri

perempuan cantik alami
Gambar seorang wanita yang menarik secara alami/tanpa hak cipta/freepik.com/senivpetro

Seringkali, ketidakpercayaan diri muncul karena anda belum sepenuhnya memahami siapa diri anda. Jika kamu tidak menyadari kekuatan dan kelemahanmu, adalah sesuatu yang wajar jika kamu merasa bimbang. Dengan mengenali diri sendiri lebih dalam, termasuk apa yang kamu inginkan dan apa yang dapat kamu capai, kamu bisa meningkatkan rasa percaya dirimu.

Menyadari penyebab ketidakpercayaan diri adalah langkah awal untuk mengatasinya. Cobalah untuk lebih bersikap baik kepada dirimu sendiri. Hargai setiap pencapaian, sekecil apa pun itu. Ingatlah bahwa kegagalan adalah bagian dari proses belajar, dan jangan biarkan pengalaman negatif di masa lalu mengganggumu. 

Fokuslah pada kekuatan yang kamu miliki dan hindari membandingkan dirimu dengan orang lain. Percayalah, kamu lebih kuat dan lebih mampu daripada yang kamu kira. Mulailah dengan langkah kecil, dan seiring waktu, kamu akan melihat rasa percaya dirimu semakin berkembang.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya